Travel

Seberapa Luas Indonesia? Simak 10 Fakta Luas Wilayah Indonesia yang Wajib Kamu Ketahui

Tahukah kamu seberapa luasnya wilayah di Indonesia? Simak 10 fakta tentang luasnya Indonesia, berikut ini. Indonesia dikenal oleh dunia karena luas wilayahnya, hamparan pulau pulau yang berpenghuni ataupun tidak berpenghuni yang sangat banyak membuat negara kita dijuluki negara kepulauan. Perbandingan luas wilayah Indonesia dengan luas wilayah negara lain juga sangat berbeda, bahkan bisa dibilang memiliki perbandingan yang cukup besar.

Ingin tahu seperti apa perbandingan serta fakta seberapa besar dan luasnya Indonesia? Simak ulasannya berikut ini. Dilansir dari akun Instagram @gnfi, Minggu (21/4/2019), simak perbandingan luas wilayah Indonesia dengan negara negara lain. Indonesia merupakan negara yang terbagi dalam beragam pulau yang mempunyai luas 1.919.000 kilometer persegi.

Sementara, Eropa Barat merupakan wilayah yang terbagi dalam 11 negara dengan luas hanya mencapai 1.500.000 kilometer persegi saja. Tidak hanya membandingkan antara luas wilayah di Indonesia secara keseluruhan, GNFI juga membandingkan antara Pulau Kalimantan dengan luas wilayah negara lain. Kalimantan mempunyai luas 580.000 kilometer persegi.

Pulau Kalimantan dengan banyak hutan lebat memiliki luas wilayah yang melebihi luas dari negara Thailand. Bahkan, Kalimantan juga lebnih luas dari Spanyol serta 2 kali lebih luas dari Inggris Raya. Pulau Sumatera memiliki uas wilayah sekitar 473.481 kilometer persegi.

Luas wilayah Sumatera tersebut ternyata lebih luas daripada negara Jepang secara keseluruhan. Bahkan, enam kali lebih luas daripada Irlandia dan 14 kali lebih luas daripada Taiwan. Pulau Bali menjadi destinasi yang sudah terkenal di dunia dengan banyaknya pilihan destinasi wisata di sana.

Bali yang mempunyai luas 5.700 kilometer persegi. Dengan kata lain luas wilayah Bali sama halnya dengan lima kali dari luas wilayah Hongkong. Selain itu, Provinsi Jawa Timur memiliki wilayah yang lebih luas daripada luas wilayah negara Belanda.

Tidak hanya itu, Provinsi Jawa Timur juga memiliki luas 48.000 kilometer persegi bahkan 2 kali dari luas negara Kuwait. Berpindah ke provinsi paling ujung timur di negara Indonesia, Papua mempunyai luas wilayah 319.036 kilometer persegi. Luas papua ini setara dengan dua kali luas wilayah negara Yunani dan lebih luas dari negara Italia.

Menariknya lagi, provinsi Papua ini memiliki wilayah dengan perbandingan 30 kali lebih luas dari negara Jamaika. Di wilayah Papua terdapat kabupaten Merauke yang menjadi ibu kota provinsinya. Di kabupaten ini memiliki luas wilayah yang mencapai 45.071 kilometer persegi.

Luas wilayah Merauke ini berarti sembilan kali lebih luas dari Brunei. Bahkan Kabupaten Merauke memiliki wilayah yang lebih luas daripada Denmark. Beranjak ke Kota Palangkaraya, Provinsi Kalimatan, kota ini memiliki luas wilayah 2.400 kilometer persegi.

Dengan kata lain, kota ini memiliki luas wilayah yang lebih luas dari negara Luxemburg. Serta, Kota Palangkaraya memiliki luas wilayah tiga kali dari luas wilayah negara Singapura. Taman Nasional Lorentz di Papua memiliki wilayah yang luas dengan kekayaan sumber daya alamnya yang melimpah.

Taman nasional ini kaya akan sumber daya alam, flore, serta fauna yang beraneka ragam. Luas taman nasional ini adalah 9.600 kilometer persegi. Luas wilayah ini sama dengan luas dari negara Siprus serta 12.5 kali lebih luas dari negara Bahrain.

Fakta yang paling mengejutkan di antara yang lainnya menyatakan bahwa luas Danau Toba sama dengan 570 kali luas wilayah Monako. Danau paling besar di negara ini mempunyai luas 1.145 kilometer persegi. Begitu besar dan luasnya wilayah di Indonesia ini, sebagai warganya harus selalu bangga dan mencintai negara Indonesia.

Berita Terkait

Rekomendasi 5 Tempat Belanja Barang Murah di China

Artira Dian

Rute Jakarta-Paris dari Rp 5 Jutaan Deretan Tiket Murah menuju Eropa

Artira Dian

Negara Pecinta Makanan Berlemak hingga Balet jadi Olahraga Populer 6 Fakta Unik Kuba

Artira Dian

6 Kuliner Legendaris khas Lombok yang Cocok jadi Menu Makan Siang

Artira Dian

Pramugari Ternyata Juga Sering Kentut & Alami Perut Kembung Saat Bertugas

Artira Dian

Ramadan Hingga Idul Fitri 2019, Airy Catat Kenaikan Pemesanan Penginapan Hingga 10 Kali Lipat

Artira Dian

Ada yang Bawa Ratusan Elang buat Migrasi 10 Kejadian Unik di Bandara

Artira Dian

5 Kuliner Khas Nusantara yang Pasti Sudah Pernah Dicicipi Orang Indonesia

Artira Dian

5 Cara Menawar Barang di Malioboro Yogyakarta

Artira Dian

Manfaat Kesehatan Berjalan Tanpa Alas Kaki, Termasuk Memperlambat Penuaan Kulit

Artira Dian

8 Tempat Wisata di Indonesia Ini Mirip dengan Destinasi di Luar Negeri

Artira Dian

Indomie Ayam Geprek Serbu Jogja, Bikin Food Vlogger Ini Goyang Lidah

Artira Dian

Leave a Comment