Internasional

Pakistan Kesulitan Evakuasi 1.000 Warganya dari Wuhan China Beda dengan Indonesia

Hanya dalam hitungan jam setelah diputuskan Presiden Jokowi, akhirnya ratusan WNI yang ada Wuhan dan sekitarnya bisa dievakuasi pulang ke Indonesia. Evakuasi diputuskan setelah kekhawatiran penularan virus Corona di China semakin mengkhawatirkan. Kondisi ini berbeda dengan yang dialami Pakistan.

Pemerintah di negara itu mengaku kesulitan mengevakuasi warganya keluar dari China. Lebih dari 1.000 mahasiswa asal Pakistan terjebak di Wuhan, Provinsi Hubei, China. Mereka dilaporkan mengalami kekhawatiran, depresi, perasaan yang diliputi ketakutan akan virus corona.

Kekhawatiran terus meningkat di kalangan mahasiswa tersebut. Beberapa dari mereka bahkan mengajukan kritik kepada respon pemerintah mereka terkait situasi di Wuhan. Dilansir Channel News Asia, Menteri kesehatan Pakistan Zafar Mirza menulis di akun twitter nya tentang usaha pemerintah dalam membahas situasi mahasiswa mereka di Wuhan di level tertinggi.

Zafar Mirza juga berjanji akan membuat keputusan terbaik terkait penyakit global Covid 19, nama resmi virus corona. Nyatanya, pemerintah Pakistan berjanji akan mengevakuasi mahasiswa di Wuhan pada Senin silam namun tampaknya janji itu tidak dapat ditepati. Hal ini dilaporkan dari sebuah video panggilan konferensi antara mahasiswa dan Kementerian Kesehatan Pakistan untuk luar negeri.

Juru bicara Mirza mengatakan melalui telepon, pemerintah Pakistan menaruh perhatian akan kesejahteraan mahasiswa Pakistan di Wuhan. Namun, aturan pemerintah China tidak mengizinkan siapa pun meninggalkan Hubei. Meski begitu, situasinya tetap dipantau. Sahil Hassan, mahasiswa doktoral asal Pakistan lainnya mengungkapkan kekecewaannya terhadap Pemerintah Pakistan.

"Setelah panggilan telepon itu kami tidak lagi berharap pemerintah kami akan mengevakuasi kami. Kami sangat kecewa kepada mereka," jelasnya. Beberapa negara tetangga Pakistan seperti Bangladesh dan India bahkan telah berhasil mengevakuasi warga mereka. Namun sayang, kebanyakan mahasiswa asal Pakistan beserta keluarga mereka masih terjebak di Wuhan sampai saat ini.

Dilansir dari akun twitter resmi Kedutaan China untuk Pakistan mengunggah pernyataan duta besarnya kepada warga Pakistan yang ada di Wuhan. Dalam keterangannya, kedutaan meminta agar warga tidak panik karena pemerintah dua negara tengah mencari solusi terbaik bagi mereka. Kementerian Keuangan menyatakan, penanganan wabah terhadap 238 WNI dari Wuhan di Natuna bisa mencapai Rp 1 triliun.

Karena itu, Menteri Keuangan sudah menyiapkan dana siaga jika dari masing masing pagu kementerian terkait tidak cukup. "(Pascapenangangan) bisa (Rp 1 triliun), tapi maksud saya ini kan baru sebulan (wabah ) ini," ujar Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan Askolani di kantornya, Jakarta, Senin (10/2/2020). Askolani menjelaskan, penanganan di Natuna sekarang masih terus jalan, tentunya sumber dana dari masing masing kementerian.

Anggaran tersebut, khusisnya gabungan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes), TNI, dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). "Tergantung siapa yang lakukan kegiatan, pasti Kemenkes. Kemudian ada TNI, ada BNPB kemarin dia bantu masker," katanya. Sementara, jika dana tersebut kurang maka Kementerian Keuangan akan melakukan antisipasi melalui persetujuan untuk memberikan dana tambahan.

"Nanti kalau pilihan terakhir bisa. Saat ini dari pagu masing masing, kurangnya itu nanti belakangan kan itu masih jauh," pungkas Askolani.

Berita Terkait

Presiden Amerika Serikat Sembunyi di Bunker Gedung Putih Washington Mencekam

Artira Dian

Yusuke Shinno dari Jepang Ciptakan Tanda Khusus Bagi Ibu Hamil Agar Mendapatkan Kursi di Kereta Api

Artira Dian

Ular Kobra Serang Nenek 75 Tahun yang sedang Tertidur

Artira Dian

Tayang di Big Movies GTV Pukul 23.30 WIB Aksi Will Smith & Tommy Lee Jones dalam Men in Black 3

Artira Dian

Rawan Penculikan! Mantan Pengawal Putri Diana Minta Ratu Bayar Biaya Keamanan buat Archie

Artira Dian

Jumlah Pegawai Negeri Indonesia Masuk Jepang Menduduki Peringkat 4 Terbanyak

Artira Dian

Gara Gara Ulah Seorang Penumpang, Bandara Munich Terpaksa Batalkan Ratusan Penerbangan

Artira Dian

Jaksa Mengaku Sampai Merinding Transkrip Chat WA Reynhard Sinaga pada Seorang Pria Gay Diungkap

Artira Dian

YouTuber Cilik Beli Gedung di Kawasan Elit Gangnam Korea Selatan Seharga Rp 112 Miliar

Artira Dian

Iran Tangkap Perekam Detik-detik Meledaknya Pesawat Ukraina

Artira Dian

Tinggalkan Duka pada Para Penggemar Kenang 39 Tahun Kepergian John Lennon Pendiri The Beatles

Artira Dian

Kaisar Naruhito & Keluarga Kekaisaran Bertemu Rakyat Jepang Ucapkan Selamat Tahun Baru 2020

Artira Dian

Leave a Comment