Bisnis

Tol Pandaan Malang Gagal Diresmikan Jumat Ini

Jalan Tol Pandaan Malang yang sedianya diresmikan, Jumat (12/4/2019), batal dilaksanakan. Hal ini karena Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang semula dijadwalkan meresmikan, mendadak membatalkan kegiatan di Jawa Timur. Menurut Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, sedianya Seksi 1 3 dari Pandaan Singosari sepanjang 30,55 kilometer sudah siap untuk diresmikan. “Harusnya Pak Presiden kan ke Malang untuk (menghadiri final) Piala Presiden itu. Mungkin karena ada acara lain, jadi itu tidak jadi diresmikan,” kata Basuki di kantornya, Jumat (12/4/2019) siang.

Ia mengaku, belum dapat memastikan kapan peresmian jalan tol yang akan dikelola PT Jasamarga Pandaan Malang tersebut akan dilaksanakan. Namun, bila memang akan dibuka fungsional guna mendukung kelancaran arus kendaraan dan logistik masyarakat, hal tersebut tidak dipersoalkan. “Kalau mau dipakai menurut saya bisa dipakai saja. Sebenarnya tidak harus juga, peresmian itu kan hanya inagurasi,” ujarnya.

Adapun untuk tarif, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit menyatakan, hingga kini belum ditentukan. BPJT sejauh ini baru menerima permohonan izin operasi dari badan usaha jalan tol (BUJT). “Rata rata kan Rp 1.100 (per kilometer) kalau di Jawa timur kecuali Pasuruan Probolinggo,” kata dia. Tol Pandaan Malang memiliki panjang 38,488 kilometer dan terdiri dari lima seksi. Seksi 1 adalah Pandaan hingga Purwodadi sepanjang 15,475 kilometer.

Lalu, Seksi 2 Purwodadi Lawang sepanjang 8,05 kilometer; Seksi 3 Lawang Singosari sepanjang 7,10 kilometer; Seksi 4 Singosari Pakis sepanjang 4,75 kilometer; dan Seksi 5 Pakis Malang sepanjang 3,11 kilometer. Setelah beroperasi, kehadiran jalan tol ini diharapkan menjadi bagian vital arus mobilisasi orang dan barang, serta mempercepat waktu tempuh dari Surabaya ke Malang dan sebaliknya. "Selama ini, perjalanan dari Surabaya ke Malang di masa libur bisa mencapai empat hingga enam jam. Dengan melalui jalan tol ini, waktu tempuhnya bisa kurang dari satu jam," ucap Direktur Utama PT Jasamarga Pandaan Malang (JPM), Agus Purnomo.

Berita Terkait

Bank BRI Optimis Tumbuhkan Sektor Perbankan Virus Corona Pengaruhi Ekonomi Global

Artira Dian

Maskapai Milik Lion Air Group Akui Adanya Kebocoran Data Pribadi Penumpang

Artira Dian

Saat Pebisnis Bertemu Hacker Akan Dibahas di Konferensi PostgreSQL Asia di Bali

Artira Dian

tapi Tetap Update Info Gojek Tetap Beroperasi Meski Banjir

Artira Dian

4 Persen di Tengah Wabah Virus Corona Prediksi Ekonomi Indonesia Tumbuh 5 BI Optimis

Artira Dian

Ini Tips Atur Keuangan Keluarga Ala Do It

Artira Dian

Emiten Ini Siap Kerjasama Dengan Penambang Dukung Larangan Ekspor Nikel

Artira Dian

Menteri Agus Minta Masyarakat Belanja Sewajarnya Warga Panic Buying Karena Corona

Artira Dian

Pembangunan Infrastruktur Gas Bumi Masih Terkendala Tingkat Keekonomian Proyek

Artira Dian

Teten Masduki Apresiasi GrabKios dalam Membantu Warung Tradisional

Artira Dian

Ini Kata Angkasa Pura I Plafon Ambruk di Bandara Syamsudin Noor

Artira Dian

Bos Gojek Sebut Belum Pernah Ada Start up di Indonesia Lepas Saham menuju Publik Soal Peluang IPO

Artira Dian

Leave a Comment