Sains

Ayo Tebak, Warna Sepatu Ini Hijau atau Merah Muda?

Belakangan, pertanyaan tentang warna sepatu pada gambar di atas menimbulkan perdebatan di sosial media. Setidaknya salah satu akun yang melemparkan pertanyaan tersebut ke instagram story nya dua hari lalu adalah @rrgna. Dia bertanya pada teman dunia mayanya tentang warna sepatu pada gambar di atas. Sebagian menjawab sepatu itu berwarna hijau tosca dengan garis abu abu dan sebagian menjawab sepatu berwarna merah muda dengan garis putih.

Lantas mengapa ada perbedaan jawaban yang sangat jauh? Bagaimana sains menjelaskan? Setelah ditelusuri, foto ini sebenarnya sudah beredar sejak 2015 dan terus menjadi perdebatan bagi sebagian orang. Portal berita Guardian pada (12/10/2017) menyebut, warna sepatu yang benar adalah merah muda dengan garis putih.

Bevil Conway, seorang ahli saraf dari National Eye Institute di AS menjelaskan, perbedaan warna itu karena otak manusia berusaha memisahkan apa yang mereka identifikasi sebagai warna yang diberikan sumber cahaya dari pantulan layar. "Pada dasarnya, sistem visual kita terus menerus berusaha mengoreksi warna gambar yang diproyeksikan retina untuk menghilangkan kontaminasi warna karena bias spektral pada sumber cahaya," ujar Conway. Conway memberi contoh, saat kita melihat langit biru, kita tidak hanya melihat warnanya biru. Hal itu karena sistem visual manusia mampu membedakan warna yang disebabkan sumber cahaya dan disebabkan pantulan latar.

Mata kita benar benar peduli dengan permukaan. Ini adalah bagian cahaya yang memberi tahu tentang benda yang kita lihat. Sementara warna cahayanya sendiri tidak berarti," jelas Conway. Untuk gambar sepatu yang membingungkan itu, Conway menjelaskan foto ini mengandung warna hijau tosca yang mendominasi. "Saat Anda pertama kali melihat (gambar) dengan warna hijau, kemudian melihat versi (foto) warna merah muda, penglihatan Anda akan beradaptasi dengan pencahayaan dan Anda akan melihat sepatu hijau tosca versi lain yang dihubungkan dengan sepatu tersebut," ujar Conway.

"Setelah beberapa saat, sistem visual kita akan menafsirkan warna hijau tosca sebagai bagian dari cahaya dan akhirnya mengabaikan (warna hijau tosca) dan mengembalikan sepatu dengan warna merah muda seperti aslinya," imbuh dia. Kita bisa saja melihat gambar tersebut dengan warna hijau tosca lagi, asalkan melihatnya di bawah penerangan lampu hijau tosca. Namun kalau Anda masih tidak percaya bahwa warna asli sepatu ini pink dengan garis putih, Anda bisa melihat warna jari jempol yang memegang sepatu.

Jika diamati dengan sungguh sungguh, warna jari jempol saat sepatu berwarna hijau tosca berwarna kehijauan aneh. Sekarang bandingkan dengan foto sepatu bila berwarna merah muda, jari jempolnya terlihat normal bukan?

Berita Terkait

Harus Pakai Inovasi Lokal yang Punya TKDN Tinggi Bangun Ibu Kota Baru BPPT

Artira Dian

Ini Penjelasan Ilmiahnya Matahari Kembar Muncul di Langit Makassar

Artira Dian

Berikut Fakta Unggas Satu Ini Bebek Dijadikan Google Doodle dalam Peringatan Hari Ibu

Artira Dian

Pantauan BMKG dari Singkawang & Daerah Lain Live Streaming Gerhana Matahari Cincin 26 Desember

Artira Dian

Operasi Hujan Buatan Dirancang buat Pindahkan Potensi Hujan di Jabodetabek

Artira Dian

Terungkap Jawaban Kenapa Makin Bertambahnya Usia Badan Makin Gemuk

Artira Dian

Sebagian Besar Pria Tak Berhasil VIRAL Tantangan Angkat Kursi Sambil Bungkuk Apa Penyebabnya

Artira Dian

sementara 10 Negara Ini Beri Upah per Jam Tertinggi Pro Kontra Wacana Upah per Jam di Indonesia

Artira Dian

Sesaat Apa yang wajib Dilakukan Sebelum & Sesudah Gempa Bumi

Artira Dian

Produk Iptek akan Picu Pertumbuhan Ekonomi

Artira Dian

Catat Jadwal Jamnya Inilah 25 Daerah yang Bakal Dilintasi Gerhana Matahari Cincin Besok

Artira Dian

Ini Cara Aman buat Mengamatinya Lusa Akan Terjadi Gerhana Matahari Cincin

Artira Dian

Leave a Comment