Kesehatan

dari Gorengan Hingga Produk Susu 5 Makanan Harian Ini Ternyata Sebabkan Sembelit

Beberapa makanan yang kita makan sehari hari ternyata bisa menyebabkan sembelit atau susah buang air besar. Mulai dari makanan yang digoreng hingga buah pisang. Sembelit atau sisahbiang air besr biasanya disebabkan oleh berbagai macam faktor. Kekuragan cairan tubuh dan kurang makan makanan berserat adalah beberapa penyebab sembelit atau susah buang air besar.

Tetapi ternyata beberapa makana bisa menyebabkan sembelit atau susah buang air besar. Mulai dari makanan instan hingga buah sekalipun bisa menyebabkan susah buang air besar. Dilansir dari berbagai sumber, inilah makanan yang bisa menyebabkan sembelit atau susah buang air besar.

Makanan instan yang dibekukan ini menjadi pilihan banyak orang karena praktis. Selain bisa disajikan dengan cepat, frozen food menjadi makanan favorit karena rasanya yang enak dan bervariasi. Tetapi, mengonsumsi frozen food bisa mengakibatkan suah buang air besar.

Semua makanan beku memiliki lemak yang tinggi dan rendah serat, inilah yang menyebabkan frozen food bisa membuat kita susah buang air besar. Terlebih jika makanan itu digoreng dan dimakan dengan nasi yang kaya akan karbohidrat, ini akan memperparah kemungkinan kita untuk susah buang air besar. Semua produk olahan susu mulai dari keju, es krim dan produk produk lainnya dikenal sebagai makanan yang bisa menyebabkan konstipasi atau sembelit.

Manajer nutrisi di RumahSakit La Rabida, Chicago, Mark Spielmann mengatakan produk olahan susu mengandung lemak tinggi dan tidak sebanding dengan jumlah seratnya. Produk makanan yang memiliki lemak tinggi dan serat yang rendah bisa mengakibatkan konstipasi terutama pada balita. Buah pisang terkenal dengan banyak manfaat dan nutrisi yang banyak dikonsumsi orang untuk sarapan dan pengganti makanan saat diet.

Buah pisang memang bisa menyebabkan sembelit, tetapi uniknya buah pisang juga merupakan obat dari sembelit itu sendiri. Menurut ahli nutrisi asal New York, Tammy Lakatos , pisang yang belum matang bisa menyebabkan sembelit. Tetapi pisang yang sudah matang memiliki serat larut yang tinggi dan bisa membantu melancarkan keluarnya sisa makanan dan racun dalam tubuh.

Jadi, konsumsilah pisang yang sudah matang jika tidak ingin susah buang air besar. Daging merah menjadi makanan favorit orang orang di Indonesia bahkan dunia. Sebenarnya, penyebab utama sembelit bukan dari daging merah dan jenis daging lainnya saja, tetapi cara mengolah daging yang dimasak tanpa sayur bisa menyebabkan sembelit.

Memasak daging harus dibarengi dengan bahan lainnya yang memiliki serat tinggi karena daging sangat rendah akan serat dan mengandung lemak jenuh yang tinggi dan susah untuk dicerna. Mark Spielmann mengatakan, tidak ada yang salah dengan mengonsumsi daging, selama ada bahan lain seperti sayur yang tinggi akan serat agar tidak menyebabkan sembelit. Makanan yang digoreng seperti kentang goreng dan gorengan akan memperlambat sistem pencernaan.

Makanan yang digoreng dengan lapisan tepung akanlebih susah dicerna dan memperburuk efek dari sembelit. Makanan yang berminyak terutama digoreng membutuhkan waktu lama untuk dicerna. Hal ini bisa memperlambat gerakan gastrointestinal normal.

Sebaiknya imbangi menu gorengan dengan makanan yang memiliki serat tinggi agar mudah dicerna. Pakar nutrisi, Lyssie Lakatos mengatakan, biskuit, cake, kerupuk dan makanan tinggi karbohidrat lainnya bisa menyebabkan konstipasi. Makanan yang memiliki karbohidrat tinggi bisa menyebabkan sembelit karena memiliki rendah serat, rendah cairan dan tinggi lemak.

Disarankan, konsumsi makanan yang tinggi karbohidrat harus diimbangi dengan buah, sayur dan makanan lain yang tinggi serat agar buang air besar tetap lancar. Tips melancarkan<span ></span>sembelit<span ></span>susah BAB dengan cara alami salah satunya dengan menggunakan madu dan lemon tea. Banyak orang pernah merasakan<span ></span>sembelit<span ></span>atau susah buang air besar (BAB).

