Kesehatan

Cara Pakai Masker yang betul buat Cegah Virus Corona

Virus corona yang berasal dari Wuhan, China, telah menjadi isu global yang ditangani banyak negara. Karena belum ada vaksin dan obat untuk melawan penyakit pernapasan ini, salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan antisipasi diri. Ketua Perhimpunan Dokter Paru Indonesia, Dr. dr. Agus Dwi Susanto, Sp.K(K) mengatakan, salah satu upaya pencegahan penularan virus corona adalah dengan memakai masker.

"Disarankan untuk menggunakan masker agar tidak menulari bagi yang sakit," kata Agus kepada Kompas.com, Jumat (24/1/2020). Dalam sebuah penelitian yang dilakukan selama wabah corona SARS berlangsung, para ahli menemukan bahwa penggunaan masker jenis apapun dapat mengurangi risiko infeksi pada pekerja perawatan kesehatan sebesar 85 persen. Hal ini disampaikan oleh spesialis penyakit menular di McMaster University di Hamilton, Ontario, Mark Loeb.

"Pesan yang paling penting adalah risikonya lebih rendah jika mereka secara konsisten menggunakan masker jenis apapun," tuturnya. Dokter Penyakit Menular di Johns Hopkins Center for Health Security, dr. Amesh Adalja menambahkan, masker dapat membantu menjaga tubuh agar tetesan cairan saat orang lain bersin atau batuk tidak mengenai kita. Salah satu penyebaran virus corona, dikatakan ahli dapat melalui udara.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) telah menginstruksikan pasien yang menderita demam dan sakit pernapasan dan baru saja bepergian dari Wuhan atau pernah melakukan kontak dengan warga Wuhan untuk menggunakan masker. Namun perlu diketahui, memasang masker jenis apapun tidak bisa asal asalan. Pasalnya, jika masker tidak dipasang dengan benar, maka hal itu akan meninggalkan celah di sekitar mulut.

"Sehingga masker tidak bisa menyaring semua udara masuk," kata Kepala Komite Kesehatan Publik untuk Penyakit Menular Masyarakat Amerika, dr Julie Vaishampayan seperti dilansir The New York Times. Amesh menambahkan, ketika masker tidak dipakai dengan benar, hal ini akan memicu masalah lain. Tindakan yang biasa dilakukan oleh kebanyakan orang adalah meletakkan tangan mereka di bawah masker untuk menggaruk wajah, atau menggosok hidung.

Ironisnya, tindakan itu jugalah yang bisa membuat celah dan dapat membawa kontaminan bersentuhan dengan hidung dan mulut Anda. Selain itu, juga Anda sebaiknya tidak melepaskan masker saat mendapat panggilan telepon. Meski kelihatannya mudah, cara pakai masker hidung tidak boleh sembarangan.

Cara memakai yang keliru bisa sangat meningkatkan risiko kemungkinan terjadinya masalah. Berikut panduan cara memakai masker hidung alias alias masker bedah yang benar:

Berita Terkait

Benarkah Kerokan dengan Bawang Merah Ampuh Atasi Masuk Angin? Ini Jawaban Ilmiahnya

Artira Dian

Menurunkan Berat Badan hingga Kulit Wajah Lebih Sehat 5 Manfaaat Sarapan Ubi Jalar

Artira Dian

Cek Diri Kalian! dari Pendendam hingga Tidak Mengenali Diri Sendiri 11 Tanda Orang Miliki EQ Lemah

Artira Dian

Tidak Ada Batas Kecukupan Minum Air Seseorang Karena Menyesuaikan dengan Aktivitasnya

Artira Dian

Kebiasaan yang Bikin Kulit Wajah Cepat Tua

Artira Dian

Dokter Direktur RSPAD Membeberkan Terjawab Sudah Mengapa Perut Wiranto Tak Berdarah saat Ditusuk

Artira Dian

Ini Posisi yang Pas Saat Pompa & Menyusui Supaya ASI Keluar Banyak

Artira Dian

dari Kentang Hingga Tomat 4 Sayuran Ini Juga Mengandung Nikotin Selain Rokok

Artira Dian

Masih Sering Jerawatan di Usia Kepala Tiga? Bisa Jadi karena Pola Makan

Artira Dian

dan Cara Pencegahan Penyebab Kenali Juga Gejala Cara Alami Mengatasi Anemia dengan Bahan Rumahan

Artira Dian

dari Bawang Putih hingga Jeruk Nipis 6 Bahan Alami buat Redakan Radang Tenggorokan

Artira Dian

Malas Diet dan Olahraga Tapi Pengin Turunkan Berat Badan, Adakah Solusinya?

Artira Dian

Leave a Comment