Metropolitan

Keponakan Surya Paloh Ini Dukung Penuh Wacana Anies Baswedan Akomodasi PKL Berjualan di Trotoar

Anggota DPRD DKI Fraksi Partai NasDem, Wibi Andrino mendukung penuh wacana Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang memberikan ruang untuk pedagang kaki lima (PKL) berjualan di trotoar. Wibi menilai fungsi trotoar bukan hanya diperuntukan bagi pejalan kaki saja. Tapi jika lebar trotoar itu cukup leluasa, maka boleh boleh saja PKL berdagang di atasnya.

"Ya NasDem juga berpikir bahwa trotoar itu multifungsi ya, tidak hanya digunakan untuk pejalan kaki," kata dia saat ditemui di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Senin (9/9/2019). Menurut Keponakan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh ini, meski mempersilakan, para PKL yang berdagang di trotoar harus diatur penempatan dan waktunya. Ia mencontohkan bila malam menjelang, ketika aktivitas publik tidak seramai pagi dan siang hari, PKL boleh menjajakan dagangannya di sana.

Sebab trotoar tidak harus eksklusif hanya untuk pejalan kaki saja. "Kita jangan berpikir sama antara pagi dengan malam. Malam itu trotoar bisa dong dipakai buat orang berdagang, apa masalahnya? Apakah harus eksklusif digunakan pejalan kaki saja? Tidak," tegasnya. Kata dia, semua fasilitas umum yang dikelola Pemda DKI semestinya membawa manfaat maksimal bagi warganya, termasuk PKL.

Lanjutnya, jangan sampai mereka yang tidak setuju terhadap wacana ini punya pikiran sempit bahwa trotoar semata eksklusif bagi pejalan kaki. "Jadi jangan stagnan pada satu pemikiran saja," ungkapnya. Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan bakal mengakomodasi PKL berjualan di atas trotoar.

Anies menyebut, kebijakannya ini merujuk pada Peraturan Menteri PUPR Nomor 3 Tahun 2014 tentang Pedoman Perencanaan Penyediaan dan Pemanfaatan Prasarana dan Sarana Jaringan Pejalan Kaki di Kawasan Perkotaan. "Kemudian, atas dasar itu, ini dasarnya adalah Undang Undang Nomor 26 Tahun 2007. Kesimpulannya, PKL diperbolehkan berada di trotoar selama mengikuti pengaturan Permen PUPR. Nah, ini yang kemudian menjadi rujukan bagi kita," kata Anies Baswedan. Bukan cuma itu, pemberdayaan PKL berjualan di atas trotoar juga diatur dalam ketentuan pada Undang Undang Nomor 20 Tahun 2008 tentang UMKM, Pasal 7 Ayat 1. Peraturan Presiden Nomor 125 Tahun 2012, Permendagri Nomor 41 Tahun 2012, serta Peraturan Gubernur Nomor 10 Tahun 2015 tentang Penataan dan Pemberdayaan PKL.

"Banyak dasar hukumnya" sebut dia.

Berita Terkait

TERPOPULER: Fakta di Balik Kisah Viral Pria Gendong Jenazah karena Ditolak Pakai Ambulans

Artira Dian

Peraturan Tentang Pengurus Perhimpunan Pemilik dan Penghuni Satuan Rumah Susun Perlu Dikaji Ulang

Artira Dian

Sandiaga Diisukan Kembali Jadi Wagub DKI, PSI: Sandiwara Kekuasaan yang Menarik

Artira Dian

Anies Sudah Siapkan Sanksi untuk 185 ASN yang Absen Hari Pertama Kerja Usai Libur Lebaran

Artira Dian

SMA Fons Vitae 1 Juara Lomba Band dan Tari di Universitas Atma Jaya Jakarta

Artira Dian

Maling Motor Ini Ketahuan Korbannya Setelah Jual Hasil Kejahatannya di Facebook

Artira Dian

Polisi Rekayasa Lalu Lintas di Sekitar Bundaran HI Saat Festival Muharram

Artira Dian

Kasus Penyerangan Kafe Tempat Suporter PSM Nobar, Delapan Orang Ditetapkan Tersangka

Artira Dian

Bungkam, Abah Grandong Pemakan Kucing Akhirnya Menyerahkan Diri ke Polisi

Artira Dian

Bus TransJakarta dari Halte Summarecon Bekasi ke Tosari dan Tanjung Priok Gratis Setiap Senin

Artira Dian

Rumah Lokasi Pembunuhan Sadis di Pulomas Sudah Terjual Tetapi Belum Ditempati

Artira Dian

Anies Sebut Proyek LRT Sumbat Saluran Air hingga Sebabkan Banjir

Artira Dian

Leave a Comment