Techno

Cara Atasi HP yang ‘Lemot’ saat Bermain Game, Jangan Lupa Bersihkan Cache!

HP yang "lemot" saat bermain game merupakan sesuatu yang sangat mengganggu. Terlebih jika saat sedang bermain untuk meningkatkan rank maupun saat berlatih untuk kompetisi. Namun, ada cara mudah untuk membuat HPmu kembali lancar untuk bermain game.

Sebelumnya, pastikan HPmu kuat untuk menjalankan game yang akan kamu mainkan. Terlalu banyak aplikasi yang terpasang pada HP dapat memakan daya CPU, memakan RAM, dan membuat perangkat menjadi lambat. Kamu bisa uninstall atau disable aplikasi yang tidak perlu atau jarang kamu gunakan untuk menghemat memori.

Ini adalah cara yang umum dilakukan para gamers sebelum memainkan game. Menghapus data cache dapat meringankan beban RAM. Untuk sistem operasi Android, kamu bisa membuka Setting lalu ke Storage.

Setelah itu, tap "Clean Now" untuk menghapus semua data cache. Sedangkan untuk iOS, kamu bisa ke Setting lalu ke Safari, setelah itu tap "Clear History and Website Data" Sebagai catatan, cara untuk iOS adalah untuk menghapus datan dan browser history dari internet.

Cara selanjutnya, kamu bisa memindahkan beberapa file ke memori eksternal atau melakukan backup ke cloud ataupun penyimpanan eksternal lainnya. Pindahkan file foto, video, atau file besar lainnya. Selain untuk menghindari hilangnya file penting, melakukan backup juga bisa membantu jika HPmu terformat maupun hilang.

Atau, jika HPmu terdapat slot MicroSD, kamu bisa menginstall game ke MicroSD. Namun, gunakanlah MicroSD berkecepatan tinggi untuk menyimpan data game. Kartu memori berkecepatan 160 Mb/detik dapat membuat loading game berjalan lancar.

Seringkali kita lupa untuk melakukan pembaruan sistem operasi. Sistem operasi yang belum diperbarui terkadang dapat memperlambat kinerja ponsel. Kamu bisa melakukan pembaruan sistem operasi jika ponselmu belum dilakukan pembaruan sistem operasi.

Sistem operasi terbaru berguna untuk melindungi ponsel dari masalah keamanan dan dapat mempercepat performanya. Jadi, pastikan HP kamu selalu menjalankan sistem operasi versi terbaru agar saat memainkan game tidak terasa lambat.

Berita Terkait

Spesifikasi Dan Harga Realme X Rilis Di Indonesia 25 Juli Ini Keunggulannya Kamera Pop Up Dan Oled

Artira Dian

Tokopedia Hadirkan Fitur Fast Refund Pertama di Indonesia untuk Layanan Tiket Pesawat

Artira Dian

Google Sisipkan Fitur Unik yang Bisa Lenyapkan Setengah Laman Pencarian Bak Jentikan Thanos

Artira Dian

Indosat Ooredoo Meluncurkan Mobile Data Plan

Artira Dian

Inilah 5 Aplikasi Android untuk Temanimu Jalankan Ibadah Puasa Ramadan 2019

Artira Dian

Harga dan Spesifikasi Redmi Note 8 Pro, HP Pertama yang Gunakan Kamera 64 MP

Artira Dian

Lima Fakta Grab yang Menjadi Decacorn Pertama di Asia Tenggara

Artira Dian

Harga Terbaru dan Lengkap HP Samsung Bulan Agustus 2019, Galaxy A20 di Bawah 3 Jutaan!

Artira Dian

Vivo V15, Smartphone Keluaran Terbaru Vivo Indonesia Akan Launching Dalam Waktu Dekat!

Artira Dian

Cara Membuat Huruf Tebal, Miring, di WhatsApp (WA) Tanpa Aplikasi

Artira Dian

WhatsApp Punya Pesaing Baru, Namanya MeshTalk, Kelebihannya Tak Harus Beli Pulsa

Artira Dian

Simak Bocoran Spesifikasi Oppo A1s, Ponsel Murah Meriah dari Oppo, Harga Tak Lebih Rp 2 Juta

Artira Dian

Leave a Comment