Kesehatan

Ini yang Terjadi Pada Otaknya Tidur 8 Bulan Tak Pernah Bangun Kisah Allanna Wong si Sleeping Beauty

– Allanna Wong tahu ada yang tidak beres ketika dia pergi untuk berakhir pekan bersama sepupu dan tidur sepanjang waktu. Tapi itu ternyata tidak seberapa dibandingkan dengan apa yang akan terjadi, bahwa dia pernah tidur selama delapan bulan dan melewatkan seluruh musim dingin. Wanita berusia 30 tahun dari California Selatan ini, menderita Sindrom Kleine Levin, atau Sindrom Sleeping Beauty, yaitu gangguan tidur yang langka yang menyebabkan penderita tidur sebentar selama berminggu minggu, atau bahkan berbulan bulan.

Ini diyakini disebabkan oleh perubahan di area otak yang mengatur tidur dan hidup dengannya telah mengambil korban besar pada Alanna. Dia telah berbagi kisah menakjubkannya dengan Fabulous Digital: 10 tahun pertama hidup saya sempurna. Saya bahagia, sehat, aktif, pikiran saya tajam dan saya suka sekolah.

Saya memiliki keluarga dekat dengan sepupu, bibi, paman, kakek nenek, dan teman teman. Kami memiliki rumah terbuka dan banyak pertemuan keluarga yang diisi dengan musik, tarian, dan tawa. Salah satu kenangan pertama saya mengalami ini adalah ketika saya pergi keluar pada akhir pekan dengan sepupu ketika saya berusia 10 tahun, saya ingat tidak enak badan dan tidur sebagian besar akhir pekan.

Ketika saya sampai di rumah, ibu keluar ke mobil untuk menyambut kami. Ketika saya terbangun dari mobil dalam perjalanan pulang, saya berkata kepadanya, "Apakah saya bermimpi?" Saya tidak tahu pada saat itu, tetapi ini adalah episode KLS. Untuk beberapa tahun ke depan, saya memiliki satu hingga tiga episode sepanjang hari dengan cukup teratur, kadang kadang setiap bulan, kadang kadang setiap tiga bulan.

Saya pernah mengalami tidur selama setahun pada usia 13, tetapi pada usia 15, KLS benar benar membuat saya mengalaminya lebih sering. Itu memiliki dampak besar pada saya karena ketika saya berada di sebuah episode saya tidak bisa pergi ke sekolah dan hampir tidak mungkin belajar. Saya juga tidak punya teman, karena bagaimana Anda bisa mempertahankan ikatan itu ketika Anda tidur?

Saya merasa seperti mengambil dua langkah mundur setiap kali, bayangkan membaca satu halaman berulang kali dan tidak tahu apa yang baru saja Anda baca. Itulah hidup saya. Tidak ada yang bisa saya lakukan untuk menghentikannya, KLS menyerang kapan saja dan tanpa pembuka atau alasan. Itu bagian menakutkan dari hidup bersamanya, itu sangat tidak terduga. Saya tahu bahwa alkohol, kuman/flu, anestesi, dan kurang tidur memicu episode saya jadi saya tidak minum dan saya mencoba makan sehat dan minum vitamin.

Saya tidak terdiagnosis selama delapan tahun, tetapi kemudian pada bulan April 2007, dua bulan sebelum saya berusia 18 tahun, saudara perempuan ibu saya mengatakan kepadanya bahwa gejala saya sangat mirip dengan apa yang dialami saudara iparnya. Ibu saya meneliti KLS online dan melihat bahwa semua gejala cocok dengan saya. Seorang dokter spesialis mengonfirmasi hal itu. Ini membuat ibu lega, dia terharu karena merasa sangat lega setelah mengetahui apa yang terjadi dengan kondisi saya.

Tetapi mengetahui apa yang saya miliki tidak mengubah apa pun. Pada tanggal 29 Juni 2009, pada usia 20 tahun, saya tertidur dan tidak bangun sampai tanggal 11 Februari 2010. Episode itu sudah berlangsung hampir delapan bulan dan saya hanya memiliki sedikit, atau tidak, sebagian besar dari itu. Saya melewatkan semua musim dingin. Selama itu, seperti yang lain, saya setengah sadar.

Apa yang bisa saya lakukan selama satu selalu tergantung pada seberapa parahnya, tetapi dalam episode 10 14 hari yang 'khas', saya akan merasa seperti berada dalam mimpi, tidur 18 22 jam sehari dan hanya bangun untuk makan dan gunakan kamar mandi. Selama episode mendalam, salah satu orangtua saya harus berada di rumah setiap saat untuk memastikan saya baik baik saja. Orangtua saya menyadari bahwa saya menjadi mudah marah kepala saya tidak merasa benar dan saya menjadi berkabut, bingung, kehilangan arah dan ketakutan.

Saya tidak bisa fokus, jadi saya akan membersihkan kamar saya atau memilah cucian saya ketika perasaan aneh masuk dan tiba tiba saya harus meninggalkan apa yang saya lakukan. Jika saya keluar rumah, saya tahu saya harus pulang dengan cepat. Tingkat energiku juga turun, jadi hal hal sederhana seperti menyikat gigi atau mengikat tali sepatu menjadi terlalu berat secara fisik, dan aku harus mendapatkan bantuan dari ibuku.

Sering kali, saya bahkan tidak bisa meninggalkan tempat tidur karena saya hampir koma. Menjadi hampir mustahil bagi saya untuk membedakan mana yang nyata dan yang tidak menakutkan. Rasanya seperti saya tetap dalam keadaan itu dan itu tidak akan pernah berakhir.