Selembelit bahkan ada yang menimbulkan rasa sakit dan tidak nyaman sehingga harus segera diatasi. Bila dibiarkan berlanjut maka akan menyebabkan penyakit yang lebih serius. Melansir dari Bright Side, berikut 5 cara muda mengatasi sembelit.

Buat teh dengan menambahkan madu dan lemon ke dalam air. Madu adalah obat pencahar dan juga membantu mengurangi asam teh yang disebabkan oleh lemon. Lemon bertindak sebagai stimulan alami untuk sistem pencernaan dan membantu mengeluarkan racun dari tubuh.

Pria harus minum setidaknya 3,7 liter cairan dan wanita 2,7 liter per hari. Ini karena tinja yang keras dan kering adalah penyebab paling umum dari<span ></span>sembelit. Minum air putih yang cukup akan menjaga tubuh terhidrasi dengan baik dan memudahkan tinja melewatinya.

Air dan jus buah adalah yang terbaik untuk melawan<span ></span>sembelit. Jus pir dan apel adalah obat pencahar alami yang ringan, jadi kalian akan mendapatkan hasil yang lebih baik. Hindari minuman berkafein dan soda karena itu adalah diuretik, alih alih menghidrasi tubuh mereka justru akan melepaskan lebih banyak cairan dari tubuh.

Makanan berserat bertindak sebagai pencahar alami, mereka membantu tinja menahan lebih banyak air. Kalian harus makan setidaknya 20 35 gram serat dalam makanan sehari hari. Sumber makanan yang kaya serat termasuk kubis Brussel, apel, sereal bekatul dan kacang hitam.

Biji dan kacang kacangan seperti labu, wijen, bunga matahari, atau biji rami juga merupakan sumber serat yang baik. Namun, kata hati hati jangan makan biji rami jika menderita gangguan pendarahan, penyumbatan usus, atau tekanan darah tinggi. Ibu hamil dan menyusui juga harus menghindarinya.

Plum tidak hanya kaya akan serat, tetapi juga mengandung sorbitol, gula. Yang mana dapat melonggarkan tinja dan meredakan<span ></span>sembelit<span ></span>secara alami, 100 gram plum memiliki 14,7 gram sorbitol. Ingat bahwa plum membutuhkan waktu untuk mulai menunjukkan efeknya.

Jadi santai saja selama satu jam atau 2 dan jangan berlebihan. Meskipun disarankan untuk menjauhi produk susu jika anda menderita<span ></span>sembelit, yogurt adalah pengecualian. Yoghurt mengandung probiotik seperti Bifidobacterium longum atau Bifidobacterium animalis.

Untuk bantuan buang air besar yang lebih sering dan tidak terlalu menyakitkan.

Berita Terkait

Tuan Rumah AFCC Ke 24, Indonesia Jadi Satu Di Antara ‘Leader’ Penanganan Penyakit Kardiovaskular

Artira Dian

Setelah Anak Berusia Dua Tahun, Susu Hanya Makanan Pelengkap

Artira Dian

Musim Kemarau Tiba, Dokter di Thailand Peringatkan Warga untuk Tidak Konsumsi Durian Berlebihan

Artira Dian

Wanita Wajib Perhatikan Ini! 5 Penyebab Ketidaksuburan & 5 Cara Meningkatkan Kesuburan

Artira Dian

Cegah Stunting pada Anak, Ini Asupan Makanan yang Disarankan

Artira Dian

Siapkan Jalur Balap Menantang PRURide Indonesia 2019

Artira Dian

Bukan Hanya Enak untuk Masakan, Lada Hitam Bermanfaat untuk Kesehatan

Artira Dian

Diberikan Kepada yang Membutuhkan 6 Juta Anggota Penerima Bantuan Iuran BPJS Kesehatan Ganti 4

Artira Dian

Turunkan Risiko Kanker Serviks dengan Gaya Hidup Sehat

Artira Dian

Penelitian Ungkap Kecenderungan Orang Terbiasa Bangun Pagi Lebih Mudah Kurus

Artira Dian

Kenali, Jenis Plastik untuk Daur Ulang Plastik

Artira Dian

Pernah Berbobot 192 Kg, Kini Aria Permana Hanya Mampu Habiskan 8 Sendok Makanan, Kalau Lebih Muntah

Artira Dian

Leave a Comment