Techno

Kaspersky Keluarkan Layanan Anti-Cheat untuk ‘Kebiri’ Gamers Curang

Cheater atau pemain curang dalam bermain game memanglah sangat mengganggu. Apalagi jika digunakan pada ajang kompetitif maupun game yang kompetitif. Di ranah esports, penggunaan cheat atau aplikasi pihak ketiga yang bertujuan untuk curang sangatlah dilarang.

Meskipun dilarang, tapi beberapa waktu lalu, pada ajang CS:GO, seorang pemain tertangkap basah saat menggunakan aplikasi terlarang tersebut. Melihat besarnya efek buruk yang ditimbulkan oleh cheater, firma keamanan siber Kaspersky menghadirkan sebuah layanan yang berbasis cloud bernama "Kaspersky Anti Cheat" untuk memberantas para pemain curang yang menggunakan program terlarang tersebut. “Permainan yang adil adalah hal yang sangat berharga bagi para gamer yang berusaha menunjukkan kelas dan keterampilan mereka," ujar Product Owner Kaspersky Anti Cheat, Anton Selikhov, dalam keterangan tertulis yang diterima , Selasa (17/9/2019).

Anton menambahkan, solusi dari Kaspersky tersebut akan memberikan kesempatan bagi penyelenggara turnamen untuk mempertahankan keseimbangan yang stabil dalam komunitas game. "Oleh karena itu solusi kami akan memberikan kesempatan bagi penyelenggara turnamen untuk mempertahankan keseimbangan yang stabil dalam komunitas game," imbuhnya. Layanan ini berfungsi untuk mendeteksi program terlarang yang digunakan oleh pemain curang saat bermain game online multiplayer.

Kaspersky Anti Cheat juga nantinya akan diintegrasikan ke dalam sistem turnamen esports atau game online. Perangkat Kaspersky Anti Cheat harus dipasang pada masing masing komputer pemain, agar server bisa melacak segala aktivitas pemain yang berhubungan dengan game online tersebut secara realtime. Hasil pendeteksian ini kemudian secara otomatis diberikan kepada pelanggan atau admin yang membeli layanan Kaspersky Anti Cheat dan bisa dipantau melalui antarmuka web.

Setelah itu, admin tersebut bisa melakukan tindakan secara terhadap orang yang terpantau berlaku curang. Meskipun akan memonitor keberadaan program cheat, software tersebut diklaim tidak akan mengganggu jalannya permainan. Dalam game tersebut, tidak akan terjadi lag.

Layanan Kaspersky Anti Cheat untuk sekarang masih berstatus beta, tapi sudah bisa dijajal oleh para pengembang game online dan penyelenggara turnamen esports.

Berita Terkait

Harga Terbaru dan Lengkap HP Samsung Bulan Agustus 2019, Galaxy A20 di Bawah 3 Jutaan!

Artira Dian

Lima Fakta Grab yang Menjadi Decacorn Pertama di Asia Tenggara

Artira Dian

Daftar Ponsel Xiaomi Mi dan Redmi yang Bisa Update MIUI Android Q di Akhir Tahun 2019

Artira Dian

Tokopedia Hadirkan Fitur Fast Refund Pertama di Indonesia untuk Layanan Tiket Pesawat

Artira Dian

XL Axiata Buka Pre-order Samsung Galaxy S10 Series, Mulai dari Rp 1

Artira Dian

Cara Membuat Huruf Tebal, Miring, di WhatsApp (WA) Tanpa Aplikasi

Artira Dian

Vivo V15, Smartphone Keluaran Terbaru Vivo Indonesia Akan Launching Dalam Waktu Dekat!

Artira Dian

Menkominfo Dukung Patroli Cyber Oleh Polisi di Grup WhatsApp

Artira Dian

Bukan dari Iklan, Terungkap Cara YouTuber Raup Pendapatan Besar, Indonesia Termasuk Paling Kecil

Artira Dian

WhatsApp Punya Pesaing Baru, Namanya MeshTalk, Kelebihannya Tak Harus Beli Pulsa

Artira Dian

Spesifikasi dan Harga Realme X, Rilis di Indonesia 25 Juli, Ini Keunggulannya Kamera Pop-up & OLED

Artira Dian

Prosesor dan Baterai Jadi Poin Utama Orang Indonesia Sebelum Beli Ponsel

Artira Dian

Leave a Comment