Techno

Enam Pilihan Aplikasi Prakiraan Cuaca Paling Direkomendasikan di Playstore & App Store

Musim hujan telah datang. Cuaca yang tak menentu bisa menggagalkan atau mengganggu agenda tertentu, misalnya kegiatan di luar ruangan, apalagi jika menimbulkan banjir. Karena itu penting memiliki aplikasi yang bisa memprediksi cuaca. Sebenarnya terdapat banyak sekali aplikasi perkiraan cuaca yang di PlayStore dan App Store, tapi tak semuanya jitu dan bisa diandalkan. Dirangkum KompasTekno, Jumat (3/1/2020), terdapat enam aplikasi prakiraan cuaca yang direkomendasikan dan dapat memprediksi secara akurat. Mereka adalah,

1. Weather The Weather Channel Aplikasi cuaca pertama paling direkomendasikan ini disediakan oleh NOAA (Administrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional Amerika Serikat). Aplikasi ini menjadi salah satu aplikasi cuaca yang diklaim memiliki layanan terbaik. Dalam aplikasi ini, terdapat prakiraan cuaca yang signifikan, prakiraan curah hujan, keadaan terkini, kondisi jalan lalu lintas, laporan aktivitas, dan video. Aplikasi ini bisa digunakan di Android dan iOS. Pengguna dapat mengunduh aplikasi secara gratis dengan layanan iklan. Namun, apabila ingin terbebas dari iklan dan menggunakan layanan secara maksimal, pengguna perlu membayar sebanyak US$ 3,99 atau setara dengan Rp 55.000.

2. AccuWeather Aplikasi kedua yangrecommendedadalah AccuWeather. Aplikasi ini tidak jauh berbeda dengan aplikasi Weather Channel. Di layar utama aplikasi ini, pengguna akan menemukan informasi kondisi cuaca terkini, prakiraan cuaca yang akan datang, dan peta radar yang dapat disesuaikan dengan wilayah pengguna.

Selain itu, pengguna juga dapat mengatur notifikasi peringatan apabila terjadi cuaca buruk dan mengatur keadaan cuaca berdasarkan lokasi pengguna. Aplikasi yang tersedia di layanan Android dan iOS ini memiliki versi gratis yang berisi iklan. Bila ingin meniadakan iklan, pengguna perlu membayar sekitar US$ 2,99 atau setara dengan Rp 41.000.

Baca Juga:Siaga, hujan deras diprediksi berlangsung hingga 10 Januari 3. Weather Underground Apabila aplikasi pertama dan kedua diatas memiliki banyak layanan yang lebih umum, aplikasi ketiga ini dapat memberikan informasi kondisi cuaca di lingkungan pengguna secara spesifik.

Aplikasi ini diklaim menjadi aplikasi cuaca terbaik untuk prakiraan lokal. Sebab, Weather Underground menggabungkan kekuatan National Weather Service dan pelaporan lokal secarareal timedengan lebih dari 250.000 stasiun cuaca. Tak hanya diklaim akurat, aplikasi ini secara visual juga menyajikan suhu, kondisi terkini, prediksi cuaca harian dan jam secara detail. Selain itu, pengguna juga dapat mengatur peringatan cuaca buruk berdasarkan lokasi pengguna. Seperti aplikasi lainnya, versi gratisnya tetap memiliki iklan yang sering muncul dan apabila ingin berlangganan secara tahunan pengguna perlu membayar senilai Rp 27.000 atau US$ 1,99

4. Dark Sky Hperlocal Weather Pada aplikasi imi, perkiraan lokal jangka pendek yang diklaim dapat memberikan kepuasaan kepada para penggunanya. Aplikasi ini juga disisipkan iklan, dan jika berlangganan pengguna perlu membayar sebanyak US$ 3,99 atau Rp 55.400.

5. Carrot Weather Aplikasi yang hanya tersedia di perangkat iOS ini sedikit berbeda dengan aplikasi lainnya. Selain memiliki layanan yang sama namun aplikasi ini memiliki kolom deskripsi dan prediksi seperti tanda tanda, gejala yang akan timbul sebelum cuaca terjadi. Untuk berlangganan, pengguna perlu membayar lebih mahal dibandingkan beberapa aplikasi rekomendasi lainnya yakni sekitar US$ 4,99 atau sekitar Rp 69.000.

6. Info BMKG Ini mungkin adalah aplikasi yang paling relevan untuk para penggunagadgetdi Indonesia. Tetapi Info BMKG resmi dirilis oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), serta tersedia secara gratis di Android dan iOS. Info BMKG yang bisa digunakan menyajikan informasi prakiraan cuaca di Indonesia dalam tiga hari ke depan untuk seluruh kota dan kabupaten di Indonesia. Di dalamnya juga terdapat fitur peta iklim yang menampilkan hal hal seperti peta perkiraan hujan bulanan, hari tanpa hujan, dan analisis hujan bulanan.

Selain cuaca, Info BMKG turut menghadirkan informasi terkait kualitas udara, gempa bumi, hingga kebakaran hutan. Laporan: Putri Zakia Salsabila

Berita Terkait

Cara Mengembalikan Akun Instagram yang Kena Hack Terbaru, Bisa Kamu Coba Sendiri

Artira Dian

5 Manfaat Puasa Media Sosial, Meningkatkan Mood dan Membantu Kita Menjaga Privasi

Artira Dian

Alcatel Lucent Enterprise Ekspansi ke Pasar Indonesia Timur

Artira Dian

Telkom Boyong UKM Unggulan Pada Pameran Internasional

Artira Dian

Mulai dari Rp 1 Jutaan Lengkap di Sini! Daftar Harga HP Samsung Bulan Oktober 2019

Artira Dian

Huawei Akan Resmikan High End Experience Shop Pertamanya Di Indonesia

Artira Dian

Rachmat Kaimuddin Gantikan Posisi CEO Bukalapak Achmad Zaky Mengundurkan Diri

Artira Dian

Pengguna Domain my.id Naik Tajam di Oktober 2019

Artira Dian

Ponsel dengan 4 Kamera Ini Spesifikasinya Harga Oppo A5 2020 Bulan November 2019

Artira Dian

Baterai Vivo S1 Susut 5 Persen Usai Nonton 4 Episode Money Heist di Netflix

Artira Dian

Singapura Resmi Larang Jasa Antaran Makanan dengan Skuter Listrik Gunakan Jalur Pedestrian

Artira Dian

Kaspersky Keluarkan Layanan Anti Cheat Untuk ‘Kebiri’ Gamers Curang

Artira Dian

Leave a Comment