Internasional

Kisah Mereka yang Pernah Dihukum Kebiri, Psikolog Ungkap Efek Pelaku seusai Bebas: Ada Kebencian

Hukuman kebiri kimia tengah santer dibicarakan seusai Pengadilan Negeri (PN) Mojokerto memvonis pelaku pemerkosaan yaitu Muh Aris (20) untuk dihukum kebiri. Aris, seorang tukang las asal Dusun Mengelo, Desa Sooko, Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, disebutkan telah melakukan pencabulan pada 9 balita. Ia melakukan aksinya sejak tahun 2015 dan baru diringkus polisi pada 26 Oktober 2018.

Sedangkan hukuman kebiri untuk pelaku pedofil ini pertama kalinya di Indonesia. Menelisik hukuman kebiri di luar negeri, ternyata hukuman serupa juga pernah dilakukan di Inggris danKazakhstan. Saat itu, homoseksual di Inggris disebut pelanggaran.

Sehingga Turing diberi hukuman kebiri kimia dan selama 12 bulan terapi atau penjara. Setelah ia dibebaskan, dengan catatan kriminal, dia tidak akan pernah lagi dapat bekerja untuk Kantor Pusat Komunikasi Pemerintah (GCHQ), pusat pemecah kode pemerintah pasca perang Inggris. Turing pun melanjutkan sisa kariernya yang singkat di Manchester.

Hingga tak sampai dua tahun semenjak bebas dari penjara, Turing ditemukan tewas di tempat tidurnya dengan diagnosa racun sianida. Vonis resmi adalah bunuh diri, tetapi tidak ada motif yang ditetapkan pada pemeriksaan tahun 1954. Kematiannya sering dikaitkan dengan hukuman kebiri kimia yang diterimanya.

Namun dia meninggal lebih dari setahun setelah dosis hormon berakhir. Dan tidak ada bukti sama sekali yang menunjukkan bahwa Turing bunuh diri karena hasrat atau pikirannya terganggu. Sehingga diagnosa Turing stres atau depresi karena hukuman kebiri kimia dibantah.

Pada awal abad ke 21 penuntutan Turing karena gay menjadi ramai dibahas. Hingga tahun 2009 Perdana Menteri Inggris Gordon Brown, berbicara atas nama pemerintah Inggris, secara terbuka meminta maaf atas hukuman kebiri kimia kepada Turing. Empat tahun kemudian Ratu Elizabeth II memberikan Turing pengampunan kerajaan.

Ia lalu dikurung selama 15 tahun di sebuah penjara yang terkenal dengan rezim ketatnya. Yerkinbek Alimbekov saat melakukan kejahatan memancing korban dengan menunjukkan anak anjing dan membawanya ke halaman. Di situ ia melakukan kejahatan seksualnya.

Saat berusaha memperkosa korban, seorang mahasiswi mendengar dan memanggil polisi. Yerkinbek Alimbekov dihukum suntik kebiri, dengan memasukkan cairan Cyproterone, anti androgen steroid yang dikembangkan untuk melawan kanker, untuk digunakan untuk pengebirian kimia pedofil. Ahli Urologi Dr Mirzakhmet Zhanadilov mengatakan obat tersebut menyebabkan penurunan libido.

Namun, ia memperingatkan bahwa itu tidak akan menghasilkan efek yang sama pada mereka yang disuntik. Ia menjelaskan bahwa mungkin untuk orang lain tidak memberikan pengaruh. “Bagi mereka, kita tidak hanya menggunakan obat tetapi juga mengontrol testosteron," paparnya.

Tetapi psikolog Gulnara Aytnzhanova memperingatkan pengebirian bahan kimia akan menyebabkan pedofil mengeluarkan kemarahan mereka menggunakan kekerasan. "Akan ada kebencian, kebencian terhadap masyarakat, kebencian (terhadap) orang lain," ujar Gulnara Aytnzhanova.

Berita Terkait

Meghan Markle Melahirkan, Berikut Potret Lucu Para Cucu Pangeran Charles

Artira Dian

Ngaku Lembur Ternyata Nonton dengan Wanita Lain Suami Ketahuan Selingkuh Viral Istri Idap Kanker

Artira Dian

Remaja Obesitas Selalu Rasakan Haus hingga Alami Sekarat, Dokter Terkejut Saat Ketahui Penyebabnya

Artira Dian

TKI Pilih Bertahan Banyak Mahasiswa Indonesia Pulang Situasi Hong Kong Masih Mencekam

Artira Dian

Pria Pengangguran Ini Paksa Istri Jadi PSK, Dalam Dua Bulan Layani 138 Pria

Artira Dian

Selena Gomez Ungkap Dirinya Akan Menikah dengan Bill Murray, Aktor Berusia 68 Tahun

Artira Dian

Pacari 200 Pria & Punya Anak Padahal Sudah Menikah Curhatan 3 Wanita ‘Belum Pernah Jatuh Cinta’

Artira Dian

Virus Monkeypox atau Cacar Monyet Muncul di Singapura untuk Pertama Kalinya, Kemenkes Mengkonfirmasi

Artira Dian

Korban Bom Atom di Kepulauan Marshall Jepang Minta Paus Fransiskus Imbau Dunia Bebas Nuklir

Artira Dian

Uangnya buat Bayar Vlogger Wanita Viral Ayah Tega Jual Anak Sendiri Seharga Rp 160 Juta

Artira Dian

VIRAL HARI INI Usus Besar Gadis Ini Dipenuhi Kotoran Hingga Tak Ada Sela Gara Gara Nggak Makan Sayur

Artira Dian

Shodoka Terbaik Jepang Akan Perkenalkan Kaligrafi dari Negeri Sakura ke Indonesia

Artira Dian

Leave a Comment