Travel

4 Stasiun Kereta Api Ini Ganti Nama Jangan Salah Pesan Tiket

Liburan natal dan tahun baru akan segera tiba, momen ini tentu digunakan para traveler untuk berlibur maupun pulang ke kampung halaman. Hal itu tentu berimbas ke volume penumpang transportasi umum, tak terkecuali dengan Kereta Api. Tahun ini, KAI menetapkan masa Angkutan Nataru 2019/2020 selama 18 hari mulai 19 Desember 2019 sampai dengan 5 Januari 2020.

Direktur Utama PT KAI, Edi Sukmoro mengingatkan kepada seluruh calon penumpang KA pada masa Nataru 2019/2020 untuk memastikan kembali jadwal perjalanan KA yang akan dipesan. Sebab per 1 Desember 2019, KAI memberlakukan Grafik Perjalanan KA (Gapeka) 2019. Kebijakan tersebut ditetapkan melalui Keputusan Menteri Perhubungan nomor KP 1781 Tahun 2019 tentang Penetapan Grafik Perjalanan KA Tahun 2019 PT KAI.

“Penetapan Gapeka 2019 ini untuk menggantikan Gapeka 2017 yang sebelumnya digunakan oleh KAI," ujar Edi. Gapeka adalah pedoman pengaturan pelaksanaan perjalanan kereta api yang digambarkan secara grafis untuk pengendalian perjalanan kereta api. Edi menegaskan, Gapeka 2019 dibuat untuk memenuhi aspirasi dan kebutuhan pelanggan akan layanan kereta api yang dapat diandalkan.

Penggunaan Gapeka 2019 ini juga akan berdampak pada perubahan nama beberapa stasiun, berikut ini daftarnya: Stasiun Banyuwangi Baru berubah nama menjadi Stasiun Ketapang (KTG) Stasiun Karangasem berubah nama menjadi Stasiun Banyuwangi Kota (BWI)

Stasiun Barat berubah nama menjadi Stasiun Magetan (MAG) Stasiun Paron berubah nama menjadi Stasiun Ngawi (NGW) Selain itu, ada beberapa perubahan lainnya seperti jadwal keberangkatan dan kedatangan, perubahan waktu tempuh, dan perubahan relasi KA, berikut ini rinciannya:

KA Argo Bromo Anggrek dari Gambir ke Surabaya Pasarturi, yang semula berangkat pada pukul 09.30 WIB, mulai 1 Desember 2019 akan berangkat pada 08.15 WIB atau lebih awal 75 menit, dan lainnya. Seperti KA Pasundan relasi Bandung Kiaracondong ke Surabaya Gubeng mulai 1 Desember 2019 akan mengalami pengurangan waktu tempuh sebesar 82 menit dari sebelumnya 16 jam 7 menit menjadi 14 jam 45 menit, dan lainnya Seperti KA Argo Wilis dan Turangga sebelumnya Surabaya Gubeng Bandung PP kini menjadi Surabaya Gubeng Bandung Gambir PP, dan lainnya.

Bagi traveler yang ingin bepergian menggunakan kereta api, diharapkan dapat memperhatikan perubahan tersebut dan memastikan bahwa tiket yang dipesan sudah tepat.

Berita Terkait

Istirahat Sejenak di Lembah Todoroki 9 Spot Instagramamble di Tokyo Jepang

Artira Dian

6 Kuliner Legendaris khas Lombok yang Cocok jadi Menu Makan Siang

Artira Dian

Museum McD Mall Kelapa Gading Pemerkan Banyak Koleksi Happy Meal Langka

Artira Dian

Berisi Ratusan Ruangan Megah Bernuansa Emas, Inilah Istana Buckingham yang Berusia 316 Tahun

Artira Dian

Penutupan Taman Impian Jaya Ancol Dipastikan Diperpanjang

Artira Dian

Ini Alasan Gubernur Banten Belum Tutup Tempat Wisata Populer

Artira Dian

Dishub Kota Semarang Tambah Tiga Ruas Jalan penting yang Ditutup 12 Jam Berlaku Hari ini

Artira Dian

5 Hotel Murah Dekat Pantai Seger di NTB, Tarif Menginap Mulai Rp 110 Ribu Per Malam

Artira Dian

Pramugari ini Ungkap Sesuatu Menjijikkan yang Ada di Toilet Pesawat

Artira Dian

Pemakaman Paling Unik di Dunia Mengenal Merry Cemetery

Artira Dian

7 Tips Menyaksikan Kecak Fire Dance Uluwatu saat Liburan menuju Bali

Artira Dian

4 Akomodasi di Bali Tawarkan Sensasi Sarapan Unik, Bisa Makan di Kolam Renang

Artira Dian

Leave a Comment