Sport

Marcus Gideon/Kevin Sanjaya capai Gelar Juara Bertahan sekaligus Gelar ke-8 Fuzhou China Open 2019

Pasangan ganda putra Indonesia Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, kembali meraih gelar bertahannya di Fuzhou China Open 2019. Dengan laga bertempo 33 menit, Marcus/Kevin pun menyudahi laga final dengan dua game langsung dengan skor 21 17, 21 9. Melawan Takeshi Kamura/Keigo Sonoda, Marcus/Kevin berhasil merebut gelar ke 8 sepanjang tahun 2019.

Di awal laga, Marcus/Kevin sempat kewalahan meladeni adu drive cepat dari pasangan unggulan keempat tersebut. Namun, Marcus/Kevin terus berhasil mengejar ketertinggalan. Baru saja di awal babak, Kevin Sanjaya kehilangan satu poin lantaran senar raketnya terputus, sehingga bukannya mengembalikan, bola justru menempel di sela sela raketnya.

Kejar mengejar poin terus terjadi di game pertama. Pola permainan yang cepat membuat kedua pasangan ini silih berganti mendapat angka. Sempat unggul dua angka, pasangan Jepang pun menyusul kedudukan hingga 9 sama.

Interval game pertama pun direbut Marcus/Kevin dengan skor 11 9. Pasangan berjuluk The Minions ini pun memperlebar jarak dengan poin 13 9. Game pertama pun direbut oleh Marcus/Kevin dengan skor 21 17.

Di game kedua, Kamura/Sonoda sempat unggul 0 3. Namun, The Minions terus mengejar ketertinggalan hingga poin 7 8. Sergapan Kevin di depan net sukses membuat mereka merebut keunggulan 9 8.

Lagi lagi interval di game kedua diperoleh The Minions dengan skor 11 8. Setelah jeda interval, Marcus/Kevin kembali memperlebar jarak hingga 8 poin dari pasangan Jepang dengan skor 16 8. Semakin tampil percaya diri, poin demi poin diraih dengan mudah.

Sayangnya, perolehan angka pun terputus lantaran pengembalian bola Kevin yang tersangkut di net. Namun, itu pun tak berlangsung lama dan The Minions kembali memperoleh angka, 19 9. Kemenangan pun diraih Marcus/Kevin dengan skor 21 9.

Usai menjuarai China Open 2019, bakal ada satu lagi turnamen yang diikuti Marcus/Kevin, yakni Hong Kong Open 2019. Berikut hasil drawing dan preview laga pemain Indonesia di turnamen Hong KongOpen 2019, drawing akan disajikan di bagian bawah berita. Hong Kong Open 2019 merupakan rangkaian turnamen BWF World Tour yang akan digelar pada 12 17 November 2019.

Turnamen yang memiliki level Super 500 ini akan digelar di Hong Kong Coliseum, Kowloon, Hong Kong. Hong Kong Open 2019 ini menjadi turnamen terakhir bagi skuat Indonesia lantaran tak mengikuti dua turnamen terakhir sebelum BWF World Tour Finals pertengahan Desember mendatang. PBSI menarik semua wakilnya dari ajang Korea Masters 2019 dan tidak mengirimkan satu pun wakil di turnamen Super 300, Syed Modi International Badminton Championships 2019.

Alasan mundurnya seluruh skuat Indonesia ini pun dibeberkan oleh Pengurus PBSI bagian Subid Hubungan Luar Negeri, Bambang Roediyanto. Dalam akun Twitter pribadinya, @RudyRoedyanto menyebutkan, bentrokan jadwal dengan Kejuaraan Nasional PBSI 2019 yang membuat skuat Indonesia mundur dari dua turnamen penutup tahun tersebut. Tak hanya itu, pelatnas juga disiapkan untuk ajang SEA Games yang bakal digelar di Filipina pada 30 November 11 Desember.

