Travel

5 Daftar Makanan Khas Indonesia yang Mendunia

5 Daftar Makanan Khas Indonesia yang Mendunia

Indonesia yang kaya akan sumber daya menjadikannya kaya akan keberagaman budaya, tradisi, hingga kulinernya. Setiap daerah di Indonesia memiliki makanan yang  khas dan bercita rasa tinggi.  Makanan dengan cita rasa khas yang hanya dimiliki oleh Indonesia ini dapat menarik perhatian mancanegara. Berikut daftar makanan khas Indonesia yang telah mendunia!

  1. Gado-Gado

Makanan khas pulau Jawa yang tersaji dari aneka rebusan sayur dan dilengkapi  dengan sambal khusus. Sambal khusus ini terbuat dari  kacang yang dihaluskan. Ditumbuk dengan bumbu  lainnya seperti cabai, bawang  merah, bawang putih, garam, gula jawa dan lainnya. Sebagai pelengkap, disajikan taburan bawang goreng dan irisan telur di atasnya.

Cara menyantapnya akan lebih lezat dan menggugah  selera jika ditambahkan kerupuk atau emping goreng. Cara penyajian yang sederhana namun unik mampu membawa masakan Indonesia mendunia. Terbukti dengan masakan ini yang  menjuarai perlombaan masak internasional tahun 2010 di Napoli dengan kategori tampilan dan sajian estetika.

  1. Soto Ayam

Makanan kuah yang memiliki plating yang indah ini juga memiliki rasa yang lezat berasal dari siraman kuahnya. Disajikan dalam keadaan hangat dan sesuai dengan suhu dingin seperti musim hujan. Cara penyajiannya  yang mudah, membuat pelajar Indonesia di Jepang yang tergabung dalam PPIJ memasarkan soto ayam, dalam acara festival makanan di Jepang.

  1. Sate Ayam

Makanan berbahan dasar ayam lainnya yaitu sate ayam yang berasal dari Madura. Cara membuatnya dengan membakar potongan ayam ukuran kecil  yang sudah tertancap di tusuk sate. Saat ada bazar di China pada tahun 2013, sate ayam ini mampu menghipnotis pengunjung bazar. Kegiatan ini juga menyelenggarakan kuliner dari berbagai negara termasuk Indonesia.

Meski begitu, kuliner sate khas Indonesia menjadi daya tarik sendiri bagi pengunjung bazar. Sate ayam yang dipamerkan ini habis  terjual dan dibeli  masyarakat setempat. Tak hanya tersantap habis di bazar, makanan sate ayam ini juga mampu bersaing dengan makanan di restoran ternama New York Amerika.

  1. Rendang

Makanan Indonesia yang mendunia lainnya yaitu makanan khas yang berasal dari Padang Sumatera Barat. Makanan berbahan dasar daging dan diberi bumbu pedas dengan cita rasa tinggi, menggunakan rempah asli  Indonesia. Bumbunya yang kental dan meresap karena dimasak dengan cara memanaskannya di dalam santan secara berulang.

Proses memasaknya  memang  cukup lama, karena untuk menghasilkan rasa lezat dan warna yang hitam dan menggugah selera. Selain itu, tekstur daging harus empuk serta bumbunya yang terasa hingga ke dalam. Lezatnya  rendang mampu membawanya ke posisi 50 makanan terlezat di acara  CNN Internasional pada tahun 2011, bahkan makanan ini menjadi  juara favorit.

  1. Tempe

Makanan Indonesia dengan tampilan sederhana namun bergizi tinggi karena berbahan dasar kedelai ini telah mendunia. Tempe dikenal mendunia saat festival yang diselenggarakan Oktober 2012 lalu. Acara ini menjadi perkumpulan koki dari berbagai negara di dunia. Para koki ini akan mencicipi  makanan Indonesia serta asal daerahnya.

Salah satu kokinya adalah  Eduard Quad asal Korea yang menjadikan tempe menjadi menu favoritnya. Selain itu, terdapat juga pengusaha tempe di Jepang, Pak Rustomo yang semakin mengenalkan tempe kepada dunia luar. Tempe yang  mudah diproduksi ini selain mendunia, lezat dan sederhana, juga mampu menghasilkan kekayaan.

Itulah  kelima makanan khas Indonesia yang telah mendunia. Masakan lainnya yang telah mendunia adalah nasi goreng, sop buntut, dan masih banyak lagi. Indonesia yang  kaya akan rempah-rempah ini membuat makanan unik yang khas dari Indonesia mulai bermunculan. Selain lezat, kuliner khas Indonesia juga tak kalah bergizi dengan makanan lainnya.

Berita Terkait

Rute Jakarta-Paris dari Rp 5 Jutaan Deretan Tiket Murah menuju Eropa

Artira Dian

Catatan Perjalanan Ke Banyuwangi 3 Dimanja Eksotisme Pantai Cacalan Dan Pesona Bawah Laut Bangsring

Artira Dian

Wisatawan wajib Patuhi Protokol Kesehatan Taman Safari Prigen Buka Kembali

Artira Dian

Mulai dari Madura hingga Kolaka Tradisi Lebaran Ketupat di 11 Daerah di Indonesia

Artira Dian

Penyanyi Demi Lovato Sebut Bora Bora Sebagai ‘Heaven on Earth’

Artira Dian

9 Juta Terbang menuju Shanghai dari Denpasar dari Rp 1 Daftar Tiket Murah menuju China

Artira Dian

5 Kuliner Khas Nusantara yang Pasti Sudah Pernah Dicicipi Orang Indonesia

Artira Dian

Taman Kekaisaran Jepang Saatnya Menikmati Keindahan Kokyo Gaien

Artira Dian

Satu-satunya Kota di Dunia yang Terletak di Benua Asia & Eropa 10 Fakta Istanbul

Artira Dian

Daftar Negara yang Membuka Kunjungan Turis Asing dari Bulan Juli 2020

Artira Dian

7 Cara Mendapatkan Tiket Pesawat Murah Saat Libur Lebaran

Artira Dian

Berikut Sejumlah Promonya Santika Gelar Online Travel Fair dari 26 Mei Hingga 6 Juni

Artira Dian

Leave a Comment