Otomotif

11 Tips Bengkel CARfix buat Tangani Mobil yang ludes Terendam Banjir

Banjir besar yang melanda kawasan Jabodetabek tidak hanya menimbulkan korban jiwa tapi juga rusaknya hunian warga sampai kendaraan yang ikut hanyut atau terendam lumpur karena tingginya volume air. Jaringan bengkel mobil umum CARfix membagikan 11 tips menangani mobil yang terendam banjir agar terhindar dari kerusakan yang lebih parah akibat salah penanganan. Fadly Hasan, Marketing Director CARfix, mengatakan tips ini dapat dilakukan sendiri di rumah.Apa saja?

Pertama, jangan menghidupkan atau menstarter mobil terendam banjir. Jika dipaksa di starter, besar kemungkinan terjadi korslet pada bagian kelistrikan. Kedua, lepaskan kabel aki untuk menghindari terjadinya korsleting, mulai dari bagian minus. Ketiga, bersihkan eksterior dan interior mobil dari lumpur tanpa menghidupkan mesin, terutama karpet bawah dan jok.

Keempat, keringkan mobil.Kelima, buka filter angin.Keenam, buka dan ambil busi, bila ada kompresor, pakailah kompresor supaya lebih bersih. Ketujuh, cek kondisi oli mesin. Buang oli mesin dan biarkan baut tetap terbuka. Setelah terendam banjir, biasanya pelumas tercampur dengan air sehingga harus diganti. Kedelapan, keringkan lubang busi atau ruang bakar, tempat sikring, dan komponennya dengan kompresor. Kesembilan, cek tangki bahan bakar. Pastikan bensin/solar tidak tercampur air. Jika tercampur air, buang dan bersihkan tangki. Bila kesulitan menguras tangki, silahkan menghubungi bengkel terdekat.

Kesepuluh, setelah memastikan komponen komponen tersebut kering dan bersih, isi dengan pelumas baru. Lalu pasang filter angin baru, lalu pasang kembali kabel aki yang telah dilepas tadi. Kesebelas jika semua langkah di atas sudah dilakukan, mesin mobil siap di starter. "Jika Anda ragu untuk melakukan pengecekan dan penanganan mobil yang terendam banjir secara mandiri, pastikan tidak menghidupkan mesin mobil dan segera hubungi bengkel terdekat dari rumah," saran Fadly Hasan.

Berita Terkait

Nissan Pastikan Tetap Support Layanan Purna Jual Datsun Go & Go+ Stop Produksi

Artira Dian

Anak Usaha Indomobil Grup Resmi Jualan Mobil KIA

Artira Dian

Toyota Berharap Insentif Pajak Bisa Gairahkan Industri Otomotif

Artira Dian

Mulai Rp 90 Juta hingga Rp 200 Juta Daftar Harga Mobil Toyota Rush Bekas Terbaru Desember 2019

Artira Dian

Honda Bakal Tampilkan Honda S2000 dengan Asesoris Baru di Tokyo Auto Salon 2020

Artira Dian

Dealer Ini Nekat Unggah Tampang Xpander Cross Beberapa Saat Sebelum Dirilis

Artira Dian

Avanza Laris Gara-gara Gampang Akrab dengan Jalanan di Kalimantan

Artira Dian

Ramai Gosip Lampu Motor Jokowi Mati Bagaimana dengan Negara Maju

Artira Dian

Toyota Janji akan Produksi SUV dan MPV Hybrid di Indonesia pada 2022

Artira Dian

Innova Paling Banyak Seribu Mobil Toyota Padati Bengkel Auto2000 Usai Banjir

Artira Dian

8 Juta FreeGo Hanya Rp 18 Daftar Harga Motor Matic Yamaha di Bawah Rp 23 Jutaan

Artira Dian

Dirjen Perhubungan Darat Sebut Truk Odol Tidak Akan Bisa Lakika Uji Kendaraan

Artira Dian

Leave a Comment