"Memang benar, pemain pelatnas mundur dr Korea Masters dan India Super 300… Ada Kejurnas plus Seagames," cuit Koh Rudy. Setidaknya tercatat 21 nama wakil Indonesia yang akan berlaga berdasarkan pengumuman dari akun Instagram resmi milik Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI), @badminton.ina pada Kamis, (3/10/2019). Namun, saat drawing dirilis pada Rabu (23/10/2019) hanya tersisa 13 wakil yang akan berjuang di Hong Kong.

Pada Hong Kong Open Super 500 tahun lalu, tiga ganda putra dan satu ganda putri andalan Indonesia mendominasi podium Hong Kong Coliseum, Kowloon, Hong Kong. All Indonesian Semifinal antara Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan dimenangkan oleh Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo. Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto pun harus terhenti karena dijegal pasangan Jepang, Takeshi Kamura/Keigo Sonoda.

Beruntung Marcus/Kevin berhasil merebut medali emas di turnamen ini lantaran mengalahkan Kamura/Sonoda di babak final. Sementara, pada sektor ganda putri, Greysia Polii/Apriyani Rahayu terhenti di babak semifinal. Greysia/Apriyani kalah dari unggulan pertama, Yuki Fukushima/Sayaka Hirota.

Tahun ini, Indonesia menurunkan 13 wakilnya untuk berjuang merebut gelar Hong Kong Open 2019 Super 500. Kekuatan penuh sengaja dikirimkan untuk meraih poin dan gelar yang bisa menentukan langkah ke BWF Tour Finals Desember mendatang. PBSI kembali mengirimkan empat tunggal putra, dua di antaranya pemain unggulan.

Tak hanya itu, tunggal putra juga menambah peluang dengan adanya Shesar Hiren Rhustavito. Yang mengejutkan, Indonesia tidak mengirimkan satupun wakil tunggal putri. Bahkan Gregoria Mariska Tunjung dan Fitriani mundur dari Hong Kong Open 2019.

Tak hanya pasangan unggulan Greysia Polii/Apriyani Rahayu, akan adaDella Destiara Haris/Rizki Amelia Pradipta. Sementara, ganda campuran mengirimkan formasi biasanya, yakni dua unggulan dan diperkuat oleh Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari dan Tontowi Ahmad/Winny Oktavina Kandow. Terakhir sektor terkuat, ganda putra kembali menggelontorkan empat pemain andalannya.

Usai menuai hasil positif dan meraih tiga medali dari sektor ini, akankah Marcus/Kevin cs bisa mengulangi dominasi podium di Hong Kong Open 2019 Super 500? Posisi Jonatan Christie terbilang aman lantaran tinggal menanti pemenang di babak kualifikasi 1. Jika menang, di babak kedua Jonatan bakal berhadapan dengan pemenang laga antara Prannoy H.S dan Huang Yu Xiang.

Sementara, Anthony Sinisuka Ginting akan melawan wakil tuan rumah, Ng Ka Long Angus. Dari sepuluh laga, Ginting tercatat hanya pernah menang tiga kali melawan Angus. Di pertemuan terakhirnya, Ginting kalah di babak pertama China Open 2019 Super 750 dengan dua game langsung.

Laga babak pertama Hong Kong Open 2019 ini akan menjadi pertemuan kedua bagi Rhustavito dan Chen Long. Sebelumnya, mereka bertemu di babak perempat French Open 2019 yang dimenangkan oleh Chen Long dalam straight game 6 21, 13 21. Ganda putra nomor satu dunia, Marcus/Kevin bakal berhadapan dengan pasangan Taiwan, Lu Ching Yao/Yang Po Han.

Tercatat pasangan berjuluk The Minions ini memegang dua kemenangan atas Ching Yao/Po Han. Terakhir, keduanya berhadapan di babak semifinal Denmark Open 2019 dan dimenangkan oleh Marcus/Kevin dalam dua game langsung. Sementara, posisi cukup aman berpihak kepada Hendra/Ahsan.

