Nasional

Arah Politik PAN Diprediksi Berubah Zulkifli Hasan Terpilih Lagi Jadi Ketua Umum

Partai Amanat Nasional (PAN) menggelar Kongres V PAN diKendari, Sulawesi Tenggara, Selasa (11/2/2020). Dalam kongres kali ini, Zulkifli Hasan terpilih menjadiKetua Umum Partai Amanat Nasional periode 2020 2025. Dikutip dari , Zulkifli mendapat suara yang unggul dari dua calon lainnya yaitu Mulfachri Harahap dan Drajad Wibowo.

Seperti yangdiketahui, Zulkifli bukanlah nama yang mendapat dukungan dari Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais. Amien Rais diketahui mendukung Mulfachri untuk menduduki kursi nomor satu di partai ini. "Dukungan Pak Amien kepada saya itu dukungan yang sifatnya sangat rasional. Jadi Pak Amien tidak ujug ujug mendukung saya," kata Mulfachri, seperti yang diberitakan , Sabtu (8/2/2020).

Melihat hal itu, Analis Politik Sekaligus Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting Pangi Syarwi Chaniago menyebutkan jika yang terpilih bukan Mulfachri maka terdapat kemungkinan partai politik ini akan berubah haluan. Pangi menyampaikan, terdapat dua tesis mengenai penetapan Ketua Umum PAN. Tesis pertama, yaitu siapapun yang menjadi Ketua Umum PAN maka partai tersebut akan tetap berada pada trayek oposisi.

Sementara itu, Pangi menyebutkan, tesis kedua adalah jika Zulkifli yang terpilih maka PAN akan ditarik dalam pemerintahan. "Upaya istana untuk menarik PAN ke istana tentu masih terasa aroma amis itu, namun kalau masih Mulfachri yang terpilih menjadi ketua umum PAN, maka partai tersebut kemungkinan masih sulit di tarik tarik ke koalisi pemerintah, masih konsisten di jalan trayek oposisi," jelas Pangi. "Mulfachri sendiri masih sulit melepaskan diri dari bayang bayang Amien Rais," tambahnya.

Dalam Kongres V PAN,Zulkifli memperoleh 331 suara. Sementara itu, Mulfachri mendapatkan 225 suara dan Dradjad Wibowo memperoleh 6 suara. Adapun3 suara yang tidak sah.

"Dengan mengucap Bismillahirrohmanirrohim, Saudaraku Zulkifli Hasan dengan ini ditetapkan menjadi ketua umum PAN," ucap anggota Steering Committee dalam Kongres V PAN, Totok Daryanto. Dalam pemungutan suara ini ditetapkan ada 563 suara yang mengikuti proses pemilihan, dari 590 suara dalam Kongres V PAN secara keseluruhan. Pemungutan suara ini awalnya dijadwalkan akan berlangsung pada Selasa (11/2/2020) malam.

Akan tetapi, proses proses pemilihan kemudian dipercepat setelah terjadi kericuhan dalam rapat pleno antara kubu Zulkifli Hasan dan kubu Mulfachri Harahap. Berbeda dari kongres sebelumnya, pemungutan suara kali ini dilakukan secara terbuka dengan menggunakan bilik suara. Pemilih dalam kongres ini yakni ketua dan sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah PAN (tingkat provinsi), ketua Dewan Pimpinan Daerah (tingkat kabupaten/kota), Kemudian, ketua dan sekretaris Majelis Pertimbangan PAN, ketua umum, sekjen, bendahara umum, serta ketua dari enam organisasi otonom.

Berdasarkan hasil tersebut, para pendukung Zulkifli menyambut dengan sorak gembira. Zulkifli langsung dipeluk oleh politisi PAN Yandri Susanto dan Eddy Soeparno. Wakil Ketua MPR itu meneteskan air mata bahagianya.

Sebelumnya, Analis Politik Pangi menilai Kongres V PAN merupakan uji kesaktian Amien Rais. Menurut Pangi, pengaruh besar Amien Rais dalam partai ini bisa saja semakin kuat ataupun melemah. "Bisa saja beliau tidak bisa lagi dikatakan 'Tuhannya PAN', yang bisa mengatur Ketum," kata Pangi.

Selama ini, Pangi menuturkan, nama yang didukung oleh Amien Rais tak pernah kalah dalam kontestasi ini. Seperti pada kongres sebelumnya, Pangi mengatakan, Hatta Rajasa yang mencalonkan sebagai Ketua Umum PAN memiliki dukungan yang solid, mayoritas dapat dukungan dari DPD dan DPW. Namun, saat itu Amien Rais memberikan sinyal dukungan pada Zulkifli Hasan.

Zulkifli Hasan pun terpilih menjadi Ketua Umum PAN periode sebelumnya. Melihat dari pengalaman tersebut, Pangi pun sempat memprediksi bahwa Mulfachri lah yang akan memenangkan kontestasi ini.

Berita Terkait

Mantan Dirut Jiwasraya yang Ditahan Kejagung Mengenal Sosok Hendrisman Rahim

Artira Dian

Presiden Terkesan Kemajuan Mekanisasi Pertanian Indonesia

Artira Dian

Sinergi Nawa Cita Rekrut Deputi Bidang Pemberantasan BNN Jadi Dewan Kehormatan

Artira Dian

‘Saya Tidak akan Datang’ Mangkir di Sidang Majelis Kehormatan DPP Gerindra FX Arief Poyuono

Artira Dian

Total Kasus 34 Orang & 2 Sembuh 1 Meninggal TERKINI Corona di Indonesia

Artira Dian

Tidak Ada Penghapusan Amdal di RUU Omnibus Law Guru Besar UGM

Artira Dian

Alasannya Bikin Vasco Ruseimy Geleng-Geleng Sandiaga Uno Naik Pesawat Ekonomi Meski Tajir

Artira Dian

Cak Imin Tidak Pernah Minta Maaf Kepada Keluarga Gus Dur

Artira Dian

‘Kami Ada Karena Kebutuhan’ Demo Ojol Di Depan Gedung DPR RI

Artira Dian

PSBB Kebijakan Paling Rasional dalam Atasi Covid-19 Deputi IV KSP

Artira Dian

Percayalah Dewan Pengawas KPK akan Dilantik Tanpa Melalui Pansel Kredibilitas Mereka Baik Jokowi

Artira Dian

Maret Kriminalitas di Papua Menurun Drastis Wabah Corona Merebak

Artira Dian

Leave a Comment