Kesehatan

Termasuk Ibu Hamil 6 Hal Jadi Faktor penting Seseorang Jadi Incaran Cara Nyamuk Temukan ‘Korbannya’

Tips dan Trik Ini 6 faktor utama nyamuk sering menggigit dan menghisap darah manusia. Tahu golongan darah dan sering mencari perempuan hamil. Di musim musim tertentu, populasinyamukseringkali bertambah dan menjadi lebih banyak. Keresahan tentang gigitan dan bahaya nyamuk sendiri memang tidak main main.

Penyakit yang bisa timbul dari hewan ini juga sangat diwaspadai, apalagi orang yang hidup di area kotor dan basah. Meski begituternyata ada laporan mengatakan bahwa beberapa orang tampak jarang digigit oleh nyamuk. Sementara, orang orang lainnya harus bekerja lebih keras agar kulit mereka tidak jadi sasaran nyamuk.

MelansirLive Sciencepada Senin (24/6/2019), zat kimia yang ada di udara ternyata dimanfaatkan oleh nyamuk. Nyamuk memanfaatkan zat jejak kimia tersebut untuk menemukan korbannya. Dengan perilaku dan indranya, nyamuk mengikuti jejak kimiawi yang ditinggalkan tubuh manusia.

Nyamuk mengandalkan karbon dioksidan untuk menemukan inangnya. Ketika manusia mengembuskan napas, karbon dioksida dari paru paru dilepaskan ke udara. Dari situlah, nyamuk mencari jejak dari zat tersebut.

Beberapa penelitian juga mengatakan bahwa secara genetik 85 persen dari manusia memang rentan terkena gigitan nyamuk. Dr Anjali Mahto, konsultan dermatologi yang berkedudukan di London mengatakan, untuk menghindari gigitan nyamuk seseorang perlu memperhatikan 6 hal berikut ini: Nyamuk sangat menyukai baju dengan warna gelap seperti biru navy, hitam ataupun hijau gelap.

Nyamuk menggunakan pandangan warna gelap dan aroma untuk mencari targetnya. Akan lebih baik jika menggunakan pakaian dengan warna terang. Para peneliti mengatakan, golongan darah tertentu lebih atraktif ketimbang golongan darah yang lain.

Bebebrapa jenis darah mensekresikan gula melalui kulit mereka sehingga nyamuk mampu merasakannya. Sebuah penelitian pada tahun 1972 menunjukkan, nyamuk lebih memilih orang dengan golongan darah O. Nyamuk menghinggapi orang dengan golongan darah O dua kali lebih banyak ketimbang golongan darah A.

Sedangkan orang dengan golongan darah B berada di antara keduanya. Nyamuk pandai mendeteksi karbondioksida melalui reseptor dan dapat mendeteksinya di jarak 50 meter. Orang yang memproduksi gas karbondioksida lebih besar akan memiliki kemungkinan lebih tergigit nyamuk.

Biasanya orang dengan berat badan lebih memproduksi CO2 dalam jumlah lebih besar ketimbang orang bertubuh normal pada umumnya. Selain CO2, nyamuk juga menggunakan hasil metabolisme tubuh sebagai petunjuk untuk mendeteksi targetnya. Termasuk zat kimia atau senyawa yang dikeluarkan oleh keringat seperti asam laktat, asam urat, amonia, steroid, dan beberapa jenis kolesterol.

Olahraga berat juga dapat mengakibatkan penumpukan asam laktat yang dapat membuat seseorang lebih rentan terkena gigitan nyamuk. Sejumlah besar spesies bakteri secara alami menghuni kulit manusia. Para peneliti menunjukkan, subtipe bakteri tertentu hadir dalam jumlah besar dalam tubuh misal Staphylococcus epidermidis, membuat individu lebih menarik bagi nyamuk.

Sementara bakteri Pseudomonas aeruginosa, memiliki efek berlawanan. Bakteri ini dapat mengusir nyamuk dari tubuh kita. Wanita hamil lebih mudah terserang gigitan nyamuk ketimbang wanita yang tidak hamil.

Karena ibu hamil memproduksi lebih banyak karbondioksida dan memiliki temperatur tubuh yang lebih tinggi pula. Menurut Jonathan Day, pakar entomology dan nyamuk di University of Florida, Amerika Serikat, wanita hamil dapat menghembuskan karbondioksida 21 persen lebih banyak dari rata rata orang biasa dan 0,7 derajat celsius lebih hangat daripada manusia rata rata. Penelitian lain menunjukkan bahwa ibu hamil dua kali lebih sering digigit nyamuk daripada orang pada umumnya.

Berita Terkait

Biasa Diabaikan, Batang Pohon Pisang Miliki 5 Manfaat Kesehatan, Bisa Obati Diabetes

Artira Dian

Asal . . . Nasi Putih Tak Selalu Bikin Cepat Gendut

Artira Dian

Waspada Kolesterol Naik Akibat Hidangan Lebaran, ini 10 Makanan untuk Menurunkan Kolesterolmu

Artira Dian

Dirugikan, Persatuan Dokter Gigi Indonesia Ancam Keluar dari BPJS Kesehatan

Artira Dian

Manfaat Mandi Air Dingin untuk Kesehatan

Artira Dian

Inilah Teh Putih dari Indonesia, Teh Termahal di Dunia yang Kaya Manfaat Kesehatan

Artira Dian

Tak Hanya Jaga Kesehatan Fisik 4 Rahasia Jennifer Lopez Tetap Bugar & Sehat di umur Setengah Abad

Artira Dian

Studi Sebut Kentut Wanita Lebih Bau Ketimbang Pria, Ini Cara Mengurangi Aroma Busuknya

Artira Dian

Cek Diri Kalian! dari Pendendam hingga Tidak Mengenali Diri Sendiri 11 Tanda Orang Miliki EQ Lemah

Artira Dian

Indonesia Butuh 400 Rumah Sakit buat Tangani Penderita Stroke

Artira Dian

Siswa Peneliti Khasiat Tanaman Bajakah Khawatir Masyarakat Salah Konsumsi

Artira Dian

Kismis Si Kecil Manis Durian hingga Mangga 5 Buah Gagalkan Diet Lantaran Kalori Terlalu Tinggi

Artira Dian

Leave a Comment