Techno

Ibu di Kediri Syok Tagihan Kartu Pascabayar Jebol hingga Rp 11 Juta, Ternyata karena Game Online

Seorang ibu dari Kediri dibuat kaget dengan tagihan pembayaran kartu pascabayarnya yang membengkak hingga Rp 6 juta. Hal tersebut terjadi karena sang buah hati berbelanja dengan akun Google Play milik ayahnya. Melalui unggahan di akun Facebook miliknya pada Jumat (5/4/2019), Ririn Ike Wulandari awalnya terkejut dengan tagihan telepon milik suaminya yang mencapai Rp 6 juta dalam kurun waktu kurang dari satu bulan.

Setelah dicek bersama suaminya, tagihan bulanan yang membengkak tersebut ternyata disebabkan karena sang anak sering membeli bundle berbayar di game online Mobile Legends, Minecraft, dan Free Fire. Saat melihat riwayat pembelianpadaApril, terlihat ada transaksi tambahan sekitar Rp 4,8 juta. Bila dijumlahkan dengan tagihan sebelumnya, maka berjumlah sekitar Rp 11 juta.

Melalui unggahan di akun Facebook miliknya, Ririn menjelaskan, ia telah menghubungi pihak provider dan pihak pengembang gim untuk melakukan pengembalian dana atas transaksi yang sebelumnya dilakukan oleh anaknya. Ririn pun meminta kepada pihak provider untuk mendapat salinan hasil transaksi, rincian tagihan total yang selama ini dilihat olehnya terhanya hanya dalam jangka waktu 3 28 Maret. Meski ia telah berhasil membatalkan sejumlah transaksi, hingga hari Selasa (9/4/2019) masihtersisa tagihan sekitar Rp 6,3 juta yang masih menunggu untuk dilakukan pengembalian sebelum batas akhir pembayaran.

Ia juga berhasil mengirimkan email pengembalian dana ke pengembang gim Minecraft dengan menyertakan nomor transaksi. Terdapat dua transaksi pembelian in game untuk gim Minecraft yang berhasil dilakukan refund. Beberapa teman dari Ririn pun menyarankan untuk menggunakan autentifikasi menggunakan sidik jari di pembelian Google Play agar pembelian item game lebih terkontrol.

Cara mengaktifkan autentifikasi sidik jari di Google Play adalah masuk ke menu 'Setting' lalu hidupkan 'Fingerprint Authentication'. Hal tersebut akan meminta Google Play melakukan pemindaian sidik jari saat akan berbelanja.

Berita Terkait

Aplikasi Shooper Janjikan Informasi Harga Termurah di Supermarket

Artira Dian

Daftar Ponsel Xiaomi Mi dan Redmi yang Bisa Update MIUI Android Q di Akhir Tahun 2019

Artira Dian

9 Jutaan Seri Terbaru Galaxy S10 Lite Rp 8 Update Daftar Harga HP Samsung Februari 2020

Artira Dian

Alcatel Lucent Enterprise Ekspansi ke Pasar Indonesia Timur

Artira Dian

Mengintip Hasil Nightscape Jakarta dari Mata Realme 3 Pro

Artira Dian

Kaspersky Keluarkan Layanan Anti Cheat Untuk ‘Kebiri’ Gamers Curang

Artira Dian

Telkom Boyong UKM Unggulan Pada Pameran Internasional

Artira Dian

Aplikasi Pluto Tawarkan Cashback dari Struk Belanja dan Bukti Cicilan

Artira Dian

Lima Fakta Grab yang Menjadi Decacorn Pertama di Asia Tenggara

Artira Dian

PUBG Mobile akan Ramaikan Festival Electronic Dance Music

Artira Dian

Pengguna Domain my.id Naik Tajam di Oktober 2019

Artira Dian

Singapura Resmi Larang Jasa Antaran Makanan dengan Skuter Listrik Gunakan Jalur Pedestrian

Artira Dian

Leave a Comment