Kesehatan

Ini Daftarnya Cara Tingkatkan Kekebalan Tubuh dengan Konsumsi Berbagai Asupan Vitamin

Berikut cara meningkatkan kekebalan tubuh, lakukan dengan cara mengonsumsi makanan kaya akan vitamin dan mineral. Memiliki kekebalan tubuh yang baikmenghasilkan kondisitubuh yang sehat dan terhindar dari virus. Dilansir dari Cleveland Clinic, sistem kekebalan tubuh yang benar benar sehat tergantung pada campuran vitamin dan mineral yang seimbang dari waktu ke waktu.

Selain asupan vitamin dan mineral yang cukup, perlu diimbangi dengan pola tidur yang baik dan olahraga yang cukup. Vitamin C memiliki manfaat bagi sistem kekebalan tubuh. Sayuran hijau berdaun seperti bayam dan kangkung, paprika, kubis, stroberi dan pepaya merupakan sumber yang sangat baik.

Faktanya, vitamin C ada pada begitu banyak makanan sehingga kebanyakan orang mungkin tidak perlu mengonsumsi suplemen kecuali seorang dokter menyarankannya. Seperti vitamin C, vitamin E dapat menjadi antioksidan kuat yang membantu tubuh melawan infeksi. Almond, kacang tanah, hazelnut, dan biji bunga matahari merupakan daftar makanan yang kaya akan vitamin E.

Selain itu, bisa juga mengonsumsi bayam dan brokoli untuk asupan makan setiap hari. Vitamin penting ini merupakan bagian dari hampir 200 reaksi biokimia dalam tubuh yang sangat penting untuk fungsi sistem kekebalan. Untuk vitamin A biasanya terkandung dalam makanan yang berwarna warni.

Makanan yang kaya akan senyawa warna warni yang disebut karotenoid. Makanan tersebut di antaranya wortel, ubi jalar, blewah dan labu. Tubuh mengubah karotenoid ini menjadi vitamin A, dan memiliki efek antioksidan untuk membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh melawan infeksi.

Anda dapat menambah asupan Vitamin D melalui makanan sehari hari di antaranya ikan salmon, mackerel, tuna, dan sarden. Serta makanan lainnya yang diperkaya juga dengan kandungan Vitamin D di antaranya susu, jus jeruk, dan sereal. Banyak orang kesulitan menyerap vitamin D dari makanan, jadi jika memiliki kekurangan vitamin D, konsultasikan dengan dokter.

Selain vitamin, mineral juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Folat adalah bentuk alami, dan asam folat adalah bentuk sintetis, sering ditambahkan ke makanan karena manfaatnya bagi kesehatan. Untuk mendapatkan lebih banyak folat, konsumsi lebih banyak kacang kacangan dan sayuran hijau pada menu makan sehari hari.

Selain itu,asam folat juga bisa didapatkan dari makanan yang mengandung folat, di antaranya roti, pasta, nasi, dan produk biji bijian lainnya. Zat besi dapat membantu tubuh membawa oksigen ke sel. Tubuh dapat lebih mudah menyerap "besi heme," yang banyak terdapat pada unggas tanpa lemak seperti ayam dan kalkun, dan makanan laut.

Selain itu,Anda bisa mendapatkankandungan besi dari kacang, brokoli dan kangkung. Selenium memiliki efek yang kuat pada sistem kekebalan tubuh, termasuk potensi untuk memperlambat respons tubuh yang terlalu aktif terhadap bentuk kanker agresif tertentu. Anda bisa menemukan selenium padabawang putih, brokoli, sarden, dan tuna.

Makanan yang memiliki kandungan seng di antaranya tiram, kepiting, daging tanpa lemak dan unggas, kacang panggang, yogurt, dan buncis. Seng muncul untuk membantu memperlambat respons kekebalan dan mengendalikan peradangan di tubuh.

Berita Terkait

Mengapa Kita Mudah Melupakan Mimpi Kita? Ini Jawaban dari Para Ilmuwan

Artira Dian

13 Mitos Virus Corona yang Menyebar Luas di Masyarakat Konsumsi Bawang Putih Bisa Cegah Covid-19

Artira Dian

5 Bahan Makanan Ini Seharusnya Tidak Boleh Dicuci Sebelum Dimasak, Justru Bikin Rusak

Artira Dian

Prioritaskan Ini Pertolongan Pertama Serangan Jantung Seperti Dialami Politikus Adian Napitupulu

Artira Dian

Antisipasi Virus Corona Apa sebaiknya Dilakukan Bila Demam & Batuk

Artira Dian

Demam Berdarah hingga Leptospirosis Waspada 8 Penyakit Ini Sering Menyerang saat Musim Hujan

Artira Dian

Tingkatkan Sirkulasi Darah hingga Fungsi Otak Manfaat Bawang Merah yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Artira Dian

Hadir September Mendatang, Heartpreneur Festival Padukan Tiga Elemen

Artira Dian

Gejala – Gejala Ispa, Infeksi Saluran Pernapasan Atas!

Artira Dian

Malas Diet dan Olahraga Tapi Pengin Turunkan Berat Badan, Adakah Solusinya?

Artira Dian

Gantilah dengan Makanan Alternatif Lain 6 Makanan Sederhana Ini Justru Buruk Bagi Kesehatan

Artira Dian

termasuk Soal Vaksin Pneumonia 10 ‘Mitos’ tentang Virus Corona yang Dipatahkan oleh WHO

Artira Dian

Leave a Comment