Semuanya menjadi buram, saya tidak bisa melihat dengan jelas karena mata saya sangat sensitif terhadap cahaya. Hari hari ini ketika saya keluar dari keadaan yang dalam, saya pergi ke keadaan di antara atau "macet" di mana saya memiliki beberapa jam kejernihan sepanjang hari dan beberapa jam di mana saya kembali dalam mimpi. Kadang kadang mungkin terlihat seperti saya bangun tetapi apa yang saya sebut "berfungsi sakit".

Saya bangun dan merasa seperti saya dalam linglung. Saya sebagian menyadari apa yang terjadi di sekitar saya, tetapi saya tidak tahu apakah semuanya itu nyata atau tidak. Saya dapat merespons tetapi tanggapan saya mungkin tidak dapat diandalkan. Ketika saya akhirnya bangun, apa yang terjadi selama fase itu akan kosong. Saya pada dasarnya tidak akan mengingatnya.

Ini kondisi yang kejam dan mengerikan. Bayangkan tidak bisa memahami apa yang terjadi di sekitar Anda atau Anda, tidak dapat mengetahui apakah Anda bangun atau tidak, dan kemudian terjebak seperti itu. Saya telah melakukan pemindaian otak saat saya sehat dan sakit.

Ketika sehat, saya memiliki fungsi tingkat tinggi di otak saya dan semuanya benar benar normal. Tetapi scan yang sakit menunjukkan hasil yang sangat berbeda pada area otak yang mengontrol tidur. Itu membuktikan bahwa tidak ada kontrol atas KLS dan ini adalah penyakit yang nyata tetapi saya masih memastikan hidup saya penuh dengan makna, tujuan dan sukacita.

Saya selalu percaya bahwa jika Anda mengalami sesuatu yang sulit, cara terbaik untuk menemukan kebahagiaan adalah memusatkan energi Anda untuk membantu orang lain. Saya ingin memastikan orang lain tidak merasa begitu sendirian dan mendapatkan diagnosa lebih cepat. Saya juga mengumpulkan dana untuk penelitian, dan menjadi sukarelawan. Saya tidak bersama siapa pun saat ini tetapi berada dalam hubungan yang sehat, stabil, dan berkomitmen adalah tujuan saya.

Dalam hati saya percaya bahwa saya akan bertemu seseorang tetapi sebelum saya melakukannya, saya ingin bekerja pada penyembuhan batin. Sindrom Kleine Levin juga dikenal sebagai KLS adalah gangguan tidur yang langka. Ini ditandai dengan periode berulang tidur berlebihan (hingga 20 jam per hari), yang terjadi dalam episode.

Episode ini biasanya berlangsung selama beberapa hari atau minggu, tetapi dapat berlanjut selama berbulan bulan. Beberapa pasien hanya akan bangun untuk makan atau pergi ke kamar mandi. Selain tidur berlebihan, perilaku penderita KLS bisa berubah.

Menurut Yayasan Kleine Levin Syndrome, mereka sering terlihat "lalai" atau seperti anak kecil. Saat bangun, mereka mengalami kebingungan, disorientasi, lesu, dan kurang emosi. Sebagian besar pasien melaporkan bahwa segala sesuatu tampaknya tidak fokus, dan mereka hipersensitif terhadap kebisingan dan cahaya. Ketika mereka tidak mengalami episode, mereka tampak dalam kesehatan yang sempurna.

Namun, mereka mungkin tidak dapat mengingat semua yang terjadi selama episode. Gangguan ini terutama menyerang remaja, tetapi juga dapat terjadi pada anak anak kecil dan orang dewasa. Sekitar 70 persen dari mereka yang menderita sindrom Kleine Levin adalah laki laki.

Berita Terkait

Pemakaian Smartphone Berlebihan Bisa Memicu Kelainan Tulang Tengkorak

Artira Dian

30 Dokter Spesialis Gladi Bersih Jelang Operasi Pemisahan Bayi Kembar Siam di RSAB Harapan Kita

Artira Dian

dan Cara Pencegahan Penyebab Kenali Juga Gejala Cara Alami Mengatasi Anemia dengan Bahan Rumahan

Artira Dian

Dianggap Lebih Sehat dari Rokok Tembakau, Vape Tetap Berbahaya untuk Remaja, Orang Tua Wajib Waspada

Artira Dian

Ini 5 Perawatan Rumahan yang Ampuh Redakan Flu Dari Jahe hingga Bawang Putih

Artira Dian

Psikolog Jelaskan Penyebab Banyak Artis Jadi Pemakai & Pecandu Narkoba

Artira Dian

4 Mitos Meresahkan tentang Diabetes yang wajib Dibuang Jauh

Artira Dian

Cek Jantung hingga Sirkulasi Darah 5 Cara Mudah & Sederhana Mengetahui Kondisi Kesehatan Tubuh

Artira Dian

Turunkan Risiko Kanker Serviks dengan Gaya Hidup Sehat

Artira Dian

Jauhkan Si Kecil dari Virus Penyakit dengan Tips Jitu Ini!

Artira Dian

Lemak Menumpuk di Perut dan Pinggang? Ini 15 Cara Efektif Untuk Membakarnya!

Artira Dian

Kesalahan Informasi tentang Vape Hambat Penyelesaian Masalah Rokok

Artira Dian

Leave a Comment