Internasional

Shodoka Terbaik Jepang Akan Perkenalkan Kaligrafi dari Negeri Sakura ke Indonesia

Masih banyak masyarakat Indonesia belum tahu salah satu budaya terpopuler Jepang yaitu Shodo atau Kaligrafi Jepang. Penampilan shodo ka terbaik Jepang Suika Terayama nantinya akan menjelaskan betapa pentingnya sebenarnya Shodo dalam kehidupan bermasyarakat di Jepang serta trend penggunaan shodo saat ini di berbagai bisnis atau usaha masyarakat Jepang. Kaligrafi Jepang berasal lebih dari 4.000 tahun yang lalu.

Pada abad ke 29 SM di China, mulai muncul orang menulis piktograf keagamaan di atas tulang. Tulisan tulisan itu akhirnya berkembang menjadi alat yang dipakai untuk kepentingan negara. Perdana Menteri Dinasti Qin, Li Si, memutuskan pentingnya memiliki tulisan yang seragam.

Gaya tulisan yang ia kukuhkan melibatkan huruf huruf yang semuanya bisa ditulis dengan menggunakan maksimal delapan goresan masing masing, dan dapat masuk ke dalam kotak ukuran yang telah ditunjuk. Li Si juga memutuskan semua garis atau goresan horisontal akan menjadi yang pertama ditulis, dan huruf hurufnya digambar dari bawah ke atas dan dari kiri ke kanan. Simbol simbol ini sangat kaku, karena alat alat yang digunakan untuk membuatnya.

Penemuan kuas tinta basah memungkinkan orang orang untuk menulis huruf lebih baik dan untuk membuat variasi ketebalan garis. Berkat kemajuan teknologi ini, gaya tulisan sekarang bisa disampaikan dengan bagaimana huruf itu ditulis. Kaligrafi Jepang telah berkembang dan kini diajarkan sebagai subjek yang diperlukan di sekolah dasar di Jepang.

Layaknya belajar menulis di Indonesia. Di SMA Jepang, kaligrafi adalah kelas seni yang mirip dengan melukis atau bermusik. Banyak universitas di Jepang, termasuk Universitas Tokyo, Universitas Pendidikan Fukuoka, dan Universitas Tsukuba, memiliki jurusan yang didedikasikan untuk mempelajari kaligrafi dan melatih mahasiswanya untuk mengajarkan bentuk seninya.

Manfaat Kaligrafi Jepang seperti membuat penulisan semakin indah, menjadikan sebuah karya seni yang tinggi dan kini jadi seni yang sangat populer di Jepang. Banyak toko, terutama restoran menggunakan seni kaligrafi Jepang ini (Shodo). Untuk melihat karya sensei Terayama bisa mengakses situsnya www.shododirect.com yang juga menampilkan riwayat hidup sang maestro kaligrafi Jepang tersebut.

Bagi yang ingin hadir mengikuti acara sensei Terayama tersebut, isi formulir tersebut atau kirimkan email ke: [email protected] dengan subject: Pameran Terayama. Akan dikirimkan informasi mengenai kehadiran sensei tersebut ke Indonesia nantinya.

Berita Terkait

Korban Bom Atom di Kepulauan Marshall Jepang Minta Paus Fransiskus Imbau Dunia Bebas Nuklir

Artira Dian

Tayang di Big Movies GTV Pukul 23.30 WIB Aksi Will Smith & Tommy Lee Jones dalam Men in Black 3

Artira Dian

UEE Resmi Bergabung dengan Agensi Baru, King Entertainment

Artira Dian

Gadis Ini Memeluk Anjingnya Semalaman Sambil Menangis Viral Demi Beri Kenyamanan di Detik Terakhir

Artira Dian

Menilik Proses Penentuan Perdana Menteri Inggris dan Kandidat Terkuat Pasca Theresa May Mundur

Artira Dian

Belum Sempat Bulan Madu Pengantin Wanita Meninggal Setelah Beberapa Jam Menikah Kisah Pilu

Artira Dian

Waktu Pemulihan Lebih Cepat Akhirnya Ditemukan! Obat Antimalaria Dinilai Efektif Atasi Virus Corona

Artira Dian

Menteri Kehakiman Jepang akan Buat UU Anti Berkendaraan Zig-zag

Artira Dian

Termasuk Istana Megah 5 Situs Warisan Peradaban Persia Bisa Lenyap Dampak Perang Amerika vs Iran

Artira Dian

Kini Dianggap Pahlawan Dokter yang Pertama Kali Ungkap Virus Corona Pernah Dituduh Sebar Hoaks

Artira Dian

Niatnya Cari Simpati Kini Dikecam Video Perawat Hamil Tua Nekat Tangani Pasien Corona Viral

Artira Dian

Hubungan Kerja Sama Indonesia-Ukraina Diharapkan Terus Meningkat Agung Laksono

Artira Dian

Leave a Comment