Seleb

Kondisi Disebut Mirip dengan Ria Irawan Keluarga Ungkap Kronologi Meninggalnya Ade Irawan

Ade Irawan tutup usia, pihak keluarga ungkap kronologi meninggalnya, kondisinya disebut mirip dengan Ria Irawan. Dunia film Indonesia tengah dirundung duka. Aktris senior Ade Irawan dikabarkan meninggal dunia pada 17 Januari 2020.

Kabar meninggalnyaAde Irawanpertama kali diketahui melalui unggahan penyanyiMelly Goeslaw di Instagram. "Innalillahi wainailaihi rojiun. Selamat jalan tante Ade Irawan.

Bahagia berkumpul kembali dengan Ria di Surga Allah SWT. Alfatihah buat tante dan Ria… Kak @dewiirawan13 yg tabah ya kak," tulis Melly Goeslaw. Ibunda mendiang Ria Irawan itu menghembuskan napas terakhir di Rumah Sakit Umum Pusat Fatmawati, Jakarta Selatan.

Kepergian Ade sendiri diketahui hanya berselang 11 hari dari meninggalnya Ria Irawan. Pihak keluarga mengungkapkan bahwa jenazah Ade Irawan akan dimakamkan besok pada 18 Januari 2020. Sementara itu, putra Ade Irawan, Adi Bambang Irawan mengungkapkan kronologi meninggalnya sang ibu.

Adi membeberkan bahwa ibunya dilarikan ke rumah sakit sejak 2 hari yang lalu. "Awalnya ibu saya masuk rumah sakit dua hari yang lalu karena sesak nafas, itu kejadiannya 2.20 pagi," kata Adi seperti dikutip dari video yang diunggah di kanal Youtube beepdo pada 17 Januari 2020. Sang adik yang mengetahui kondisi ibunya langsung melarikan ke rumah sakit agar mendapatkan perawatan medis.

Namun, saat ditangani pihak rumah sakit, kondisi Ade disebut semakin memburuk. "Adik saya yang tahu langsung memberangkatkan beliau ke rumah sakit. Tadi setelah ditangani rumah sakit, udah ada gejala lebih drop lagi dan meninggal dunia pada pukul 14.22," katanya.

Di kesempatan itu, Adi juga mengungkapkan riwayat penyakit yang diderita mendiang ibu. Ia bahkan menyebut paru paru ibunya mirip dengan kondisi paru paru Ria sebelum meninggal. "Emang penyakit tua, komplikasi," tuturnya.

"Jantungnya pernah dioperasi, terus terakhir paru paru udah kerendam sama kejadiannya kaya Ria juga," pungkasnya. Kabar duka datang dari dunia film Tanah Air. Aktris seniorAde Irawanmeninggal dunia saat dalam perawatan di RS Fatmawati, Jakarta Selatan, Jumat ini (17/1/2020).

Ade Irawan mengembuskan napas terakhir pada pukul 14.22 WIB. Kabar ini dibenarkan oleh anaknya Dewi Irawan yang juga seorang aktris. "Iya benar (Ade Irawan meninggal dunia)," ungkap Dewi kepada via pesan Whatsapp, Jumat.

Banyak fakta menarik tentang sosok ibunda dari aktris yang juga baru saja meninggal, Ria Irawan ini. Penasaran apa saja? Berikut ini 5 faktaAde Irawan yang sudah bermain di lebih dari 100 film.

Ade Irawan memiliki nama asliArzia Dahar. Ia lahir diJakarta pada 5 April1935. Ade meninggal di umur 84 tahun di Jakarta,17 Januari2020pada.

Dikutip dari Wikipedia,Ade Irawan terjun ke dunia seni peran pada 1964. Saat itu, ia berperan sebagai pemain figuran untuk film Diambang Fadjar. Film tersebut merupakan produksi Agora pimpinan Bambang Irawan, suaminya.

Karier Ade semakin menanjak setelah mendapatkan peran utama dalam sebuah film. Ade saat itu membintangi film Tjinta Di Udjung pada 1965. Selain bermain film, Ade juga aktif di belakang layar sebagai penulis skenario.

Ade juga aktif di layar kacadengan bermain sinetron, satu diantaranya berjudulTakdir Ilahi. Wanita berdarahMinangini adalahistridari Bambang Irawan,aktordansutradaraIndonesia. Pasangan ini dikaruniai lima anak.

Tiga dari lima anak mereka,Bambang Widya Permadi Irawan,Dewi Irawan, danRia Irawanmengikuti jejak mereka di dunia film. Ade Irawan telah bermain di lebih dari 100 film selama hidupnya. Dimulai dari figuran untuk film Diambang Fadjar pada tahun 1964.

Mendapat peran utama dalam filmTjinta Di Udjung Tahunpada tahun 1965. Ade Irawan juga bermain di film film ikonik termasuk Rhoma Irama Berkelana I (1978) hingga Penumpasan Pengkhianatan G 30 S PKI (1982). Ia terakhir kali bermain film pada tahun 2016 lalu dalam judulDreams.

Puluhan tahun berkecimpung di dunia perfilman membuat nama Ade Irawanbegitu dihormati. Tak heran jika dirinya kerap mendapatkan penghargaan sebagai sosok terhormat di dunia perfilman. Ade menerima penghargaan Kesetiaan Profesi dari Dewan Film Nasional pada 1993.

Dalam beberapa tahun terakhir, ia juga mendapatkan penghargaan serupa sepertiPiala Maya untuk Penghargaan Kesetiaan Profesi (2014), Festival Film Bandung untuk Lifetime Achievement (2018) dan yang terakhirPenghargaan Khusus Piala Citra untuk Pengabdian Seumur Hidup (2019).

Berita Terkait

Konser Piano Tunggal Ananda Sukarlan: Dari Jokowi PSI Hingga Broadway

Artira Dian

Begini Cara Kesha Ratuliu Sembuhkan Diri dari Trauma Kekerasan Mantan Pacar

Artira Dian

Tiga Setia Gara Ungkap Cerita Sebenarnya soal Nikita Mirzani yang Bayar Tiket Pesawat ke Indonesia

Artira Dian

Ini Video Prank Jahili Orangtua Bikin Ibunda Antonio Blanco Menjerit Panik, Natasha Wilona Menyesal

Artira Dian

Ahmad Dhani Akan Lakukan Sederet Kegiatan Segera Bebas Akhir Tahun Nanti Politik atau Bermusik

Artira Dian

Nia Ramadhani Ternyata Pernah Hidup Susah & Makan Nasi Pakai Garam Punya Suami Bergelimang Harta

Artira Dian

Sule Bela Eks Mertua Gandeng 10 Pengacara Teddy Ribut dengan Keluarga Lina Jubaedah soal Warisan

Artira Dian

VIDEO Barbie Kumalasari Istri Galih Ginanjar Buktikan Jago Bahasa Inggris ke Boy William, Lihat!

Artira Dian

Aktor Drama Korea Kang Ji Hwan Ditangkap Kasus Pelecehan Seksual, Foto Asusilanya Kembali Tersorot

Artira Dian

Peluncuran Aplikasi MUSIKBAGUS Sebagai Ekosistem Digital Musik Platform

Artira Dian

Babe Cabita Sindir Angela Gilsha yang Emosi karena Terganggu Tangisan Bayi di Pesawat

Artira Dian

Bernuansa Jawa Sosok Ksatria Cerdas & Berani Putra Ahok BTP Diberi Nama Yosafat Abimanyu Purnama

Artira Dian

Leave a Comment