Pasangan unggulan kedua ini akan berhadapan dengan pemenang di babak kualifikasi 3. Sebagai pasangan unggulan kelima, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto akan melawan pasangan Taiwan, Lee Yang/Wang Chi Lin. Dalam rekam jejaknya, pertemuan kali ini akan menjadi laga ketiga dan Fajar/Rian telah mengantongi dua kemenangan.

Terakhir, pasangan Wahyu/Ade akan berhadapan dengan wakil Korea Selatan, Ko Sung Hyun/Shin Baek Cheol. Laga babak pertama Hong Kong Open 2019 ini menjadi pertemuan keempat bagi keduanya. Meski sudah kalah 1 2, Wahyu/Ade masih berpeluang menyamakan kedudukan kemenangan turnamen Super 500 ini.

Greysia Polii/Apriyani Rahayu bakal bertemu dengann Chang Ye Na/Kim Hye Rin di babak pertama Hong Kong Open 2019. Sayangnya, di pertemuan terakhir pada Denmark Open 2019, pasangan unggulan keenam ini kalah. Kedudukan kemenangan diraih pasangan Korea Selatan dengan 0 2.

Della/Rizky bakal menghadapi wakil Jepang, Ayako Sakuramoto/Yukiko Takahata. Meski dari segi ranking pasangan Jepang ini dua peringkat di bawah Della/Rizky, tapi pasangan ranking 15 ini belum pernah menang sekalipun dari dua laga sebelumnya. Praveen/Melati mendapatkan undian dengan posisi yang aman lantaran kampiun Denmark Open ini akan menghadapi pemenang kualifikasi 3.

Sementara, PR berat harus dihadapi Hafiz/Gloria yang sudah ditodong pemain tangguh, Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong. Dari lima pertemuan sebelumnya, Hafiz/Gloria hanya mampu merebut satu kemenangan di Jepang Open 2019. Tontowi/Winny bakal menantang pasangan Jepang, Takuro Hoki/Wakana Nagahara.

Pertemuan ini bakal menjadi laga kedua bagi Tontowi/Winny dan Hoki/Nagahara. Pertemuan perdananya terjadi di Denmark Open 2019 yang dimenangakan Hoki/Nagahara lewat rubber game. Terakhir, pasangan Rinov/Pitha bakal melawan pasangan unggulan keenam, Goh Liu Ying/Chan Peng Soon.

Laga ini akan menjadi pertemuan kedua setelah sebelumnya, pasangan asal Malaysia tersebut berhasil merebut kemenangan lewat laga rubber set.

Berita Terkait

Jakarta International 10K Diikuti 16 Ribu Peserta

Artira Dian

Soal Isu Reshuffle Kabinet, Menpora: Tidak lah, Saya Kerja Saja

Artira Dian

Anthony Sinisuka Ginting Melenggang ke Babak Perempat Final Singapura Terbuka 2019

Artira Dian

One Pride: Hafid Nur Maradi Hadapi Saudara Seperguruannya Novian Hartanto di Kelas Bulu

Artira Dian

Hasil MotoGP Srikuit Losail Qatar, Andrea Dovizioso Juara, Valentino Rossi di Posisi 5

Artira Dian

Naomi Osaka Putuskan Mundur dari Turnamen WTA Finals 2019 di Shenzhen China

Artira Dian

Pusjas Permildas Memperkenalkan dan Mengadakan Pelatihan Singkat Panahan Kepada Anggota

Artira Dian

Robert Kubica Mempersiapkan Dirinya di Seri Pembuka Formula 1 2019

Artira Dian

Langsung dari TVRI Jojo & Minions Main Jam 15.00 Link Live Streaming Semifinal French Open 2019

Artira Dian

VIDEO: Latihan Bebas Pertama MotoGP Argentina 2019, Dua Pembalap Jatuh, Marquez Terdepan

Artira Dian

SEDANG BERLANGSUNG MotoGP Amerika 2019 Live Streaming Trans7, Tonton di HP

Artira Dian

Stadion Akuatik Senayan Diakui Dunia Internasional kata Harlin Rahardjo

Artira Dian

Leave a Comment