Metropolitan

Perut Hingga Hati Dipisah Bagian Dada 16 Jam Operasi Pemisahan Ardi & Ardan

Bayi kembar siam Ardi dan Ardan yang mengalami dempet perut dan sebagian dada dengan kelainan hati yang menyatu dibagian tengahnya akan menjalankan operasi pemisahan. Operasi diperkirakan akan berlangsung selama 16 jam di RS Anak Bunda Harapan Kita pada 16 November 2019 mendatang yang akan melibatkan sekitar 30 dokter dengan spesialisasi yang berbeda. Dokter Penangung Jawab Ardi Ardan dari RSAB Harapan Kita, dr. Alexandra, Sp. BA menjelaskan operasi akan berjalan panjang karena setiap tahapan akan memakan waktu yang lama.

Pertama akan dimulai dengan tahapan persiapan operasi yakni bius yang akan memakan waktu lebih lama karena kondisi bayi. “Kita akan pasang selang infusnya di beberapa tempat. Kalau membius anak yang telentang kan mudah, kalau ini kan harus miring itu kan tantangan sendiri itu kita siapkan waktu seperempat jam,” papar dr. Alex saat ditemui di RSAB Harapan Kita, di Jakarta Barat, Senin (4/10/2019). Kemudian dokter spesialis anak akak memulai dengan operasi pemisahan bagian bagian yang menempel, kemudian akan dilanjutkan dengan operasi di bagian dada karena ada tulang bawah yang menempel dan setelah pemisahan itu hati.

“Hatinya satu satu tapi ada pembuluh darah yang menyilang di dalam hati yang akan kita putuskan,” papar dokter Alex. “Kita potong hati di bagian ditengahnya jadi tidak yang ukuran bayinya lebih besar dapat hati lebih besar,” pungkas dr. Alex. Kemudian setelah berhasil dipisahkan masuk ke tahapan selanjutnya yakni menutup bagian perut yang bolong dengan mendekatkan perut kanan dan kiri dengan alat tertentu,

“Setelah itu akan dibuatkan kulit menutup perut, kalau tidak kita akan gunakan cukup donor kulit dari dia sendiri,” ucap dr. Alex. Resiko dari operasi pemisahan ini pun sudah diperkirakan dan dokter berharap semua orhan tubuh berfungsi normal setelah adanya pemisahan. “Resiko tetap ada setiap tindaka, mungkin bayi kecil atau pendarahan kita lihat jantungnya dan parunya bisakah berfungsi normal. Resiko sudah disampaikan juga (kepada pihak keluarga),” kata dr. Alex.

Tim dokter pemisahan Ardi dan Ardan pun sebelumnya telah melalukan persiapan sejak tiga bulan lalu meliputi pemeriksaan pasien, pemeriksaan penunjang dan pertemuan tim operasi untuk diskusi dan pemindahan. Dan dengan keberhasilan sebelumnya pada tiga operasi pemisahan bayi kembar siam di RSAB Harapan Kita, dokter optimis bisa berhasil melakukan pemisahan putra dari pasangan Hesti dan Berry itu. “Bismillah pasti ada tantangan. Tiga kasus sebelumnya, yang dua diantaranya mirip dengan kejadian Ardi dan Ardan berjalan baik, semoga ini juga berjalan baik,” tutur dr. Alex.

Adapun 30 dokter spesialisasi yang akan terlibat diantaranya spesialis bedah anak, spesialis bedah thorax kardio vaskular, spesialis bedah plastik, spesialis anestesi, spesialis anak, spesialis radiologi, spesialis patologi klinik, dan spesialis rehabilitasi medik. RSAB Harapan Kita juga akan dibantu oleh beberapa tenaga medis spesialis dari rumah sakit luar seperti RS Jantung Harapan Kita, rS Dharmais, RS Gatot Subroto dan RS Cipto Mangunkusumo. Sementara untuk pembiayaan operasi pemisahan yang diperkirakan mulai dari Rp 800 hingga Rp 1 miliar itu orangtua Ardi Ardan mendapatkan bantuan biaya dari Kitabisa.com.

Berita Terkait

”Itu Hak Mereka” Anies Tak hendak Ambil Pusing Wajahnya Diubah Jadi Meme Joker

Artira Dian

Tarifnya Rp 5.000 Hari Ini LRT Jakarta dari Beroperasi Komersial Setelah Tiga Kali Uji Coba

Artira Dian

Pagi Ini Anies Pimpin Upacara HUT Kemerdekaan RI di Pulau Reklamasi

Artira Dian

Pesanan Dimasukkan Ember Dikerek Pakai Tali Inilah Warung Eretan di Belakang Hotel Mewah

Artira Dian

Petugas Damkar di Jakarta Respons Tiga Pengaduan Lepas Cincin di Jari Dalam Satu Hari

Artira Dian

Ini Penjelasan Pengelola Pemprov DKI Tebang 190 Pohon di Monas dengan Alasan Revitalisasi

Artira Dian

Warga Keluhkan Panas & Gersang Pohon-pohon Ditebang di Trotoar Cikini

Artira Dian

Tewasnya Rieke dengan Tubuh Bersimbah Darah Bikin Geger Rusun Tipar Cakung

Artira Dian

1 Tewas Lainnya Luka-luka Toyota Land Cruiser Tabrak Pedagang di Kota Tua

Artira Dian

Kami Minta Pemimpin Tak Amanah Mundur Dewi Tanjung

Artira Dian

Polda Metro Jaya Janji Turun Tangan Viral Ormas Minta Jatah Parkir di Kota Bekasi

Artira Dian

Mengedukasi Warga Jaga Lingkungan Bersih dan Pembagian Paket Sembako kepada Warga Pesisir Kalibaru

Artira Dian

Leave a Comment