Sains

Pembuktian Ilmiah Makhluk Astral seperti Jin Aladdin Berwarna Biru

Dalam dunia fantasi di film Aladdin, terdapat banyak hal magis yang mungkin hampir mustahil dan sulit dijelaskan oleh logika, seperti mengapa karpet ajaib bisa terbang atau mengapa putri Jasmine bisa memiliki harimau sebagai peliharaan. Namun, ternyata ada satu hal yang tidak sepenuhnya irasional dan dapat dijelaskan secara ilmiah, yakni alasan mengapa karakter Genie, sang jin dari lampu ajaib dalam film tersebut, berwarna biru. Tapi, sebelumnya kita perlu memahami mengapa warna bisa tampak berbeda saat kita lihat.

“Warna biru yang kita lihat sebenarnya hanyalah trik cahaya saja”, ujar Richard Prum, seorang ornitholog (ahli burung) dari Yale University, dilansir dari Science News for Students. “Bagi saya, Genie tampak berwarna biru karena jin tersebut tidak terdiri dari material padat, atau seperti gas. Alasan yang sama juga menjelaskan mengapa langit nampak berwarna biru,” jelasnya. Langit nampak berwarna biru akibat hamburan cahaya oleh partikel di atmosfer. Cahaya bergerak dalam bentuk gelombang, dan kita mempersepsikan gelombang tersebut sebagai warna yang berbeda.

Sebagai contoh, warna merah memiliki gelombang yang panjang, di mana tiap bukit gelombang meregang. Sebaliknya, warna biru memiliki gelombang yang pendek dan tiap bukit gelombang berdekatan satu sama lain. Cahaya Matahari terdiri dari berbagai panjang gelombang, yang jika digabungkan maka akan tampak sebagai warna putih. Saat cahaya tersebut memasuki atmosfer Bumi, gelombang cahaya menabrak molekul yang ada di udara, sehingga gelombang akan terurai dan terhambur ke berbagai arah.

Warna biru yang memiliki gelombang pendek akan menabrak lebih sering dan terhambur lebih banyak, sedangkan warna merah yang memiliki gelombang panjang lebih jarang terhambur. Inilah alasan mengapa langit berwarna biru. Prum menjelaskan , jika Genie tersusun atas gas dan berukuran besar, maka molekul pada gas tersebut akan menghamburkan gelombang pendek dan menghasilkan warna biru yang dapat kita lihat. Fenomena yang sama juga dijumpai pada warna bulu burung dan sayap kupu kupu yang berwarna biru. Warna biru yang kita lihat pada keduanya bukanlah hasil dari pigmen warna, melainkan efek dari hamburan cahaya akibat interaksi cahaya Matahari dengan struktur khusus bulu dan sayap tersebut.

Berita Terkait

Black Hole Pertama Kali dalam Sejarah Tertangkap Kamera, Apa Dampak Penelitian untuk Indonesia?

Artira Dian

Agustus 2019 Puncak Kemarau, Antisipasi Kekeringan dengan Beberapa Hal Ini, Jaga Sumber Mata Air

Artira Dian

Penelitian Sebut Hoaks Rentan Disebarkan oleh Orang Berpendidikan dan Berpenghasilan Rendah

Artira Dian

Jenis Tawon Mematikan hingga Pemakan Bangkai 6 Fakta Tawon Vespa Affinis

Artira Dian

Yuk Datang! Indonesia Science Day 2019 Akan Digelar di TMII 25–28 April 2019

Artira Dian

Ada Fakta Mengerikan di Balik Lubang Hitam yang Fotonya Berhasil Diambil untuk Pertama Kalinya

Artira Dian

Aurora yang Indah Muncul di Langit Menyerupai Bentuk Huruf ‘J’ Namun Bisa Juga Huruf ‘P’

Artira Dian

Ada yang Punya 8 Jari di Satu Tangan 10 Orang yang Terlahir dengan Bagian Tubuh Unik & Langka

Artira Dian

LAPAN Beberkan Fakta Sesungguhnya di Balik Fenomena Langit Malam Berbentuk Mata yang Sempat Viral

Artira Dian

BMKG Sebut Hoax Beredar Pesan Soal Suhu Udara Capai 40 Derajat

Artira Dian

Peringatan Dini BMKG Gelombang Tinggi Di Perairan Indonesia 17 20 Juni 2019

Artira Dian

Suku Minangkabau

Artira Dian

Leave a Comment