Internasional

Memasuki Putaran Kedua Pilpres Ukraina, Petro Poroshenko Serang Volodymir Zelenskiy

Jelang Pemilihan Presiden (Pilpres) putaran kedua, Presiden Ukraina Petro Poroshenko menyebut penantangnya, Komedian Volodymyr Zelenskiy sebagai 'boneka oligarki'. Dalam sebuah postingan di laman Facebooknya pada Senin kemarin, Petro Poroshenko mengaitkan keberhasilan Zelenskiy dalam Pilpres putaran pertama yang digelar 31 Maret lalu sebagai bentuk mahakarya 'agen Kremlin' dan oligarki Ihor Kolomoisky. Perlu diketahui, Kolomoisky merupakan pemilik saluran televisi yang menayangkan serial komedi situasi yang dibintangi Volodymyr Zelenskiy berjudul 'Servant of the People'.

"Saya memulai perjuangan untuk menang di putaran kedua," kata Poroshenko. Dikutip dari laman Al Jazeera, Selasa (2/4/2019), menurut penghitungan suara resmi yang diumumkan oleh Komisi Pemilihan Umum Ukraina (CEC), Volodymyr Zelenskiy memperoleh sekitar 30 persen suara, sementara Poroshenko hanya sekitar 16 persen, sedangkan total jumlah pemilih di atas 63 persen. Pilpres putaran kedua rencananya akan digelar pada 21 April mendatang.

Di media sosial, banyak warga Ukraina yang mengekspresikan reaksi mereka terkait hasil Pemilu dan menyalahkan Petro Poroshenko atas perolehan suara yang buruk pada putaran pertama. Sementara itu, Aktivis Maidan Yury Kasyanov menuliskan ungkapan satire nya dalam laman Facebook miliknya. "Selama lima tahun masa kepresidenannya, (Poroshenko) melakukan segala yang mungkin dan tidak mungkin, melakukan yang terbaik, bekerja sampai pada titik menjijikkan, sehingga rakyat akan memilih siapa pun namun tidak untuk politisi,".

Kasyanov menuding Petro Poroshenko telah menghancurkan prestasi Maidan yang merupakan protes anti pemerintah yang membawa Poroshenko pada kekuasaan. "Dia lah yang membangun sistem korupsi yang belum pernah terjadi sebelumnya, yang menghasilkan darah,". Berbeda dengan pendapat Kasyanov, bagi banyak pendukungnya, Poroshenko tampaknya menjadi satu satunya penjamin keamanan di negara itu.

Termasuk bagi lelaki Ukraina berusia 34 tahun, Evgeniy Podroiko. "Tentu saja saya tidak bisa menyebut Petro Poroshenko sebagai kandidat yang ideal, namun jika kita ingin menyelamatkan dan menjamin kedaulatan negara kita, maka pilihannya jelas (menguntungkannya)," ujarnya.

Berita Terkait

‘Kami akan Mencari Keadilan’ PM Kanada Iran Tembak Pesawat Boeing 737 Justin Trudeau

Artira Dian

Perekonomian Jepang Diperkirakan Meningkat dari Pertengahan Tahun 2020

Artira Dian

Alasannya di Luar Perhitungan Tangis Mempelai Wanita Pecah 90 Persen Tamu Undangan Tak Hadir

Artira Dian

897 Orang Terinfeksi Virus Corona di Luar China

Artira Dian

Dulu Miskin Kini Nikahi Suami Kaya & Tampan Potret Masa Lalu Putri Kecantikan yang Ternyata Pria

Artira Dian

Penggagas Dan Penggalang Dana Indonesia Di Jepang Antar Bantuan Menuju Brimob

Artira Dian

Pria asal Inggris Bisa Hubungi Penulisnya Berkat Saran dari Facebook Temukan Surat dalam Botol

Artira Dian

Mengapa Kamu Simpan Foto & Video Itu di Ponselmu Normawati Ibu Reynhard Sinaga Angkat Bicara

Artira Dian

Nenek 82 Tahun Hajar Penyusup hingga Babak Belur Pakai Meja hingga Sampo Anak sebagai Senjata

Artira Dian

Pacari 200 Pria & Punya Anak Padahal Sudah Menikah Curhatan 3 Wanita ‘Belum Pernah Jatuh Cinta’

Artira Dian

60.060 Terinfeksi UPDATE Pasien Virus Corona per Kamis 1.362 Meninggal Dunia 13 Februari Pagi

Artira Dian

Dampak Perubahan Iklim Mengancam Banyak Negara Kepulauan

Artira Dian

Leave a Comment