Lifestyle

Tips Belanja Hemat di Promo 12.12 Akhir Tahun

Tips Belanja Hemat di Promo 12.12 Akhir tahun

Beberapa tahun belakangan akhir tahun selalu diramaikan dengan berbagai macam promo dari E-commerce. Tepatnya pada hari belanja online nasional (Harbolnas) tanggal 12 Desember atau Promo 12.12. Namun, ketika banjir promo kadang membuat kita lupa diri dan akhirnya menjadi boros. Oleh sebab itu, berikut tips belanja hemat saat promo akhir tahun.

Buat Daftar Belanja

Ketika belanja—terutama belanja online—dikon yang besar kadang membuat orang cenderung lebih mudah tergoda dan membeli barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan. Meskipun harga yang ditawarkan sangat miring, tetap saja hal ini akan membuat pengeluaran menjadi bengkak. Pasalnya, masih banyak keperluan lain yang harus dibeli.

Membuat daftar belanja akan membuat kita lebih fokus saat berbelanja karena sudah tahu apa yang hendak dibeli dan terhindar dari “lapar mata”, sehingga pengeluaran berlebih pun dapat ditekan. Selain itu, membuat daftar belanja juga dapat membuat waktu belanja menjadi lebih cepat.

Tentukan Bujet

Jika sudah membuat daftar belanja, hal selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah menghitung perkiraan harga dan tentukan bujet. Kemudian, sesuaikan dengan perkiraan harga lebih besar dari bujet, maka pertimbangkan kembali prioritas barang yang ada di daftar belanja. Hal tersebut memungkinkan Anda untuk menikmati promo 12.12 tanpa khawatir over budget.

Perhitungkan Diskon

Penjual memiliki segudang cara untuk manarik perhatian pelanggan, salah satunya dengan menggunakan berbagai jenis diskon. Anda pasti pernah melihat label diskon yang bertuliskan 40% + 20%. Nah, jika melihat diskon seperti ini Anda harus jeli, karena diskon 40% + 20% berbeda dengan diskon 60%.

Jika tertulis diskon 40% + 20%, maka perhitungannya menjadi 100.000 x 40% = 60.000. Kemudian, dikurangi diskon baju menjadi 100.000 – 40.000 = 60.000. Harga tersebut kemudian dikurangi diskon 20% menjadi, 60.000 x 20% = 12.000. Jadi, harga yang harus Anda bayarkan untuk barang tersebut adalah 60.000 – 12.000 = Rp48.000.

Sedangkan, jika diskon 70%, maka harga yang harus Anda bayar adalah 100.000 x (100.000 x 60%) = Rp40.000. Perbedaan ini tidak akan terlihat jika kita tidak menghitung secara teliti. Oleh sebab itu, jadilah pembeli yang cerdas dengan teliti memperhatikan promo. Hal ini juga berlaku untuk promo lain, seperti promo cashback dan beli satu gratis 1.

Bandingkan Harga

Satu toko dengan toko lain tentu memliki penawaran yang berbeda, meskipun masih dalam satu E-commerce. Jika ingin hemat dalam berbelanja, jangan malas untuk membandingkan harga, dengan begitu Anda akan akan mendapatkan harga terbaik dan membuat belanja Anda jadi lebih hemat.

Selain itu, cari tahu juga tentang harga asli barang yang hendak Anda beli. Mungkin Anda pernah melihat diskon yang begitu besar, bahkan mencapai 90%, namun harganya masih terasa mahal. Hal ini biasanya disebabkan karena penjual menaikan harga sekitar 60%. Maka dari itu penting untuk mengecek harga asli sebelum membeli barang.

Perhatikan Ongkos Kirim

Ketika berbelanja secara online tentu tidak bisa lepas dengan yang namanya ongkos kirim. Hal ini kadang luput dari perhitungan pembeli, utamanya ketika diskon. Diskon yang besar dengan ongkos kirim yang mahal jika dihitung, kadang sama atau bahkan lebih mahal dibading barang dengan harga normal dengan ongkos kirim yang murah.

Demikian beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar dapat menikmati promo 12.12 akhir tahun dengan hemat dan tanpa khawatir kantong bolong. Jadilah pembeli yang cerdas dengan selalu memperhatikan barang yang hendak Anda beli, serta aturan yang berlaku.

Berita Terkait

Tes Kepribadian : Kamu Tidak Mudah Pamer, Atau Tidak Gampang Terhasut? Cari Tahu di Sini

Artira Dian

Bisa Dijadikan Penasihat Baik 9 Sifat Pisces Cocok Dijadikan Sebagai Sahabat

Artira Dian

Ramalan Zodiak Besok, Selasa 3 September 2019: Cancer Pemimpin Masa Depan, Virgo Promosi Datang

Artira Dian

26 Triliun di Pekan Pertama Film Joker Raup Penjualan Tiket Rp 3

Artira Dian

5 Anak Tercantik dan Tertampan di Dunia, Membuat Mereka Tenar Sejak Kecil

Artira Dian

ZODIAK BESOK Ramalan Zodiak Besok Minggu 2 Juni 2019, Libra Stres dan Emosi, Virgo Boros

Artira Dian

Wajah Jennie BLACKPINK Paling Laris Dipilih Pasien Operasi Plastik

Artira Dian

6 Gerakan untuk Mengatasi Double Chin yang Kerap Buat Tak Percaya Diri

Artira Dian

Hotman Paris Rahasia Suksesnya Ternyata Kalimat Batak ‘Anakkon Hi Do Hamoraon Di Au’ Ini Maknanya

Artira Dian

Ramalan Zodiak Besok, Kamis 18 April 2019: Aries Dapat Kabar Baik, Keuangan Cancer Tak Begitu Baik

Artira Dian

Selain Berpuasa Tasua dan Asyura, Jangan Lewatkan Lebaran Anak Yatim di 10 Muharram, Ini Haditsnya

Artira Dian

Ramalan Zodiak Cinta Hari Ini Selasa 10 September 2019, Leo Emosional, Cancer Ada Keraguan

Artira Dian

Leave a Comment