Otomotif

Ini Dia Empat Tanda Ban Mobil Sudah Waktunya Diganti

Biasanya patokan orang dalam menggantiban mobilkalau melihat sudah botak saja nih… Memang ban botak berarti ban sudah waktunya diganti, tapijangan nunggu botak kalau sudah melihat ada tanda tanda ini diban mobil. Jika kondisi fisikban mobilAnda ada yang sama dengan runutan di­ bawah ini, sebaiknya jangan tunda untuk membeli ban baru.

Coba perhatikan tandaTWIpada dinding ban, kemudian, lihat garis melintang diantara tapak ban apakah tebal telapak ban sudah mendekati garisTWIalias menipis. Bila sudah, segeralah membeli ban baru. Jika dipaksa akan mempengaruhi handling serta kemampuan pengereman. Bahkan kemampuan ban dalam membuang air akan berkurang drastis.

Kekuatan antioksidan yang terdapat pada masing masing ban dipengaruhi oleh ozon, tekanan angin pada ban, serta kebersihan ban (terkena tanah, lumpur dan lain sebagainya). Apabila faktor tersebut tidak diperhatikan maka kekuatan antioksidan pada ban akan mengalami penurunan kualitas yang menyebabkan keretakan halus pada ban. Kondisi ini bisa terjadi bila ban terkena benda tajam di bagian dindingnya.Sayangnya, sobek pada kondisi seperti ini tidak bisa diperbaiki.

Bila sudah demikian, maka ban perlu diganti walau TWI masih cukup tebal. Lakukan pemeriksaan pada bagian dinding dan tapak ban. Jika ditemui adanya benjolan, maka potensi ban pecah bisa terjadi tanpa diduga. Benjolan terjadi akibat putusnya konstruksi kawat baja di dalam karet ban dan mengembang karena tekanan yang berasal dari dalam

Selain itu, ban yang terlalu sering mendapatkan tambalan berpotensi untuk mengalami kebocoran seketika. Jika melihat salah satu dari empat poin di atas, sebaiknya langsung saja ganti ban alias jangan menunggu botak. Karena sering banget nih kecelakaan yang terjadi akibat ban yang sudah jelek kondisinya. Dicatat ya!

Berita Terkait

DFSK Ajak Bermitra dengan PLN Pelajari Pasar Mobil Listrik di Indonesia

Artira Dian

Jangan Langsung Disimpan di Bawah Jok Saat Basah Merawat Jas Hujan

Artira Dian

Tidak Ada Larangan Bagi Ojol Angkut Penumpang Selama Pandemi Corona Polri

Artira Dian

Rio Bramantio & Rian Risky berhasil Realisasikan Target Juara ISSOM 2019 Belum Berakhir

Artira Dian

Mengenal Lebih Dekat Konsep Global Support di MPV 7-Seater Wuling Cortez

Artira Dian

Simak Tips Lengkapnya hendak Beli Sepeda Motor Baru

Artira Dian

Cara Mengetahui Tingkat Kerusakan Motor yang Terendam Air & Tips Mengatasinya

Artira Dian

Kumpul Seru Pemilik SUV Glory 560 Meriahkan Weekend Warga Palembang

Artira Dian

Ajang Show Off Modifikasi ‘The Elite Showcase 2019’ Akhir Pekan Ini Hadir di ICE BSD

Artira Dian

Seputar Mobil Dinas Baru yang Bakal Dipakai Jokowi: Nyaris Tanpa Cela Hingga Alasan Istana Mengganti

Artira Dian

Lengkap dengan Spesifikasinya Harga Baru & Bekas Mitsubishi Xpander Cross

Artira Dian

8 Juta FreeGo Hanya Rp 18 Daftar Harga Motor Matic Yamaha di Bawah Rp 23 Jutaan

Artira Dian

Leave a Comment