Kesehatan

Waspada Pneumonia Wuhan dari Bandara Hingga menuju Berbagai Provinsi di Indonesia

Wabah penyakit pneumonia yang terjadi di Wuhan, China bisa dibilangsangatmeresahkan. Pertama, secara penyebab pneumonia ini berasal dari virus baru bernama coronavirus (2019 nCov) atau virus corona yaitu virus baru yang satu jenis dengan virus penyebab SARS dan MERS. Untuk jumlah kasus per 5 Januari 2020 dilaporkan totalnya sebanyak 59 kasus dan belum ada penambahan kasus namun sudah terjadi dua kasus impor, di Bangkok dan Tokyo.

Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Masyarakat Kementerian Kesehatan, Anung Sugihartono menyebutkan Indonesia juga turut mengantisipasi penularan penyakit yang menimbulkan gangguan pernapasan itu. Pertama Kemenkes telah menerbitkan Surat Edaran kepada seluruh Dinas Kesehatan Provinsi, Kabupaten maupun kota untuk meningkatkan kewaspadan. “Kita sudah kirimkan surat edaran kepada seluruh Dinas Kesehatan untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan menghadapi pneumonia wuhan,” kata Anung di Kementerian Kesehatan, Jakarta Selatan, Senin (20/1/2020).

Kemudian kewaspadaan juga dilakukan di 135 pintu masuk ke Indonesia baik udara, laut maupun pelabuhan. Misalnya di bandara yang punya penerbangan langsung dari Cina maka diaktifkan thermal scanner, health alert dan Komunikasi, Informasi, dan edukasi (KIE) pada penumpang. Adapun alat thermal scanner adalah alat untuk mendeteksi suhu tubuh seseroang.

Mesin akan memberikan petunjuk berupa gambar tubuh berwarna merah jika suhu tubuh seseorang mencapai 38 derajat celcius yang artinya kondisinya tidak fit. “Karena salah satu gejala (pneumonia) adalah panas, yang paling pertama adalah thermal scan. Kalau ada seseorang yang leaf dan suhunya di atas 38 derajat, akan ketahuan dan dilakukan pemeriksaan lanjutan, mulai dari isolasi, pengamatan, pemeriksaan lab,” kata Anung. Selain panas pneumonia biasanya memiliki gejala pada saluran pernapasan karena adanya sehingga menyebabkan gangguan pada sistem respirasi ringan seperti batuk kering hingga berat seperti sesak dan gangguan pernapasan.

Berita Terkait

Gampang Banget! buat Perokok Aktif atau Pasif 9 Cara buat Membersihkan Paru-paru Secara Alami

Artira Dian

Budaya Minum Teh di Mesir Dorong Peningkatan Ekspor Indonesia

Artira Dian

Lemak Menumpuk di Perut dan Pinggang? Ini 15 Cara Efektif Untuk Membakarnya!

Artira Dian

5 Bahan Makanan Ini Seharusnya Tidak Boleh Dicuci Sebelum Dimasak, Justru Bikin Rusak

Artira Dian

Usia Harapan Hidup Masyarakat Indonesia Meningkat, Rata Rata 71 Tahun

Artira Dian

Apa yang Belum Didalami dengan Baik Jangan Komentari kata Terawan Soal Rokok Elektrik

Artira Dian

Coba Celupkan Jari menuju Air 6 Uji Kesehatan Sederhana buat Cari Tahu Kondisi Tubuhmu

Artira Dian

Siapkan Jalur Balap Menantang PRURide Indonesia 2019

Artira Dian

Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami & Aman Tanpa Timbulkan Penyakit

Artira Dian

Masih Sering Jerawatan di Usia Kepala Tiga? Bisa Jadi karena Pola Makan

Artira Dian

Ini yang Terjadi Pada Otaknya Tidur 8 Bulan Tak Pernah Bangun Kisah Allanna Wong si Sleeping Beauty

Artira Dian

Halodoc Luncurkan Kampanye Tanya Dokter Asli buat Perangi Hoax Seputar Kesehatan

Artira Dian

Leave a Comment