Kesehatan

Berikut Ini Bahaya Kipas Angin Wanita Tewas Membeku Setelah Tidur dengan Kipas Angin Menyala

Seorang wanita bernama Gu Song di Thailand ditemukan tewas dalam keadaan membeku. Dilansir dari Orientaly Daily via , wanita berusia 57 tahun tersebut diketahui tidur dengan menyalakan kipas angin dan mengenakan pakaian tipis serta celana pendek. Dilaporkan, saat ini di Thailand tengah mengalami perubahan cuaca yang begitu ekstrem.

Kepolisian Thailand menduga, Gu Song meninggal karena perubahan cuaca dan tidur dengan membiarkan kipas angin menyala tanpa memakai selimut. Menteri Kesehatan Thailand telah mencatat, ada empat orang yang dikabarkan tak bernyawa dalam keadaan beku. Tidur dengan kipas angin yang menyala memang membahayakan kesehatan.

Berikut ini, dampak negatif tidur dengan kipas angin menyala. Menurut webmd.com , dehidrasi adalah kondisi ketika tubuh kekurangan cairan. Sementara, hipotermia adalah kondisi ketika suhu tubuh menurun drastis hingga di bawah 35 derajat celcius.

Normalnya suhu tubuh manusia yakni 37 derajat celcius. Terpapar hembusan kipas angin saat tidur dapat menyerap cairan dalam tubuh, kelembaban tubuh akan menurun hingga tubuh kekurangan cairan bahkan dehidrasi. Ada kemungkinan pula tubuh akan terserang gejala hipotermia karena angin dari kipas angin menyebabkan berkurangnya suhu pada tubuh.

Saat menyalakan kipas angin, maka udara di dalam ruangan akan kering. Udara kering membuat selaput lendir dalam rongga hidung menjadi kering. Semakin kering selaput tersebut, maka produksi lendir akan semakin banyak.

Dampaknya, lendir akan menyumbat saluran pernapasan dan akhirnya menyebabkan iritasi sinus. Angin dingin yang dikeluarkan kipas angin menyebabkan otot leher menjadi kencang. Otot yang kencang semalaman mengakibatkan leher dan bahu kaku bahkan kram.

Bell Palsy adalah penyakit di mana sistem syaraf wajah berubah menjadi tegang, sulit senyum dan susah berekspresi. Hal ini diakibatkan suhu dingin yang fokus menerpa bagian wajah secara terus menerus sepanjang malam. Ketika wajah terlalu lama terpapar udara dingin dari kipas angin, kemungkinan akan mengalami penyakit Bell Palsy.

Tubuh akan kekurangan oksigen ketika arah kipas angin langsung ditujukan ke wajah. Dampaknya akan semakin buruk jika angin mengenai bagian hidung dan mulut di dalam ruangan yang tidak memiliki fentilasi. Udara yang berputar putar di dalam tubuh tidak diperbaharui, sehingga oksigen tidak dapat berfungsi dengan baik ketika dihirup.

Penderita penyakit asma atau mudah terkena alergi debu wajib menjauhi kipas angin. Sebab, kipas angin yang menyala biasanya akan menyedot debu di sekitarnya. Kipas angin perlu dibersihkan secara rutin.

Terpapar kipas angin yang kotor dapat menyebabkan tenggorokan menjadi gatal, batuk dan mengalami gejala asma. Setelah semalaman terpapar udara dari kipas angin, mulut dan tenggorokan akan menjadi kering. Dalam jangka waktu panjang, hal itu dapat mengakibatkan masalah pada gusi dan gigi.

Disarankan ketika tidur dan terpaksa harus memakai kipas angin, untuk membuka jendela atau pintu agar udara bisa berganti.

Berita Terkait

Modernland Realty Tbk & Lotte E&C Kerjasama Bangun Mixed Use Project di Jakarta Garden City

Artira Dian

Waspada Kolesterol Naik Akibat Hidangan Lebaran, ini 10 Makanan untuk Menurunkan Kolesterolmu

Artira Dian

Stres di Tempat Kerja Ternyata Bisa Memicu Penyakit Mematikan & Depresi

Artira Dian

Kafein Bisa Buat Usus Besar Alami Kontraksi 4 Alasan Perut Mulas Setelah Minum Kopi

Artira Dian

Cek Jantung hingga Sirkulasi Darah 5 Cara Mudah & Sederhana Mengetahui Kondisi Kesehatan Tubuh

Artira Dian

Mirip Penyakit Irish Bella Sakit Infeksi Kemih Padahal Hamil Kabar Sedih Sulis Eks Duet Hadad Alwi

Artira Dian

Kesalahan Informasi tentang Vape Hambat Penyelesaian Masalah Rokok

Artira Dian

Cegah Penyakit Kronis hingga Tingkatkan Kesehatan Jantung 8 Manfaat Telur Puyuh

Artira Dian

Minum Air Putih hingga Jaga Asupan Makan 6 Tips Jaga Kesehatan Agar Tetap Bugar Saat Umrah

Artira Dian

Dokter Direktur RSPAD Membeberkan Terjawab Sudah Mengapa Perut Wiranto Tak Berdarah saat Ditusuk

Artira Dian

Ini yang Terjadi Pada Otaknya Tidur 8 Bulan Tak Pernah Bangun Kisah Allanna Wong si Sleeping Beauty

Artira Dian

Kompres Kelopak Mata Jelang Tidur Bantu Atasi Mata Kering

Artira Dian

Leave a Comment