Kesehatan

Coba Celupkan Jari menuju Air 6 Uji Kesehatan Sederhana buat Cari Tahu Kondisi Tubuhmu

Kesehatan merupakan aspek terpenting dalam kehidupan. Alangkah baiknya apabila kita selalu bisa mengetahui bagaimana kondisi kesehatan tubuh. Untuk itu, Anda bisa melakukanbeberpa hal atau cara sederhana untuk menguji kesehatan diri.

Dikutip dari , ada enam tes sederhana yang bisa dilakukan: Untuk mengetahui tingkat fleksibilitas atau kelenturan tubuh, cukup lalukan hal berikut. Duduklah di lantai

Julurkan kaki lurus ke depan Cobalah sentuh bagian ujung jari kaki dengan kedua tangan. Jika kamu dapat melakukan ini dengan mudah, maka tubuhmu dalam kondisi baik baik saja.

Namun jika kesulitan melakukan hal ini, maka akan lebih baik kamu melakukan yoga, berenang atau olahraga lainnya untuk meningkatkan kelenturan fleksibilitas tubuh. Hal ini untuk mencegah melemahnya fungsi sendi pada tubuh anda secara berlebihan. Jantung merupakan bagian tubuh atau organ dalam tubuh yang paling penting.

Untuk menguji kemampuan dan kesehatan jantung, kamu dapat melakukan hal berikut ini. Duduk dengan tenang selama lima menit Kemudian letakkan empat jari di sisi dalam pergelangan tangan

Temukan denyut nadi Ukur selama 1 menit Hitung jumlah ketukan Untuk orang dewasa dan anak usia di atas 10 tahun, 60 100 detak per menit dianggap normal.

Bila ukuran denyut nadi berlebih atau kurang, hal ini dapat mengindikasikan masalah dengan tekanan darah. Namun, jangan mencoba membuat diagnosis sendiri pergi dan temui dokter. Anda juga perlu mengetahui sirkulasi darah.

Untuk mengetahui kesehatan sirkulasi dalam tubuh, maka kamu bisa lakukan hal berikut ini: Tuangkan air yang sangat dingin ke dalam gelas Celupkan jari ke dalam air selama 30 detik

Jika ujung jari menjadi putih atau biru, maka kamumemiliki masalah dengan sirkulasi darah. Penurunan suhu (atau stres) yang signifikan dapat menyebabkan kontraksi pembuluh darah yang memasok darah ke jari, jari kaki, hidung, dan telinga. Akibatnya, bagian bagian tubuh ini kekurangan jumlah darah yang tepat dan mati rasa.

Anda harus menghindari perubahan suhu yang tajam. Pernapasan juga merupakan suatu hal yang penting. Untuk menguji kemampuan dan kesehatan sistem pernafasan, maka lakukan hal berikut ini:

Nyalakan korek api dan rentangkan tangan sambil memegang korek api Tarik napas dalam dalam melalui hidung, kemudian keluar melalui mulut. Cobalah untuk mematikan api. Berapa banyak upaya yang kamu perlukan untuk mematikan api?

Jika beberapa, maka ada kemungkinan Anda memiliki sistem pernapasan yang lemah. Ini bisa disebabkan oleh merokok, kurang olahraga, atau penyakit kronis saluran udara. Lakukan hal berikut ini untuk menguji kemampuan retensi cairan tubuh.

Tekan bagian atas atau bawah kaki dengan ibu jari Diamkan beberapa saat lalu lepaskan Dalam kondisi normal, tidak ada pembengkakandi kaki.

Bila ada,kemungkinan tubuhmu memiliki masalah dengan retensi cairan. Kamu dianjurkan untukmengurangi jumlah garam dalam diet dan hindari mengonsumsi produk makanan olahan. Lakukan pengujian terakhir berikut ini:

Tutup mata Rentangkan tangan di depan Rentangkan jari ke samping, dan minta seseorang untuk meletakkan selembar kertas tipis di tangan.

Jika selembar kertas mulai bergetar bersama dengan jari jari, ada baiknya mengunjungi ahli endokrin. Yang patut diketahui, tes ini tidak bisa menjadi dasaruntuk membuat diagnosis. Sebab bisa menjadi indikasi beberapa penyakit lain.

Namun, jika mengalami satu di antara gejala di atas, kamu tidak boleh mengabaikannya. Kunjungi dokter untuk pemeriksaan detail segera. Selain melakukan pengujian tubuh dengan enam tes di atas, kamu juga bisa mengetahui permasalahan penyakit dalam yang mungkin dialami hanya melalui jari tangan.

Dilansir dari setiap jari memiliki hubungan dengan organ dalam tubuh manusia. Caranya, kamu hanya perlu menekan ujung jari selama 3 5 detik. Bila jari tidak merasa sakit, artinya kemungkinan kesehatan organ dalam tubuh sehat atau baik baik saja.

Sebaliknya, bila kamu merasa sakit ketika menekan ujung jari, artinya kamumemiliki permasalahan tertentu dalam organ tubuh yang harus diwaspadai. Simak penjelasannya berikut ini: Jika menekan kuku ibu jari terasa menyakitkan, ini mungkin merupakan tanda masalah paru paru.

Berhubungan erat dengan usus besar, rasa sakit pada jari ini merupakan indikasi masalah usus besar dan sembelit. Nyeri pada jari tengah adalah tanda masalah jantung. Jari manis sangat terkait dengan hati. Jika menekannya membuatmu merasa kesakitan, itu bisa menjadi pertanda masalah hati.

Nyeri pada jari kelingking menunjukkan masalah dengan usus kecil. Itu tadi adalah beberapa pengujian sederhana yang dapat lakukan sendiri dirumah.

Berita Terkait

dari Gorengan Hingga Produk Susu 5 Makanan Harian Ini Ternyata Sebabkan Sembelit

Artira Dian

Produk ini Secara Klinis 2 Kali Lebih Baik dari Glukosamin dalam Atasi Gangguan Persendian

Artira Dian

Dokter Direktur RSPAD Membeberkan Terjawab Sudah Mengapa Perut Wiranto Tak Berdarah saat Ditusuk

Artira Dian

4 Mitos Meresahkan tentang Diabetes yang wajib Dibuang Jauh

Artira Dian

Lemak Menumpuk di Perut dan Pinggang? Ini 15 Cara Efektif Untuk Membakarnya!

Artira Dian

Modernland Realty Tbk & Lotte E&C Kerjasama Bangun Mixed Use Project di Jakarta Garden City

Artira Dian

Masih Sering Jerawatan di Usia Kepala Tiga? Bisa Jadi karena Pola Makan

Artira Dian

13 Mitos Virus Corona yang Menyebar Luas di Masyarakat Konsumsi Bawang Putih Bisa Cegah Covid-19

Artira Dian

dari Bawang Putih hingga Jeruk Nipis 6 Bahan Alami buat Redakan Radang Tenggorokan

Artira Dian

Musim Kemarau Tiba, Dokter di Thailand Peringatkan Warga untuk Tidak Konsumsi Durian Berlebihan

Artira Dian

Bisa Kurangi Depresi hingga Cegah Kanker 5 Manfaat Mencampurkan Kunyit dengan Lada Hitam

Artira Dian

Ini 5 Perawatan Rumahan yang Ampuh Redakan Flu Dari Jahe hingga Bawang Putih

Artira Dian

Leave a Comment