Techno

Ibu di Kediri Syok Tagihan Kartu Pascabayar Jebol hingga Rp 11 Juta, Ternyata karena Game Online

Seorang ibu dari Kediri dibuat kaget dengan tagihan pembayaran kartu pascabayarnya yang membengkak hingga Rp 6 juta. Hal tersebut terjadi karena sang buah hati berbelanja dengan akun Google Play milik ayahnya. Melalui unggahan di akun Facebook miliknya pada Jumat (5/4/2019), Ririn Ike Wulandari awalnya terkejut dengan tagihan telepon milik suaminya yang mencapai Rp 6 juta dalam kurun waktu kurang dari satu bulan.

Setelah dicek bersama suaminya, tagihan bulanan yang membengkak tersebut ternyata disebabkan karena sang anak sering membeli bundle berbayar di game online Mobile Legends, Minecraft, dan Free Fire. Saat melihat riwayat pembelianpadaApril, terlihat ada transaksi tambahan sekitar Rp 4,8 juta. Bila dijumlahkan dengan tagihan sebelumnya, maka berjumlah sekitar Rp 11 juta.

Melalui unggahan di akun Facebook miliknya, Ririn menjelaskan, ia telah menghubungi pihak provider dan pihak pengembang gim untuk melakukan pengembalian dana atas transaksi yang sebelumnya dilakukan oleh anaknya. Ririn pun meminta kepada pihak provider untuk mendapat salinan hasil transaksi, rincian tagihan total yang selama ini dilihat olehnya terhanya hanya dalam jangka waktu 3 28 Maret. Meski ia telah berhasil membatalkan sejumlah transaksi, hingga hari Selasa (9/4/2019) masihtersisa tagihan sekitar Rp 6,3 juta yang masih menunggu untuk dilakukan pengembalian sebelum batas akhir pembayaran.

Ia juga berhasil mengirimkan email pengembalian dana ke pengembang gim Minecraft dengan menyertakan nomor transaksi. Terdapat dua transaksi pembelian in game untuk gim Minecraft yang berhasil dilakukan refund. Beberapa teman dari Ririn pun menyarankan untuk menggunakan autentifikasi menggunakan sidik jari di pembelian Google Play agar pembelian item game lebih terkontrol.

Cara mengaktifkan autentifikasi sidik jari di Google Play adalah masuk ke menu 'Setting' lalu hidupkan 'Fingerprint Authentication'. Hal tersebut akan meminta Google Play melakukan pemindaian sidik jari saat akan berbelanja.

Berita Terkait

Vivo V15, Smartphone Keluaran Terbaru Vivo Indonesia Akan Launching Dalam Waktu Dekat!

Artira Dian

Asyik, Pengguna iPhone Bisa Mulai Nikmati OS 13

Artira Dian

Tiga Startup Teratas Indonesia Membangun Masyarakat Inklusif melalui Teknologi Digital

Artira Dian

Dorong Semangat Silaturahim, TikTok Luncurkan #TikTokMubarak

Artira Dian

Simak Bocoran Spesifikasi Oppo A1s, Ponsel Murah Meriah dari Oppo, Harga Tak Lebih Rp 2 Juta

Artira Dian

Baterai Vivo S1 Susut 5 Persen Usai Nonton 4 Episode Money Heist di Netflix

Artira Dian

WhatsApp Punya Pesaing Baru, Namanya MeshTalk, Kelebihannya Tak Harus Beli Pulsa

Artira Dian

Cara Membuat Huruf Tebal, Miring, di WhatsApp (WA) Tanpa Aplikasi

Artira Dian

Cara Mengembalikan Akun Instagram yang Kena Hack Terbaru, Bisa Kamu Coba Sendiri

Artira Dian

Cara Atasi HP yang ‘Lemot’ saat Bermain Game, Jangan Lupa Bersihkan Cache!

Artira Dian

Daftar Ponsel Xiaomi Mi dan Redmi yang Bisa Update MIUI Android Q di Akhir Tahun 2019

Artira Dian

Harga Terbaru HP Samsung Bulan Agustus 2019, dari Galaxy A10 hingga Galaxy Note10 Lengkap!

Artira Dian

Leave a Comment