Kesehatan

dan Cara Pencegahan Penyebab Kenali Juga Gejala Cara Alami Mengatasi Anemia dengan Bahan Rumahan

Jika merasa cepat lelah, memiliki kulit berwarna pucat atau kekuningan, detak jantung tidak teratur, pusing, kemungkinan kamu terserang penyakit anemia. Anemia adalah suatu kondisi di mana penderita kekurangan sel darah merah. Bagi kamu penderita anemia atau merasakan gejala penyakit ini segera temui dokter atau bisa menerapkan beberapa cara pengobatan alami mengatasi anemia yang ada di artikel ini.

Berikut beberapa cara alami mengatasi anemia, dikutip dari , Sabtu (11/1/2020). Anemia cendering melemahkan sistem kekebalan tubuh. Penderita mungkin cenderung lebih rentan terhadap infeksi dan penyakit radang.

Mengonsumsi vitamin C dengan dosis yang cukup dapat meningkatkan daya tahan tubuh penderita. Pada saat yang sama, vitamin C dapat membantu menyerap zat besi. Konsumsi buah jeruk atau segelas air lemon setiap hari.

Dr Vasant Lad dalam bukunya 'Ayurvedic Home Remedies' menyarankan bagi penderita anemia tipe kapha harus meminum secangkir yogurt dua kali sehari. Pagi dan sore dengan satu sendok teh kubyit bubuk. Pada Anemia tipe kapha ditemui pembengkakan (edema), dan kulit terasa dingin dan lembap pada si penderita.

Obat ini membantu menyeimbangkan kapha dosha dalam tubuh. Tingginya jumlah klorofil terkandung dalam sayuran hijau di antaranya bayam, seledri, sawi hijau, brokoli merupakan sumber zat besi yang baik. Namun dari beberapa sayuran hijau, terbaik adalah bayam.

Bayam mengandung asam oksalat yang dapat mencegah penyerapan zat besi dalam tubuh. Bit adalah umbi berwarna merah yang banyak manfaatnya. Jus bit yang segar atau buah delima dapat membangun dan memurnikan darah dalam tubuh.

Bit kaya akan asam folat yang bisa digabungkan dengan apel atau wortel. Buah delima kaya akan zat besi dan mineral lain yakni tembaga dan kalium. Keduanya ini, jika rutin dikonsumsi dapat meningkatkan energi serta memperlancar aliran darah.

Itu semua akan membuatmu lebih aktif. Tembaga dianggap sangat sehat. Disarankan untuk menyimpan air dalam wadah tembaga selama semalam setiap hari.

Ini satu dari beberapa cara untuk mengisi tubuh dengan mineral alami. Selain itu, cara ini dikenal mampu mengobati rambut rontok. Mengonsumsi biji wijen merupakan cara terbaik lainnya untuk meningkatkan asupan zat besi.

Terutama jika mengonsumsi biji wijen hitam. Rendam biji wijen selama dua hingga tiga hjam. Kemudian giling dan jadikan pasta.

Nikmati dengan satu sendok teh madu setiap hari. Buah kering ini dapat memberikan kombinasi zat besi dan vitamin C. Kemungkinan tubuh akan menyerap zat besi dengan lebih cepat dan efektif.

Makanlah segenggam kismis atau dua buah kurma untuk sarapan atau cemilan. Gejala anemia bervariasi tergantung pada penyebabnya. Berikut gejala anemia sebagaimana dikutip dari .

Cepat lelah Lemas Kulit pucat atau kekuningan

Detak jantung tidak teratur Sesak napas Pusing

Sakit dada Tangan dan kaki dingin Sakit kepala

Anemia disebabkan oleh tubuh yang tidak mampu menghasilkan cukup sel darah merah. Selain itu juga bisa disebabkan oleh pendaharan yang menyebabkan tubuh kehilangan sel darah merah. Dapat juga terjadi karena tubuh menghancurkan sel darah merah.

Sebagian besar anemia tidak dapat dicegah. Namun kamu dapat menghindari beberapa jenis anemia dengan mengonsumsi makanan mencangkum beragam vitamin dan mineral. Makan mengandung zat besi di antaranya daging, kacang kacangan, sayuran berdaun hijau, buah kering.

Makanan mengandung asam folat di antaranya buah buahan dan jus buah, sayuran berdaun hijau gelap, kacang polong hijau, kacang merah, kacang tanah, dan produk biji bijian yang diperkaya (roti, sereal, pasta, dan nasi). Makanan kaya vitamin B 12 di antaranya daging dan susu. Makanan mengandung vitamin C di antaranya jus jeruk, paprika, brokoli, tomat, melon, stroberi.

Berita Terkait

30 Dokter Spesialis Gladi Bersih Jelang Operasi Pemisahan Bayi Kembar Siam di RSAB Harapan Kita

Artira Dian

Psikolog Jelaskan Sisi Psikopat Pada Kepribadian Reynhard Sinaga

Artira Dian

Waspada Kolesterol Naik Akibat Hidangan Lebaran, ini 10 Makanan untuk Menurunkan Kolesterolmu

Artira Dian

Dankjoedin Berlari Suarakan Antidiskriminasi kepada Orang dengan HIV

Artira Dian

Kompres Kelopak Mata Jelang Tidur Bantu Atasi Mata Kering

Artira Dian

Olesan Lemon & Madu hingga Buah Stroberi 5 Cara Memerahkan Bibir Secara Alami

Artira Dian

Apa yang Belum Didalami dengan Baik Jangan Komentari kata Terawan Soal Rokok Elektrik

Artira Dian

Yang Perlu Diketahui Ketika wajib Menyusui Dalam Kondisi Hamil

Artira Dian

Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami & Aman Tanpa Timbulkan Penyakit

Artira Dian

Diberikan Kepada yang Membutuhkan 6 Juta Anggota Penerima Bantuan Iuran BPJS Kesehatan Ganti 4

Artira Dian

2020, Kemenkes Fokuskan Anggaran untuk Stunting Hingga Tuberkulosis

Artira Dian

Tuan Rumah AFCC Ke 24, Indonesia Jadi Satu Di Antara ‘Leader’ Penanganan Penyakit Kardiovaskular

Artira Dian

Leave a Comment