Kesehatan

Termasuk Ibu Hamil 6 Hal Jadi Faktor penting Seseorang Jadi Incaran Cara Nyamuk Temukan ‘Korbannya’

Tips dan Trik Ini 6 faktor utama nyamuk sering menggigit dan menghisap darah manusia. Tahu golongan darah dan sering mencari perempuan hamil. Di musim musim tertentu, populasinyamukseringkali bertambah dan menjadi lebih banyak. Keresahan tentang gigitan dan bahaya nyamuk sendiri memang tidak main main.

Penyakit yang bisa timbul dari hewan ini juga sangat diwaspadai, apalagi orang yang hidup di area kotor dan basah. Meski begituternyata ada laporan mengatakan bahwa beberapa orang tampak jarang digigit oleh nyamuk. Sementara, orang orang lainnya harus bekerja lebih keras agar kulit mereka tidak jadi sasaran nyamuk.

MelansirLive Sciencepada Senin (24/6/2019), zat kimia yang ada di udara ternyata dimanfaatkan oleh nyamuk. Nyamuk memanfaatkan zat jejak kimia tersebut untuk menemukan korbannya. Dengan perilaku dan indranya, nyamuk mengikuti jejak kimiawi yang ditinggalkan tubuh manusia.

Nyamuk mengandalkan karbon dioksidan untuk menemukan inangnya. Ketika manusia mengembuskan napas, karbon dioksida dari paru paru dilepaskan ke udara. Dari situlah, nyamuk mencari jejak dari zat tersebut.

Beberapa penelitian juga mengatakan bahwa secara genetik 85 persen dari manusia memang rentan terkena gigitan nyamuk. Dr Anjali Mahto, konsultan dermatologi yang berkedudukan di London mengatakan, untuk menghindari gigitan nyamuk seseorang perlu memperhatikan 6 hal berikut ini: Nyamuk sangat menyukai baju dengan warna gelap seperti biru navy, hitam ataupun hijau gelap.

Nyamuk menggunakan pandangan warna gelap dan aroma untuk mencari targetnya. Akan lebih baik jika menggunakan pakaian dengan warna terang. Para peneliti mengatakan, golongan darah tertentu lebih atraktif ketimbang golongan darah yang lain.

Bebebrapa jenis darah mensekresikan gula melalui kulit mereka sehingga nyamuk mampu merasakannya. Sebuah penelitian pada tahun 1972 menunjukkan, nyamuk lebih memilih orang dengan golongan darah O. Nyamuk menghinggapi orang dengan golongan darah O dua kali lebih banyak ketimbang golongan darah A.

Sedangkan orang dengan golongan darah B berada di antara keduanya. Nyamuk pandai mendeteksi karbondioksida melalui reseptor dan dapat mendeteksinya di jarak 50 meter. Orang yang memproduksi gas karbondioksida lebih besar akan memiliki kemungkinan lebih tergigit nyamuk.

Biasanya orang dengan berat badan lebih memproduksi CO2 dalam jumlah lebih besar ketimbang orang bertubuh normal pada umumnya. Selain CO2, nyamuk juga menggunakan hasil metabolisme tubuh sebagai petunjuk untuk mendeteksi targetnya. Termasuk zat kimia atau senyawa yang dikeluarkan oleh keringat seperti asam laktat, asam urat, amonia, steroid, dan beberapa jenis kolesterol.

Olahraga berat juga dapat mengakibatkan penumpukan asam laktat yang dapat membuat seseorang lebih rentan terkena gigitan nyamuk. Sejumlah besar spesies bakteri secara alami menghuni kulit manusia. Para peneliti menunjukkan, subtipe bakteri tertentu hadir dalam jumlah besar dalam tubuh misal Staphylococcus epidermidis, membuat individu lebih menarik bagi nyamuk.

Sementara bakteri Pseudomonas aeruginosa, memiliki efek berlawanan. Bakteri ini dapat mengusir nyamuk dari tubuh kita. Wanita hamil lebih mudah terserang gigitan nyamuk ketimbang wanita yang tidak hamil.

Karena ibu hamil memproduksi lebih banyak karbondioksida dan memiliki temperatur tubuh yang lebih tinggi pula. Menurut Jonathan Day, pakar entomology dan nyamuk di University of Florida, Amerika Serikat, wanita hamil dapat menghembuskan karbondioksida 21 persen lebih banyak dari rata rata orang biasa dan 0,7 derajat celsius lebih hangat daripada manusia rata rata. Penelitian lain menunjukkan bahwa ibu hamil dua kali lebih sering digigit nyamuk daripada orang pada umumnya.

Berita Terkait

Cek Diri Kalian! dari Pendendam hingga Tidak Mengenali Diri Sendiri 11 Tanda Orang Miliki EQ Lemah

Artira Dian

Cara Pakai Masker yang betul buat Cegah Virus Corona

Artira Dian

Kafein Bisa Buat Usus Besar Alami Kontraksi 4 Alasan Perut Mulas Setelah Minum Kopi

Artira Dian

Termasuk dr Naek L Tobing 25 Dokter di Indonesia Meninggal karena Terpapar Covid-19

Artira Dian

30 Dokter Spesialis Gladi Bersih Jelang Operasi Pemisahan Bayi Kembar Siam di RSAB Harapan Kita

Artira Dian

Luka Bakar Tingkat Lanjut Berawal dari Luka Bakar Ringan yang Disepelekan

Artira Dian

Cecep Reza Perokok Berat Hingga Pasang Ring Bagaimana Rokok Bisa Merusak Jantung

Artira Dian

5 Bahan Makanan Ini Seharusnya Tidak Boleh Dicuci Sebelum Dimasak, Justru Bikin Rusak

Artira Dian

Yang Perlu Diketahui Ketika wajib Menyusui Dalam Kondisi Hamil

Artira Dian

Coba Minuman Ini Sebelum Tidur dari Nanti Malam Yuk Cara Usir Lemak Membandel di Perut

Artira Dian

Bisa Jadi Sudah Tertular Jika Keruh Seperti Air Teh Cek Urine Waspadai Hepatitis A

Artira Dian

Turunkan Risiko Kanker Serviks dengan Gaya Hidup Sehat

Artira Dian

Leave a Comment