Kesehatan

Ingin Sistem Kekebalan Tubuh Kuat? Makanlah Beberapa Makanan Ini

Ingin Sistem Kekebalan Tubuh Kuat? Makanlah Beberapa Makanan Ini

Imunitas atau kekebalan tubuh merupakan salah satu faktor utama bagi kesehatan seseorang. Biasanya, orang yang tubuhnya kurang kebal, maka akan rentan terkena berbagai penyakit. Bahkan, akhir-akhir ini penyakit yang menyerang kekebalan tubuh menimpa banyak orang. Penyakit tersebut dinamakan “Autoimun”. Penyakit tersebut sebenarnya bisa diantisipasi sejak Anda sedang sehat. Dengan begitu kekebalan tubuh Anda akan cukup baik. Salah satu faktor yang menpengaruhi kekebalan tubuh ialah makanan. Makanan yang dikonsumsi bisa menentukan kesehatan seseorang. Berikut ini beberapa makanan yang bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh manusia.

Air Mineral

Meminum air mineral secara teratur dapat membantu tubuh Anda membuang racun dan bakteri jahat yang ada di tubuh. Tak hanya itu, air mineral juga dapat memperlancar saluran pernafasan. Anda dianjurkan untuk meminum air mineral 10 hingga 12 gelas per hari untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi.

Jika cairan dalam tubuh cukup serta racun dalam tubuh terbuang, otomatis tubuh Anda juga akan lebih sehat. Itu artinya kekebalan tubuh Anda akan lebih baik. Kerja tubuh Anda akan lebih lancar dan teratur. Apalagi air merupakan komponen utama dalam tubuh manusia. Jadi pastikan air yang Anda minum cukup untuk tubuh Anda.

Madu

Madu ternyata dapat membantu Anda menjaga sistem kekebalan tubuh. Banyak khasiat yang dihasilkan oleh madu yang baik bagi tubuh. Kandungan antioksidan pada madu dapat membantu meredakan batuk, menjaga agar tenggorokan tidak kering, dan menyingkirkan dahak. Madu berperan dalam menenangkan sistem saraf serta mengatur kadar kolesterol dalam darah.

Bawang Putih

Bawang putih umumnya dijadikan sebagai bumbu dapur untuk menyedapkan makanan. Ternyata, bawah putih mengandung khasiat antibakteri dan antivirus yang baik bagi tubuh. Khasiat tersebut dapat memperkuat kekebalan tubuh Anda. Anda bisa memakan bawang putih langsung atau di masak terlebih dahulu.

Selain itu, bawang putih juga mengandung antioksidan, fosfor, potasium, seng, dan kalsium. Khasiatnya dapat membantu memperkuat sistem pernapasan dan menambah jumlah sel darah putih dalam darah Anda. Dengan begitu sistem kekebalan pada tubuh Anda dapat lebih baik dan lebih kuat. Anda bisa menambahkan bawang putih lebih banyak pada makanan agar bisa mendapatkan khasiat lebih banyak.

Makanan Mengandung Zat Besi

Kandungan zat besi pada makanan dapat membantu menjaga kekebalan tubuh Anda. Zat besi dapat mencegah anemia serta memberi suplai energi pada tubuh Anda. Khasiat tersebut bisa Anda dapatkan dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi secara teratur dan seimbang. Makanan yang mengandung zat besi yaitu daging merah, ikan laut, sayuran hijau, dan ayam.

Jeruk

Buah jeruk memiliki kadar vitamin C yang tinggi. Buah ini merupakan makanan penjaga sistem kekebalan tubuh terbaik. Vitamin C memiliki fungsi sebagai antioksidan, sehingga dapat mencegah penyakit yang berhubungan dengan sistem pernafasan. Selain itu buah ini juga berkhasiat mempercepat penyembuhan terhadap penyakit-penyakit lainnya.

Buah jeruk juga mengandung serat, kalium, magnesium, dan kalsium. Zat tersebut merupakan nutrisi penting yang dapat memperkuat tulang, otot, dan membantu mengelola sistem saraf. Anda dapat mengonsumsi buah ini agar sistem kekebalan tubuh dapat terjaga dengan baik. Namun, buah ini harus dikonsumsi secukupnya karena bisa menimbulkan diare akibat kadungan vitamin C yang tinggi.

Itulah beberapa makanan yang dipercaya dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh. Dengan konsumsi yang cukup serta teratur, khasiatnya akan lebih mudah dirasakan. Selain itu, jika di masak terlebih dahulu, maka proses pengolahannya harus benar agar kandungannya tidak hilang saat di konsumsi.

Berita Terkait

Raditya Dika Pernah Alami Mata Kering, Penyebabnya karena Kedip Tidak Sempurna

Artira Dian

Dapat Obati Asma hingga Diabetes 4 Manfaat Daun Mangga

Artira Dian

Dianggap Lebih Sehat dari Rokok Tembakau, Vape Tetap Berbahaya untuk Remaja, Orang Tua Wajib Waspada

Artira Dian

Mengapa Kita Mudah Melupakan Mimpi Kita? Ini Jawaban dari Para Ilmuwan

Artira Dian

Kompres Kelopak Mata Jelang Tidur Bantu Atasi Mata Kering

Artira Dian

Biasa Diabaikan, Batang Pohon Pisang Miliki 5 Manfaat Kesehatan, Bisa Obati Diabetes

Artira Dian

Inilah Teh Putih dari Indonesia, Teh Termahal di Dunia yang Kaya Manfaat Kesehatan

Artira Dian

Akhir Hidup Penyanyi Keroncong Mus Mulyadi, Derita Diabetes Sampai Pengaruhi Penglihatan

Artira Dian

Gampang Banget! buat Perokok Aktif atau Pasif 9 Cara buat Membersihkan Paru-paru Secara Alami

Artira Dian

Pemakaian Smartphone Berlebihan Bisa Memicu Kelainan Tulang Tengkorak

Artira Dian

Turunkan Risiko Kanker Serviks dengan Gaya Hidup Sehat

Artira Dian

Hadir September Mendatang, Heartpreneur Festival Padukan Tiga Elemen

Artira Dian

Leave a Comment