Sport

Jadwal Turnamen BWF World Tour Pasca Kekalahan Ginting & The Daddies di Final Hong Kong Open 2019

Seusai kekalahan Anthony Sinisuka Ginting dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan di ajang Hong Kong Open 2019, kini tersisa tiga turnamen BWF World Tour yang akan digelar di tahun ini. Ajang terdekat adalah Korea Master 2019 yang akan dilaksanakan mulai tanggal 19 24 November 2019 di Gwangju Women University Stadium, Korea Selatan. Turnamen Korea Master 2019 merupakan pertandingan bergengsi bulutangkis yang memiliki series 300 sekaligus memperebutkan total hadiah 200.000 dollar Amerika.

Hanya saja, tim Indonesia tidak mengirimkan satu wakilpun dalam ajang Korea Master 2019. Hal ini dikarenakan mungkin Indonesia fokus untuk mengikuti perhelatan ajang SEA Games 2019, serta puncak BWF World Tour Final pada akhir tahun nanti. Setelah perhelatan Korea Masters 2019, dilanjutkan turnamen bertajuk Syed Modi International Badminton Championship yang akan digelar di India.

Turnamen yang memiliki series 300 tersebut akan dimulai tanggal 26 November hingga 1 Desember 2019. AjangSyed Modi International Badminton Championship akan memperebutkan total hadiah 150.000 dollar Amerika. Puncak dari BWF Tour Final 2019 akan dihelat mulai tanggal 11 15 Desember 2019 di Tiongkok.

Ajang BWF Tour Final 2019 kali ini akan memperebutkan total hadiah 1.500.000 dollar Amerika Keberhasilan Anthony Sinisuka Ginting menjadi finalis dalam ajang Hong Open 2019 membuat dirinya dipastikan akan berpartisipasi dalam ajang BWF Tour Final 2019. Selain Ginting, ada tujuh nama pebulutangkis Indonesia yang sudah lolos terlebih dahulu ke BWF World Tour Final 2019.

Ketujuh pebulutangkis tersebut antara lain Jonatan Christie, Praveen/Melati, Hafiz/Gloria, Ahsan/Hendra, Marcus/Kevin, dan Greysia/Apriyani. Pasangan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto gagal lolos setelah dua slot ganda putra telah diisi oleh The Minions dan The Daddies. Indonesia juga dipastikan tanpa ada satu wakil pun di sektor tunggal putri dalam ajang BWF World Tour 2019.

Perlu diketahui, BWF World Tour merupakan kejuaraan bulutangkis pada akhir tahun yang juga menjadi penutup dari rangkaian semua ajang BWF sepanjang tahun ini. Tak sembarang pemain dapat berpartisipasi dalam kejuaraan ini. Mereka harus masuk ke dalam peringkat delapan besar dalam ranking BWF untuk kategori Race to Guangzhou.

Tak hanya itu, kontestan tiap negara pun dibatasi maksimal hanya dua wakil saja untuk tiap sektor. Artinya, jika dalam ranking delapan besar terdapat tiga pemain dengan negara yang sama, maka posisi terbawah otomatis akan digugurkan. Sebagaimana, posisi Fajar/Alfian yang harus rela tergusur walaupun ia berada di zona delapan besar di klasemen BWF World Tour 2019 sektor ganda putra.

Dua wakil Indonesia yang akan berlaga di sektor ganda putra ajang BWF World Tour Final 2019 yakni Marcus Gideon/Kevin Sanjaya dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan. Pasangan Marcus/Kevin tampil cukup impresif sepanjang tahun ini dengan menjuarai berbagai gelar di beberapa turnamen bergengsi. Ganda putra yang kerap dijuluki Minions tersebut berhasil meraih beberapa gelar juara seperti Fuzhou China Open, French Open, Denmark Open, Indonesia Open, hingga Japan Open 2019.

Dengan performa menawan yang ditunjukkan oleh Marcus/Kevin tersebut mereka layak lolos ke ajang BWF World Tour 2019. Berdasarkan rilis rekap tabel klasemen dari akun @badminton_talk, sejauh ini Marcus/Kevin berada dipuncak klasemen dengan raihan 116.990 poin. Lalu, rekan senegaranya yakni Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan juga tampil cukup brilian sepanjang tahun ini.

Beberapa turnamen bergengsi berhasil mereka menangi sepanjang tahun ini. Kejuaraan Dunia dan All England 2019 menjadi dua turnamen besar yang bisa dijuarai oleh pasangan yang berjuluk The Daddies tersebut. Alhasil, pasangan Ahsan/Hendra berada di posisi kedua klasemen dengan koleksi 111.440 poin.

