Nasional

Charta Politika Buka Bukaan Hasil Quick Count Pilpres Dan Pileg 2019

Lembaga survei Charta Politika menyampaikan laporan perihal hasil quick count Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019. Diperkirakan Jokowi Maruf bakal memenangkan Pilpres 2019. Sementara untuk Pileg 2019, PDI P diperkirakan menjadi pemenang Pileg dengan perolehan 19,94 persen.

Diikuti Gerindra diurutan kedua dengan perolehan 12,39 persen dan Golkar di urutan ketiga dengan perolehan 11,4 persen. Dalam laporannya, Charta Politika juga membeberkan terkait proses quick count mulai dari metodologi hingga perolehan suara per provinsi. Berikut rangkumannya:

Charta Politika menjelaskan metodologi quick count mulai dari populasi hingga metode pengumpulan data. A. Populasi : Seluruh pemilih di seluruh TPS B. Sampel : Sebanyak 2.000 TPS dipilih secara acak dari total populasi TPS (809.497) di seluruh Indonesia secara proporsional.

C. Tingkat kepercayaan : Dengan sampel seebsar 2.00 TPS, tingkat kepercayaan quick count sebesar 99 persen dengan toleransi kesalahan (margin of error) sebesar +/ 1%. Artinya perolehan suara kandidat dari hasil quick count ini bisa bergeser ke atas atau ke bawah hingga sebesar 1%. D. Metode Penarikan Sampel : Sampel dipilih dengan metode stratifiel cluster random sampling dari populasi

E. Metode Pengumpulan Data : 2000 relawan disebar di 2000 TPS terpilih, setiap relawan memonitor pengumpulan suara sejak dibukanya TPS sampai penghitungan suara. Hasil penghitungan suara (C1) dikirim ke pusat data, kemudian data ditabulasi dan ditampilkan secara real time. Berdasarkan data yang telah masuk 100 persen, Jokowi Maruf mendapatkan suara 54,71 persen, sedangkan Prabowo Subianto sandiaga Uno mendapatkan 45,29 persen.

Hasil quick count Charta juga menampilkan perolehan suara per provinsi. Jokowi Maruf tercatat menang di 18 provinsi. Data quick count Pileg yang masuk sebesar 98,35 persen.

Berdasarkan hasil quick count Pileg 2019, urutan partai adalah sebagai berikut: PDIP, Gerindra, Golkar, PKB, PKS, NasDem, Demokrat, PAN dan PPP. Berdasarkan 98,35 persen data yang masuk, sembilan parpol berada di atas 4 persen dan diprediksi lolos ke parlemen yaituPDIP, Gerindra, Golkar, PKB, PKS, NasDem, Demokrat, PAN dan PPP. Sementara empat partai diperkirakan tidak lolos parliamentary threshold yakni Partai garuda, Berkarya, Perindo, PSI, hanura, PBB dan PKPPI.

Selengkapnya laporan Charta Politika dapat anda akses di tautan ini:

Berita Terkait

Hujan Lebat Disertai Angin Kencang di Jabar BMKG Beri Peringatan Dini Cuaca Besok 1 April 2020

Artira Dian

Paling Murah Rp 25 Ribu Harga Hand Sanitizer di Pasar Pramuka Jakarta Timur Meroket

Artira Dian

Diketahui Sudah 4 Tahun Sakit Kanker Ibunda Presiden Jokowi Sudjiatmi Notomiharjo Tutup Usia

Artira Dian

Fahri Hamzah: Dari Dulu Lulusan UI Merasa Punya Standar Gaji yang Lebih Tinggi dari Kampus Lain

Artira Dian

Demokrat dan PAN Tiba di Kediaman Prabowo, Koalisi Berakhir atau Berlanjut?

Artira Dian

Ini Cara & Dokumen yang Diperlukan Calon Jemaah Haji 2020 Bisa Tarik Kembali Setoran Pelunasan

Artira Dian

‘Saya Tidak akan Datang’ Mangkir di Sidang Majelis Kehormatan DPP Gerindra FX Arief Poyuono

Artira Dian

Cerita Oso Dicari-cari Pratikno buat Ditawari Jabatan Wantimpres

Artira Dian

Pertemuan Jokowi dan Prabowi di MRT, Ini Berbagai Komentar Amien Rais

Artira Dian

5 Sembuh 4 Meninggal & 1 Sempat Kabur UPDATE Corona di Indonesia

Artira Dian

Anis Matta Beberkan Tiga Jebakan Negara Gagal yang wajib Dihindari Jokowi

Artira Dian

Real Count KPU Terbaru Pilpres 2019 Per Sabtu 11 Mei Pukul 12:00 WIB, Jokowi Raih 66,3 Juta Suara

Artira Dian

Leave a Comment