Internasional

Shodoka Terbaik Jepang Akan Perkenalkan Kaligrafi dari Negeri Sakura ke Indonesia

Masih banyak masyarakat Indonesia belum tahu salah satu budaya terpopuler Jepang yaitu Shodo atau Kaligrafi Jepang. Penampilan shodo ka terbaik Jepang Suika Terayama nantinya akan menjelaskan betapa pentingnya sebenarnya Shodo dalam kehidupan bermasyarakat di Jepang serta trend penggunaan shodo saat ini di berbagai bisnis atau usaha masyarakat Jepang. Kaligrafi Jepang berasal lebih dari 4.000 tahun yang lalu.

Pada abad ke 29 SM di China, mulai muncul orang menulis piktograf keagamaan di atas tulang. Tulisan tulisan itu akhirnya berkembang menjadi alat yang dipakai untuk kepentingan negara. Perdana Menteri Dinasti Qin, Li Si, memutuskan pentingnya memiliki tulisan yang seragam.

Gaya tulisan yang ia kukuhkan melibatkan huruf huruf yang semuanya bisa ditulis dengan menggunakan maksimal delapan goresan masing masing, dan dapat masuk ke dalam kotak ukuran yang telah ditunjuk. Li Si juga memutuskan semua garis atau goresan horisontal akan menjadi yang pertama ditulis, dan huruf hurufnya digambar dari bawah ke atas dan dari kiri ke kanan. Simbol simbol ini sangat kaku, karena alat alat yang digunakan untuk membuatnya.

Penemuan kuas tinta basah memungkinkan orang orang untuk menulis huruf lebih baik dan untuk membuat variasi ketebalan garis. Berkat kemajuan teknologi ini, gaya tulisan sekarang bisa disampaikan dengan bagaimana huruf itu ditulis. Kaligrafi Jepang telah berkembang dan kini diajarkan sebagai subjek yang diperlukan di sekolah dasar di Jepang.

Layaknya belajar menulis di Indonesia. Di SMA Jepang, kaligrafi adalah kelas seni yang mirip dengan melukis atau bermusik. Banyak universitas di Jepang, termasuk Universitas Tokyo, Universitas Pendidikan Fukuoka, dan Universitas Tsukuba, memiliki jurusan yang didedikasikan untuk mempelajari kaligrafi dan melatih mahasiswanya untuk mengajarkan bentuk seninya.

Manfaat Kaligrafi Jepang seperti membuat penulisan semakin indah, menjadikan sebuah karya seni yang tinggi dan kini jadi seni yang sangat populer di Jepang. Banyak toko, terutama restoran menggunakan seni kaligrafi Jepang ini (Shodo). Untuk melihat karya sensei Terayama bisa mengakses situsnya www.shododirect.com yang juga menampilkan riwayat hidup sang maestro kaligrafi Jepang tersebut.

Bagi yang ingin hadir mengikuti acara sensei Terayama tersebut, isi formulir tersebut atau kirimkan email ke: [email protected] dengan subject: Pameran Terayama. Akan dikirimkan informasi mengenai kehadiran sensei tersebut ke Indonesia nantinya.

Berita Terkait

Joban Group, Komunitas Warga Negara Indonesia di Jepang Gelar Pertemuan Pertama

Artira Dian

Viral Video Bayi Baru Lahir Langsung Berusaha Jalan, Dokterpun Kaget, Ini Penjelasan Medisnya

Artira Dian

Miliarder Chris Cline dan Putrinya Tewas dalam Kecelakaan Helikopter

Artira Dian

YouTuber Cilik Beli Gedung di Kawasan Elit Gangnam Korea Selatan Seharga Rp 112 Miliar

Artira Dian

Kebakaran Hebat Landa Hutan Hujan Amazon, Peta Ini Tunjukkan Parahnya Sebaran Titik Api

Artira Dian

Melahirkan di Usia 37 Tahun, Meghan Markle Dinobatkan sebagai ‘Geriatric Mom’, Apa Itu?

Artira Dian

Jumlah Pegawai Negeri Indonesia Masuk Jepang Menduduki Peringkat 4 Terbanyak

Artira Dian

UEE Resmi Bergabung dengan Agensi Baru, King Entertainment

Artira Dian

6 Pemimpin dan Perwakilan Negara Sahabat Ucapkan Selamat Atas Kemenangan Joko Widodo

Artira Dian

Bersitegang dengan Amerika, Iran Klaim Hukum Mati Sejumlah Mata-mata CIA

Artira Dian

Viral Kisah Ibu Muda Usia 25 Tahun, Melahirkan 5 Anak dalam 5 Tahun Berturut-turut

Artira Dian

Film Hollywood Joker Siap Hadir dan Ungkap Kehidupan Kelam Sang Musuh Batman di Masa Lalu

Artira Dian

Leave a Comment