Metropolitan

Saham Makin Turun Curhat Gaji Sedikit Erick Thohir Ngaku Lebih Miskin Sejak Jadi Menteri BUMN

Mengemban amanah sebagai menteri, Erick Thohir mengaku dirinya lebih miskin. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, kini tengah menjadi sorotan. Hampir dua bulan menjabat, Erick Thohir sudah membuat beberapa gebrakan.

Dua diantaranya yakni menunjuk Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok untuk menjadi Komisaris Utama PT Pertamina. Sedangkan yang kedua yakni yang sedang ramai diperbincangkan. Erick Thohir dengan tegas mencopot Direktur Utama PT Garuda Indonesia, Ari Askhara.

Ari Askhara diberhentikan setelah terlibat penyelundupan onderdil Harley Davidson. Ketegasan Erick Thohir ini membuat publik kagum dengan sosoknya. Namun di balik jabatan dan tugas yang diembannya, ada perubahan yang terjadi pada finansial Erick Thohir.

Menteri BUMN ini mengaku dirinya lebih miskin sejak mengemban jabatan baru. Tak hanya itu, gebrakannya memecat Dirut PT Garuda Indonesia juga sedang ramai diperbincangkan. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN ) Erick Thohir kemudian melakukan penindakan tegas mengenai pelanggaran tersebut.

Erick Thohir akhirnya memutuskan untuk memberhentikan direktur utama Garuda Indonesia yaitu Ari Askhara. Direktur Utama PT Garuda Indonesia Ari Askhara terlibat penyelundupan Harley Davidson dan beberapa barang mewah tersebut. Kini Erick sedang menunggu Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa untuk bisa melakukan pemberhentian tersebut.

"Saya akan memberhentikan saudara Direktur Utama Garuda dan tentu proses ini ada prosedurnya," ujarnya di Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis (5/11/2019). Tidak sampai di situ, Erick mengungkapkan, pihaknya akan melihat lagi lebih dalam siapa saja oknum lain yang tersangkut dalam penyelundupan. "Kita proses secara tuntas apalagi ada kerugian negara, tidak hanya perdata juga pidana," katanya.

Erick Thohir pun berterimakasih ke Direktorat Jenderal Bea Cukai dan Menteri Keuangan Sri Mulyani yang sudah menindaklanjuti kasus ini. "Saya ingin apresiasi ke Direktur Jenderal Bea Cukai dan timnya dan Ibu Menteri Keuangan yang langsung menindaklanjuti," pungkasnya. Erick Thohir melakukan penindakan tegas terhadap kasus ini dikarenakan adanya kerugian negara yang cukup besar.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebutkan adanya kerugian negara mencapai Rp 1,5 miliar. "Dengan demikian total kerugian negara, potensi atau yang terjadi kalau mereka tidak melakukan deklarasi ini adalah antara Rp532 juta hingga Rp 1,5 miliar," sebut Sri Mulyani di Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat, Kamis (5/12/2019). Erick Thohir memang sedang panas panasnya dalam mengurus BUMN semenjak dirinya diangkat menjadi menteri.

Ketegasannya dalam mengambil keputusan membuatnya kian disegani. Sebelum menjadi menteri, Erick merupakan seorang pengusaha yang cukup berpengaruh di Indonesia. Dikutip Gridhot dari Grid.ID, Erick bahkan menjadi salah satu pegusaha terkaya di Tanah Air.

Rekam jejaknya yang luar biasa justru membuatnya menjadi Menteri BUMN dan dipilih langsung oleh Presiden Jokowi. Tapi ternyata, Erick mengaku kalau dirinya justru menjadi lebih 'miskin' semenjak menjabat menjadi menteri. Ternyata usut puya usut, gaji yang dia dapatkan selama menjadi menteri tidak sebanyak ketika dirinya memimpin perusahaan lain.

Hal ini terungkap dalam acara Mata Najwa pada Rabu (4/12/2019). Erick mengaku dirinya hanya mendapatkan gaji sebanyak Rp 19 juta perbulan. "Kayaknya tambah miskin, gajinya aja jauh lebih kecil dari pendapatan sebelumnya," ungkap Erick Thohir.

Tak hanya gaji, bahkan semenjak ditunjuk jadi menteri saham saham miliknya malah mengalami penurunan. Namun Erick berpikiran kalau saat itu mungkin pasar sedang pesimis dengan penunjukan dirinya. "Mungkin market melihat pesimis, karena sesuatu yang tidak mudah dan saya tidak bisa, misalnya saya mengatakan lebih baik daripada menteri menteri yang sebelumnya," ungkapnya.

Meski begitu dirinya beranggapan kalau pekerjaan sebagaimenterimenjadi tanggung jawab yang lebih tinggi. Sebab ia menyadari setelah menerima amanah menjadiMenteri, ia sadar harus merelakan apa pun yang terjadi pada dirinya secara pribadi. "Kalo market pesimis itu haknya, market dan saya harus menerima itu yang penting kita nawaitu, kita sama sama harus bekerja dengan sebaik baiknya," tandasnya.

Berita Terkait

Aktor Hollywood Leonardo DiCaprio Soroti Sampah Bantar Gebang, Ini Reaksi Gubernur Anies.

Artira Dian

Viral Anak Berjualan Donat hingga Malam Bersama Adiknya di Trotoar Sampai Tertidur

Artira Dian

Bungkam, Abah Grandong Pemakan Kucing Akhirnya Menyerahkan Diri ke Polisi

Artira Dian

Ini Kata BMKG Kedubes AS Rilis Peringatan Cuaca Jakarta buat 12 Januari

Artira Dian

Perampok Satroni Gerai Alfamart di Tambora, Karyawan Toko Ditodong Senjata Tajam

Artira Dian

Polisi Alihkan Lalu Lintas Korban Ambruknya Ruko di Slipi Dilarikan menuju RS Tarakan

Artira Dian

Gubernur Anies Bahas Opsi Karantina Wilayah Bersama Kapolda & Pangdam

Artira Dian

Bus TransJakarta dari Halte Summarecon Bekasi ke Tosari dan Tanjung Priok Gratis Setiap Senin

Artira Dian

Uji Publik Gratis Kembali Digelar Berikut 4 Fakta LRT Jakarta Termasuk Cara Mendaftarnya

Artira Dian

Ini Dalih yang Paling Banyak Dipakai oleh Pelanggar Ganjil Genap

Artira Dian

Penjelasan Polisi Mengenai Sejumlah Hewan yang Mati Mendadak di Bekasi

Artira Dian

Polisi Dalami Adakah Pengaruh Alkohol Pengemudi Toyota Land Cruiser Tabrak Pedagang

Artira Dian

Leave a Comment