Metropolitan

Keponakan Surya Paloh Ini Dukung Penuh Wacana Anies Baswedan Akomodasi PKL Berjualan di Trotoar

Anggota DPRD DKI Fraksi Partai NasDem, Wibi Andrino mendukung penuh wacana Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang memberikan ruang untuk pedagang kaki lima (PKL) berjualan di trotoar. Wibi menilai fungsi trotoar bukan hanya diperuntukan bagi pejalan kaki saja. Tapi jika lebar trotoar itu cukup leluasa, maka boleh boleh saja PKL berdagang di atasnya.

"Ya NasDem juga berpikir bahwa trotoar itu multifungsi ya, tidak hanya digunakan untuk pejalan kaki," kata dia saat ditemui di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Senin (9/9/2019). Menurut Keponakan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh ini, meski mempersilakan, para PKL yang berdagang di trotoar harus diatur penempatan dan waktunya. Ia mencontohkan bila malam menjelang, ketika aktivitas publik tidak seramai pagi dan siang hari, PKL boleh menjajakan dagangannya di sana.

Sebab trotoar tidak harus eksklusif hanya untuk pejalan kaki saja. "Kita jangan berpikir sama antara pagi dengan malam. Malam itu trotoar bisa dong dipakai buat orang berdagang, apa masalahnya? Apakah harus eksklusif digunakan pejalan kaki saja? Tidak," tegasnya. Kata dia, semua fasilitas umum yang dikelola Pemda DKI semestinya membawa manfaat maksimal bagi warganya, termasuk PKL.

Lanjutnya, jangan sampai mereka yang tidak setuju terhadap wacana ini punya pikiran sempit bahwa trotoar semata eksklusif bagi pejalan kaki. "Jadi jangan stagnan pada satu pemikiran saja," ungkapnya. Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan bakal mengakomodasi PKL berjualan di atas trotoar.

Anies menyebut, kebijakannya ini merujuk pada Peraturan Menteri PUPR Nomor 3 Tahun 2014 tentang Pedoman Perencanaan Penyediaan dan Pemanfaatan Prasarana dan Sarana Jaringan Pejalan Kaki di Kawasan Perkotaan. "Kemudian, atas dasar itu, ini dasarnya adalah Undang Undang Nomor 26 Tahun 2007. Kesimpulannya, PKL diperbolehkan berada di trotoar selama mengikuti pengaturan Permen PUPR. Nah, ini yang kemudian menjadi rujukan bagi kita," kata Anies Baswedan. Bukan cuma itu, pemberdayaan PKL berjualan di atas trotoar juga diatur dalam ketentuan pada Undang Undang Nomor 20 Tahun 2008 tentang UMKM, Pasal 7 Ayat 1. Peraturan Presiden Nomor 125 Tahun 2012, Permendagri Nomor 41 Tahun 2012, serta Peraturan Gubernur Nomor 10 Tahun 2015 tentang Penataan dan Pemberdayaan PKL.

"Banyak dasar hukumnya" sebut dia.

Berita Terkait

Ini Dalih yang Paling Banyak Dipakai oleh Pelanggar Ganjil Genap

Artira Dian

Diperiksa Polisi Driver Ojek Online Kaget Isinya Narkoba Dapat Order Antar Kaleng Cat menuju Rutan

Artira Dian

Kopilot Wings Air yang Tewas Gantung Diri Dikenal Santun & Rajin Di Mata Para Tetangga

Artira Dian

Polda Metro Akan Dapat Hibah 45 CCTV Tilang Elektronik Dari Pemprov DKI buat Awasi Jalur Sepeda

Artira Dian

Depok & Bekasi Lebih Buruk Lagi Terpantau Kualitas Udara di Jakarta Jauh dari Sehat

Artira Dian

Massa Bentangkan Spanduk Tutup Separuh Jalan Medan Merdeka Selatan Tolak Djakarta Warehouse Project

Artira Dian

Remaja di Depok Ini Disabet Senjata Tajam Usai Adu Mulut dengan Lawannya

Artira Dian

Seorang ART di Jakarta Barat Aniaya Anak Majikan Karena Susah Diatur

Artira Dian

Sandiaga Diisukan Kembali Jadi Wagub DKI, PSI: Sandiwara Kekuasaan yang Menarik

Artira Dian

Naik LRT Cukup Bayar Pakai Jak Card & Jak Lingko Resmi Beroperasi Per 1 Desember

Artira Dian

Siap-siap Diganjar Tilang Elektronik Tak Juga Tertib Berlalu Lintas di Lokasi Ini

Artira Dian

Cerita Seorang Ayah ‘Membelah’ Pemukiman di Jaksel Jajakan Mainan Sambil Boncengi Anaknya

Artira Dian

Leave a Comment