Internasional

Akan Kirim 12 Juta Propaganda Pakai 3 Ribu Balon menuju Korea Selatan Korea Utara Tak hendak Kalah

Korea Utara tengah bersiap meluncurkan serangan balasan kepada Korea Selatan, khususnya para pembelotnya. Negara diktator ini akan mengirim 12 juta selebaran propaganda melalui 3.000 balon untuk melintasi perbatasan Korea Selatan. Dikutip dari , media pemerintah mengatakan Korut akan segera menghukum dan membalas Korsel.

Sebelumnya, Korea Utara mengancam akan mengirim ribuan propaganda ke Selatan pasca hubungan keduanya memanas. Korea Utara melakukan ini sebagai pembalasan atas kegagalan Korea Selatan menghentikan pembelot yang terus mengirim balon propaganda ke Utara. Diketahui penindakan kepada para pembelot ini tertuang dalam perjanjian KTT antar Korea pada 2018 silam.

"Lembaga penerbitan dan percetakan di semua tingkatan di ibu kota telah menghasilkan 12 juta selebaran dari semua jenis yang mencerminkan kemarahan dan kebencian terhadap orang orang dari semua lapisan masyarakat," bunyi laporan KCNA. "Berbagai peralatan dan sarana untuk mendistribusikan selebaran, termasuk lebih dari 3.000 balon dari berbagai jenis yang mampu menyebarkan selebaran jauh di dalam Korea Selatan, telah disiapkan." "Waktu untuk hukuman pembalasan sudah dekat," tambahnya.

Tidak dijelaskan kapan pastinya propaganda itu akan diterbangkan. Tetapi pengamat mengatakan mungkin selebaran itu akan dikrim dalam beberapa hari ke depan. Atau bahkan bertepatan pada peringatan 70 tahun Perang Korea 1950 1953.

Pada Sabtu lalu, Kementerian Unifikasi Korea Selatan menyesali rencana Korea Utara untuk mengirim ribuan propaganda itu. Pihaknya menuntut Pyongyang agar membatalkan langkah itu. Kementerian menilai Korea Utara telah melanggar perjanjian KTT antar Korea.

Di sisi lain, Departemen Front Bersatu Korea Utara yang bertugas dalam hubungan antar Korea mengaku tidak berniat akan membatalkan pengiriman propaganda itu. Bahkan departemen ini menegaskan perjanjian KTT sebagai 'dokumen mati'. Media pemerintah Korut mengabarkan, selebaran propaganda memperlihatkan wajah Presiden Korsel, Moon Jae in dengan retorika yang merendahkan.

Mengirim selebaran propaganda ke Selatan merupakan salah satu langkah Korut untuk membalas serangan para pembelot yang kini tinggal di Korea Selatan. Sudah bertahun tahun para pembelot ini terus mengirimi balon propaganda berisi selebaran anti Pyongyang, uang dolar AS, hingga drama Korea ke Utara. Korea Utara yang telah habis kesabaran menilai Korsel gagal menangani para pembelotnya.

Seringkali para pembelot menyebarkan kritikan kepada Pemimpin Tertinggi Korea Utara, Kim Jong Un. Korea Utara menyebut Korea Selatan sebagai musuh dan memutus semua jalur komunikasi. Sejatinya pemerintah Korea Selatan telah mengupayakan undang undang dan menuntut pidana kepada para pembelot.

Namun Korea Utara terlanjur menilai Seoul terlalu lamban menangani itu semua.

Berita Terkait

Putra Mahkota Jepang Akishinomiya Belum Tahu Kapan Putri Mako Menikah Hari Ini Berulang Tahun ke-54

Artira Dian

Hanya Karena Minta Uang Receh Setara Rp 3.300 Video Seorang Pengemis Ditembak hingga Tewas

Artira Dian

Uangnya buat Bayar Vlogger Wanita Viral Ayah Tega Jual Anak Sendiri Seharga Rp 160 Juta

Artira Dian

Jumlah Pegawai Negeri Indonesia Masuk Jepang Menduduki Peringkat 4 Terbanyak

Artira Dian

Pemimpin ISIS Al Baghdadi Disebut Tewas Bersama Pengawal Pribadinya Saat Hendak Bertemu Keluarga

Artira Dian

Bu POPULER Tragedi 39 Orang Tewas di Dalam Truk Aku Tak Bisa Napas Korban Kirim Pesan Terakhir

Artira Dian

Tinggalkan Duka pada Para Penggemar Kenang 39 Tahun Kepergian John Lennon Pendiri The Beatles

Artira Dian

Seorang Ibu Curhat Selama 2 Minggu Putrinya Diajak Jalan-jalan Bayinya Telah Meninggal

Artira Dian

Lima Menit Sekali Datang Pasien Baru Covid-19 Rumah Sakit Italia Kewalahan

Artira Dian

Iran Tangkap Perekam Detik-detik Meledaknya Pesawat Ukraina

Artira Dian

Mempelai Wanita Pingsan Calon Suaminya Tidak Datang di Hari H Menikah Setelah 6 Tahun Pacaran

Artira Dian

Pria Ini Bereaksi Saat Tahu Ayah Angkatnya Pembunuh Orangtuanya 17 Tahun Lalu Kaleidoskop 2019

Artira Dian

Leave a Comment