Satu satunya wakil tim Merah Putih sektor ganda putri yang dipastikan akan berpartisipasi di ajang BWF World Tour Final 2019 yakni Greysia Polii/Apriyani Rahayu. Hingga kini, pasangan yang menempati ranking 8 dunia tersebut berada diposisi keenam dengan koleksi 85.380 poin. Walaupun demikian, performa dari Greysia/Apriyani masih menjadi sorotan terkait penurunan yang cukup signifikan utamanya menjelang akhir tahun ini.

Sepanjang tahun ini, pasangan Greysia/Apriyani hanya mampu menyabet dua gelar yakni India Open dan Sudirman Cup 2019. Dalam beberapa turnamen terakhir yang ia ikuti, keduanya selalu terhenti di babak 16 besar maupun perempat final. Tentu hal tersebut menjadi evaluasi besar performa keduanya jelang melakoni pertandingan di ajang BWF World Tour Final 2019.

Dua wakil Indonesia di sektor ganda campuran dipastikan akan berlaga di ajang BWF World Tour Final 2019. Adapun dua wakil tersebut yakni Praveen Jordan/Melati Daeva dan Hafiz Faizal/Gloria Emmanuelle Widjaja. Pasangan Praveen Jordan/Melati Daeva yang menjuarai French Open dan Denmark Open bisa menjadi kejutan bagi lawan lawannya nanti.

Di tabel klasemen, pasangan Praveen/Melati kini menempati posisi ketiga dengan torehan 100.310 poin. Sedangkan, Hafiz/Gloria yang baru saja menjadi finalis Hong Kong Open 2019 menempati posisi ketujuh dengan raihan 91.230 poin. Satu satunya gelar juara yang mampu diraih oleh Hafiz/Gloria yakni menjuarai turnamen Sudirman Cup 2019.

Dua tunggal putra andalan Indonesia berhasil lolos ke ajang BWF World Tour Final 2019 di Tiongkok akhir tahun nanti. Adapun dua pebulutangkis yang dimaksud adalah Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting. Jonatan Christie menempati posisi lebih tinggi daripada Anthony Sinisuka Ginting tepatnya di posisi ketiga.

Pebulutangkis yang akrab disapa Jojo tersebut telah mengoleksi 94.440 poin. Peraih medali emas Asian Games 2018 tersebut berada dibawah Kento Momota dan Chou Tien Chen. Sedangkan, Ginting yang baru saja menjadi finalis Hong Kong Open berada diposisi keenam dengan torehan 83.710 poin.

Sepanjang tahun ini, Ginting berhasil menjadi final empat kali dan semifinalis dua kali. Indonesia juga dipastikan tanpa ada satu wakil pun di sektor tunggal putri dalam ajang BWF World Tour 2019. Setelah performa mengecewakan dari para pebulutangkis nomor tunggal putri sepanjang tahun ini.

Ganda Putra:Marcus Gideon/Kevin Sanjaya dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan Ganda Putri: Greysia Polii/Apriyani Rahayu Ganda Campuran: Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti dan Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja

Tunggal Putra: Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting Tunggal Putri: 19 24 November 2019: Korea Masters 2019 (Super 300)

26 November 1 Desember 2019: Syed Modi International 2019 (Super 300) 11 15 Desember 2019: BWF World Tour Finals 2019

Berita Terkait

Lee Chong Wei Pensiun Kabarnya Sampai ke Penjuru Dunia

Artira Dian

Update World Cyber Gaming 2019 Dota 2, Dua Tim China Maju ke Perempatfinal

Artira Dian

Jadwal Semifinal Malaysia Open 2019 Jonatan Christie Ditantang Chen Long

Artira Dian

Marc Marquez Sudah Kumpulkan Tujuh Kemenangan di Musim 2019

Artira Dian

Live Streaming Trans7 MotoGP Inggris 2019 di Sirkuit Silverstone, Akses di Sini!

Artira Dian

Pol Espragaro dan Johann Zarco Berusaha Lewati Tim Suzuki di MotoGP Americas 2019

Artira Dian

IGPL Mobile Legends Masuki 16 Besar: 8 Tim E Sport Pro Ikut Perebutkan Total Hadiah Rp 135 Juta

Artira Dian

Berita MotoGP Prancis, Vinales Posisi Pertama, Marc Marquez Kedua di FP 2

Artira Dian

Eko Yuli Ingin Sempurnakan Gelar di Kejuaraan Asia 2019

Artira Dian

Anthony Sinisuka Ginting Melenggang ke Babak Perempat Final Singapura Terbuka 2019

Artira Dian

Singgung Soal Valentino Rossi, Marc Marquez Bilang Bakal Ada Pebalap yang Lebih Cepat dari Dirinya

Artira Dian

Jorge Lorenzo Masih Ditunggu Honda

Artira Dian

Leave a Comment