Otomotif

Ini Sanksi Penerima Kartu Jakarta Pintar Ketahuan Punya Kendaraan

Hingga kiniKartu Jakarta Pintar(KJP) masih menjadi pilihan bantuan pendidikan personal bagi siswa siswi sekolah pada tingkat SD hingga SMA/SMK. Bahkan sebagai bantuan pendidikan untuk anak sekolah yang kurang mampu, ada syarat yang perlu dipenuhi, salah satunya orang tua calon penerima tidak memiliki kendaraan bermotor, baik mobil dan motor. Menyoal kepemilikan kendaraan bermotor, Kompol Arif Fazlurrahman, Kasie STNK Subdit RegidentDitlantasPolda Metro Jayamengatakan, verifikasi data kepemilikan kendaraan bermotor calon penerima KJP dapat terdeteksi.

Pengecekan tersebut dapat langsung dilakukan lantaran saat ini data KJP diduga telah terhubung dengan data Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat). Adapun data Samsat ini dapat memberi informasi mengenai warga yang memiliki kendaraan roda dua sebanyak lebih dari satu unit, dan juga warga yang memiliki kendaraan roda empat. Jika hal itu diketahui, maka pihak Dinas Kependudukan akan memblokir atau menonaktifkan fasilitas KJP gratis kepada pelanggan dengan dua kategori tersebut.

"Dengan adanya kebijakan KJP itu membuat orang menjadi tidak mendapatkan fasilitas tersebut kalau hasil penelusuran data DKI dia memiliki kendaraan roda empat misalnya. Jadi tidak termasuk warga DKI yang mendapatkan fasilitas karena persayaratan tertentu," ucap Kompol Arif di Jakarta, Kamis (7/11/2019). Menurut dia, pihak Dinas Kependudukan dan Dinas Pendidikan akan mengecek harta kepemilikan kendaraan bermotor pendaftarKJP. Kompol Arif mengaku, sudah banyak warga yang mengantre di kantor samsat untuk memblokir data kepemilikan kendaraan bermotor seperti mobil.

Namum mereka merasa selama ini namanya digunakan oknum tidak bertanggung jawab yang ingin terhindar dari pungutan pajak. Untuk diketahui,Kartu Jakarta Pintar(KJP)adalah program strategis untuk memberikan akses bagi warga DKI Jakarta dari kalangan masyarakat tidak mampu untuk mengenyam pendidikan minimal sampai dengan tamat SMA/SMK dengan dibiayai penuh dari dana APBD Provinsi DKI Jakarta.

Berita Terkait

Mitsubishi Pajang Outlander PHEV di Gelaran Jakarta Langit Biru

Artira Dian

Harga dari Rp 80 Juta Bea Cukai Bakal Lelang 19 Mobil Subaru Siapa Tertarik

Artira Dian

Daimler Indonesia Rayakan 50 Tahun Bisnisnya di GIICOMVEC 2020

Artira Dian

Kementerian PUPR Pakai Sensor Pengukur Berat Kendaraan Tekan Truk ODOL Beroperasi

Artira Dian

dan Vulcan Terbaru November 2019 Versys KLX Z Daftar Harga Motor Kawasaki Ninja

Artira Dian

Sang Iconic Bike Membetot Perhatian Pengunjung Suryanation Motorland 2019 Show Off The Spirit

Artira Dian

Asep Robot Juara Umum Kelas Open ‘Indodrag FDR Day 2019’

Artira Dian

Jakarta Selatan CARfix Operasikan Outlet Baru di Cilandak

Artira Dian

Beli Mobil bisa dapat Hadiah Mobil Promo Mitsubishi Akhir Tahun

Artira Dian

Blancpain GT World Challenge Asia 2019: Start di Urutan 15, Rio Haryanto Finish di Posisi 10

Artira Dian

8 Juta FreeGo Hanya Rp 18 Daftar Harga Motor Matic Yamaha di Bawah Rp 23 Jutaan

Artira Dian

2 Kesalahan Dasar yang Sering Dilakukan Oleh Pengendara Motor Kopling

Artira Dian

Leave a Comment