Travel

Catatan Perjalanan Ke Banyuwangi 3 Dimanja Eksotisme Pantai Cacalan Dan Pesona Bawah Laut Bangsring

Lokasi Pantai Cacalan berada tak jauh dari pusat Kota Banyuwangi, sekitar 10 menit, searah dengan Pelabuhan Ketapang. Walau harus masuk gang, tapi lokasi Pantai Cacalan bisa dijangkau oleh semua kendaraan, baik pribadi maupun umum. Harga tiket masuknya pun sangat murah karena pengunjung hanya perlu membayar Rp 2 ribu untuk parkir motor.

Pantai Cacalan memiliki hamparan pasir hitam di sepanjang garis pantainya serta ombak yang relatif tenang sehingga pengunjung tetap bisa bermain air. Karena menghadap Selat Bali, panorama yang disajikan adalah daratan Pulau Dewata yang tampaknya hanya seperlemparan batu. Pantainya pun sangat bersih dengan fasilitas memadai.

Sebut saja toilet, musala, tempat makan, gazebo, kursi pantai yang disewakan, lahan parkir, serta beragam spot selfie. Jalan sedikit menyusuri menyusuri kawasan pantai, terdapat sebuah rawa yang disulap jadi kolam ikan. Pantai Grand Watu Dodol berada di tepi Jalan Situbondo Banyuwangi, tepatnya Desa Bangsring, Kecamatan Wongsorejo.

Satu tanda sudah memasuki kawasan pantai ini adalah adanya batu besar yang membelah Jalan Banyuwangi Situbondo. Satu tips sebelum ke Pantai Grand Watu Dodol: penuhilah baterai ponsel. Apa pasal?

Pantai Grand Watu Dodol memiliki spot foto yang begitu banyak. Pengunjung tidak akan pernah kehabisan stok tempat berfoto saat berwisata di sini. Satu di antaranya jembatan dek yang menjadi spot favorit pengunjung untuk selfie.

Barisan pohon kelapa yang menjulang, langit biru nan cerah, pantai bersih, dengan ombak tenang seakan menobatkan Pantai Grand Watu Dodol sebagai satu pantai tercantik di Banyuwangi. Pantai Grand Watu Dodol juga terkenal dengan kebersihannya. Bahkan sukses mengantarkan Banyuwangi menyabet predikat ASEAN Clean Tourist City pada 2018.

Dari Pantai Grand Watu Dodol, perjalanan kemudian diteruskan menuju Pantai Bangsring yang lokasinya tak begitu jauh. Pantai Bangsring menjadi destinasi wisata bawah air yang cantik di Banyuwangi karena keindahan terumbu karang dan biota lautnya. Lantaran menawarkan beraneka jenis ikan hias serta warna warni terumbu karang baik buatan maupun alami, maka diving dan snorkeling menjadi aktivitas yang wajib dilakukan.

Bagi pengunjung yang tidak suka berenang, bisa memberi makan ikan ikan cantik di sekitar Rumah Apung Bangsring. Untuk menuju ke Rumah Apung yang berada tak jauh dari bibir pantai, pengunjung akan diantar pakai perahu dengan membayar Rp 5 ribu per orang. Tak punya alat snorkeling?

Tenang, sudah ada persewaan alat meliputi pelampung, snorkel, hingga fin alias kaki katak dengan tarif Rp 30 ribu! Selain itu, terdapat jasa guide dari warga sekitar yang akan memandu wisatawan snorkeling melihat sejumlah spot terumbu karang. Tarifnya pun sangat terjangkau, hanya Rp 30 ribu.

Wisatawan juga bisa berenang dengan ikan hiu yang berada di penangkaran Rumah Apung. Tak lain patung Penari Gandrung yang berada di kawasan Pantai Watu Dodol, dekat dengan batu besar yang membelah Jalan Banyuwangi Situbondo. Patung Penari gandrung menjadi satu ikon wisata sekaligus pintu masuk ke Banyuwangi dari Situbondo.

Destinasi ini menjadi tujuan warga serta wisatawan untuk menikmati senja dengan panorama Selat Bali. Bisa juga menyaksikan kapal feri yang menyeberang di Selat Bali, baik dari Pelabuhan Ketapang maupun Gilimanuk. Dari lokasi ini pulalah, daratan Pulau Bali terlihat sangat jelas.

Lokasi Patung Penari Gandrung pun mudah dijangkau karena berada di tepi jalan dan langsung bersisian dengan Selat Bali. Di sekitar lokasi patung Penari Gandrung juga terdapat banyak warung serta pedagang kaki lima yang menyajikan beragam makanan dan minuman. Tak ada sepeser pun uang yang dikeluarkan untuk menikmati pemandangan di sini alias gratis!

Sesampai di pusat kota, agenda selanjutnya adalah wisata kuliner. Kuliner sego tempong kembali menjadi pilihan untuk santap malam dan kali ini giliran Sego Tempong Mbok Nah. Warung Sego Tempong Mbok Nah mudah ditemukan karena lokasinya tak jauh dari pusat kota, tepatnya di Jalan Letkol Sugiono, Kertosari, Tukangkayu, Banyuwangi.

Walau hanya berupa gabungan dua ruko, tapi Warung Sego Tempong Mbok Nah selalu ramai pembeli, terlebih pada jam jam makan. Pilihan lauk di Warung Sego Tempong Mbok Nah juga beragam. Harganya hanya Rp 13 ribu.

Dalam seporsi sego tempong Mbok Nah sudah terdapat nasi, aneka lalapan, lauk tahu, tempe, ikan jambal goreng tepung, serta lauk tambahan telur dadar, lalu disiram sambal khas yang begitu royal. Meski demikian rasa pedas itu tidak mengurangi kenikmatan bersantap, justru semakin ketagihan. Tangan terus menerus menyuap nasi beserta lauk dan aneka lalapan hingga tandas!

Berita Terkait

13 Gedung Pencakar Langit Paling Viral, Termasuk One World Trade Center Pengganti WTC Korban Teroris

Artira Dian

Berisi Ratusan Ruangan Megah Bernuansa Emas, Inilah Istana Buckingham yang Berusia 316 Tahun

Artira Dian

Manfaat Kesehatan Berjalan Tanpa Alas Kaki, Termasuk Memperlambat Penuaan Kulit

Artira Dian

All You Can Meat Festival, Makan Sepuasnya untuk Pencinta Kuliner Grilled Food

Artira Dian

Promo Tiket.com Ada Diskon Tiket Pesawat Hingga Rp 1 Juta, Berlaku Untuk Semua Rute Domestik

Artira Dian

5 Cara Menawar Barang di Malioboro Yogyakarta

Artira Dian

Gunung Slamet Berstatus Waspada, Pendakian Ditutup Mulai Hari Ini

Artira Dian

5 Pusat Perbelanjaan Favorit Wisatawan di Taipei, Taiwan

Artira Dian

Al Quran Raksasa Al Akbar, Tempat Ngabuburit Unik di Palembang

Artira Dian

4 Akomodasi di Bali Tawarkan Sensasi Sarapan Unik, Bisa Makan di Kolam Renang

Artira Dian

Begini Persiapan Pengibaran Bendera Merah Putih Bawah Air di Ancol

Artira Dian

Promo Buka Puasa di McDonald’s, Beli 1 Gratis 1 Paket Topokki Chicken

Artira Dian

Leave a Comment