Nasional

Charta Politika Buka Bukaan Hasil Quick Count Pilpres Dan Pileg 2019

Lembaga survei Charta Politika menyampaikan laporan perihal hasil quick count Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019. Diperkirakan Jokowi Maruf bakal memenangkan Pilpres 2019. Sementara untuk Pileg 2019, PDI P diperkirakan menjadi pemenang Pileg dengan perolehan 19,94 persen.

Diikuti Gerindra diurutan kedua dengan perolehan 12,39 persen dan Golkar di urutan ketiga dengan perolehan 11,4 persen. Dalam laporannya, Charta Politika juga membeberkan terkait proses quick count mulai dari metodologi hingga perolehan suara per provinsi. Berikut rangkumannya:

Charta Politika menjelaskan metodologi quick count mulai dari populasi hingga metode pengumpulan data. A. Populasi : Seluruh pemilih di seluruh TPS B. Sampel : Sebanyak 2.000 TPS dipilih secara acak dari total populasi TPS (809.497) di seluruh Indonesia secara proporsional.

C. Tingkat kepercayaan : Dengan sampel seebsar 2.00 TPS, tingkat kepercayaan quick count sebesar 99 persen dengan toleransi kesalahan (margin of error) sebesar +/ 1%. Artinya perolehan suara kandidat dari hasil quick count ini bisa bergeser ke atas atau ke bawah hingga sebesar 1%. D. Metode Penarikan Sampel : Sampel dipilih dengan metode stratifiel cluster random sampling dari populasi

E. Metode Pengumpulan Data : 2000 relawan disebar di 2000 TPS terpilih, setiap relawan memonitor pengumpulan suara sejak dibukanya TPS sampai penghitungan suara. Hasil penghitungan suara (C1) dikirim ke pusat data, kemudian data ditabulasi dan ditampilkan secara real time. Berdasarkan data yang telah masuk 100 persen, Jokowi Maruf mendapatkan suara 54,71 persen, sedangkan Prabowo Subianto sandiaga Uno mendapatkan 45,29 persen.

Hasil quick count Charta juga menampilkan perolehan suara per provinsi. Jokowi Maruf tercatat menang di 18 provinsi. Data quick count Pileg yang masuk sebesar 98,35 persen.

Berdasarkan hasil quick count Pileg 2019, urutan partai adalah sebagai berikut: PDIP, Gerindra, Golkar, PKB, PKS, NasDem, Demokrat, PAN dan PPP. Berdasarkan 98,35 persen data yang masuk, sembilan parpol berada di atas 4 persen dan diprediksi lolos ke parlemen yaituPDIP, Gerindra, Golkar, PKB, PKS, NasDem, Demokrat, PAN dan PPP. Sementara empat partai diperkirakan tidak lolos parliamentary threshold yakni Partai garuda, Berkarya, Perindo, PSI, hanura, PBB dan PKPPI.

Selengkapnya laporan Charta Politika dapat anda akses di tautan ini:

Berita Terkait

Antusias Pemudik ‘Serbu’ Stasiun Pasar Senen

Artira Dian

Kalau Presiden Terpilih Tidak Dilantik Itu Melanggar Hukum Namanya Menhan Ryamizard

Artira Dian

Catat Jadwal SKD & SKB Daftar Instansi CPNS 2019 yang Belum Umumkan Hasil Seleksi Administrasi

Artira Dian

Rocky Gerung Sebut Prabowo Bisa Jadi Menteri Pertama yang Kena Reshuffle jika Hal Ini Dilakukan

Artira Dian

Real Count KPU Terbaru Pilpres 2019 Per Sabtu 11 Mei Pukul 12:00 WIB, Jokowi Raih 66,3 Juta Suara

Artira Dian

Harus Kontrak Rumah Ungkap Kondisi Rizieq Shihab di Arab Saudi Gak Bisa Cari Nafkah Slamet Maarif

Artira Dian

Wishnpenting Mengaku Bersedia hingga Posisinya di Kabinet Jokowi Jilid II Diminta Jadi Menteri

Artira Dian

Resmi! Inilah Daftar Menteri Baru Beserta Jabatannya Dalam Kabinet Indonesia Maju Jokowi Ma’ruf

Artira Dian

9 Provinsi di Indonesia Berpotensi Hujan Disertai Guntur Peringatan Dini BMKG Sabtu (9/11/2019)

Artira Dian

Bahas soal Perpu HGU untuk Jokowi dan Prabowo, Fahri Hamzah: Saya Mohon Maaf

Artira Dian

Pertemuan Jokowi dan Prabowi di MRT, Ini Berbagai Komentar Amien Rais

Artira Dian

Polda Metro Jaya: 8 Orang Ditetapkan Tersangka Terkait Pengibaran Bendera Bintang Kejora

Artira Dian

Leave a Comment